Doa Menua Bahagia dan Tips Mencapai Kebahagiaan di Hari Tua

  • Whatsapp
Doa Menua Bahagia dan Tips Mencapai Kebahagiaan di Hari Tua


Siapa sih yang tidak ingin merasakan bahagia di hari tua? Semua orang pasti menginginkannya ya. Selain menabung untuk masa tua, mendidik anak agar mandiri dan tak lagi bergantung pada kita setelah dewasa, Anda juga disarankan membaca doa menua bahagia agar makin afdol. 

Bacaan Lainnya

Bacaan Doa Menua Bahagia yang Bisa Diamalkan 

Bahagia di masa tua bukan hal yang sulit untuk dicapai.

Bahagia dalam hidup sampai di hari tua adalah impian semua orang. Setelah bekerja keras di masa muda, tentu kita ingin hidup tenang dan bahagia di masa tua. Nah, doa menua berikut ini bisa Anda panjatkan untuk membantu mewujudkannya. 

Melansir dari laman Mubadalah.id, seorang ulama asal Cirebon KH. Husein Muhammad membagikan bacaan doa menua bahagia bagi mereka yang ingin merasakan kebahagiaan di masa tua. 

doa menua bahagia

Doa menua bahagia yang bisa dipanjatkan.

Berikut adalah lafadz Doa Menua Bahagia Beserta artinya:

اللهم اجْعَلْ اوْسَعَ رِزقِكَ عليَّ عِنْد كِبَرِ سِنِّى وَانْقِطاع عُمْرى واخْتِمْ لِى بالخَيرِ والسَّعادَة والبركة

Artinya: “Ya Allah jadikan rizkiku dari-Mu mencukupi saat usiaku lanjut dan menjelang habis.  Jadikan hari-hari akhir dari perjalanan hidupku ini baik, bahagia dan berkah.”

Selain agar bisa bahagia di hari tua, doa ini juga diharapkan bisa membuat kita meninggal dalam kondisi khusnul khotimah. 

Selain Memanjatkan Doa Menua Bahagia, Ini Tips Agar Tetap Bahagia di Masa Tua 

doa menua bahagia (1)

Mencari kegiatan baru setelah pensiun, salah satu tips tetap bahagia di masa tua.

Mengutip dari laman Halodoc, berikut ini beberapa tips agar Anda tetap bisa merasa bahagia di masa tua

1. Tetap Aktif Berkegiatan

Jangan lupa untuk cari kegiatan baru untuk menghabiskan waktu di masa tua. Carilah hobi baru seperti merawat tanaman, memancing, atau merajut. Jangan hanya menghabiskan waktu di depan televisi, bila fisik tak sekuat dulu, Anda masih bisa membuat otak tetap aktif. Misalnya dengan menulis, menghabiskan waktu bersama cucu, atau membuat kerajinan.

Anda juga bisa mengajar mengaji anak-anak di sekitar lingkungan Anda, menyediakan perpustakaan gratis bagi anak-anak yang suka membaca, atau ikut dalam kegiatan sosial di lingkungan sekitar seperti arisan atau ronda. 

2. Tetap Aktif Bersosialisasi

Rasa kesepian bisa memengaruhi mental, membuat stres hingga menurunkan kekebalan tubuh. Akibatnya, kita gampang sakit. Karena itu kita disarankan untuk bersosialisasi dengan manusia lain di luar media sosial. 

Studi yang dipulikasikan American Psychological Association menyebut kehidupan sosial yang aktif bisa menurunkan risiko kesehatan yang memburuk pada lansia. Hal ini mengingatkan bahwa menjaga silaturahmi dan berkumpul dengan teman atau sanak keluarga adalah sesuatu yang penting untuk kesehatan kita. 

3. Punya Tabungan Hari Tua

Doa Menua Bahagia dan Tips Mencapai Kebahagiaan di Hari Tua

Jangan lupa menabung untuk hari tua mulai sekarang.

Meski ada pepatah yang bilang uang bukan segalanya, pada kenyataannya memiliki uang yang cukup akan membuat hidup lebih mudah. Demikian pula saat sudah memasuki lanjut usia. Kondisi finansial yang cukup di hari tua sangatlah penting, agar kita tidak menjadi beban bagi anak-anak kita. 

Menabung di masa muda untuk masa tua Anda sangat penting untuk merasakan kebahagiaan saat tua nanti. Bahagia yang dimaksud adalah Anda tak perlu meminta uang pada anak atau kerabat, karena sudah punya tabungan sendiri dan bebas menggunakannya. 

4. Menjaga Kesehatan

Doa Menua Bahagia dan Tips Mencapai Kebahagiaan di Hari Tua

Olahraga penting untuk menjaga kesehatan Anda di hari tua.

Seringkali saat hari tua menghampiri, kita semakin malas untuk berolahraga atau melakukan kegiatan fisik sederhana seperti berjalan kaki. Padahal, aktivitas fisik seperti ini bisa menjaga kebugaran tubuh, kesehatan mental dan fisik juga. 

Pilihlah olahraga ringan yang sesuai dengan kapasitas tubuh Anda, seperti yoga, pilates, senam kebugaran, hingga bersepeda. 

Selain olahraga, menjaga asupan makanan juga penting untuk kesehatan yang prima. Hindari konsumsi makanan junk food, alkohol dan jauhi rokok. Bagi Anda yang punya riwayat diabetes, mulailah mengurangi konsumsi gula dan makanan manis. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih setiap hari. 

***

Nah itu dia doa menua bahagia dan tips mencapai kebahagiaan di hari tua. Semoga bermanfaat. 

Baca juga: 

7 Nilai Keuangan ala Keluarga Jepang Agar Sejahtera di Hari Tua

7 Kumpulan Doa untuk Keluarga agar Sakinah dan Bahagia Dunia Akhirat

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *