Doa Sapu Jagat dan Keutamaannya, Yuk Hafalkan dan Ajarkan pada Anak!

Doa Sapu Jagat dan Keutamaannya, Yuk Hafalkan dan Ajarkan pada Anak!


Doa sapu jagat cukup dikenal oleh umat Islam. Sekalipun bacaannya pendek, namun doa ini memiliki makna penting baik bagi kehidupan setiap umat muslim maupun kehidupan dunia dan akhirat. Selain bisa dibaca setiap selesai menunaikan ibadah sholat, doa ini bisa diamalkan kapan saja dan dimana saja.

Dengan membaca doa ini secara rutin, pahala akan bertambah dan bisa lebih dekat dengan pertolongan Allah.

Bacaan Arab, Latin, dan Arti Doa Sapu Jagat

Berikut ini bacaan doa sapu jagat dan artinya:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa ‘adzaaban naar”

Artinya: “Ya Allah, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka.”

Doa ini dinamakan doa sapu jagat karena di dalamnya ada permohonan kebaikan di dunia serta di akhirat. Permohonan di dalamnya juga sangat lengkap seperti keamanan, keberuntungan, kesehatan, rezeki dan hal-hal baik yang lainnya.

Ada banyak hal yang bisa memaknai arti kebaikan dalam doa sapu jagat. Inilah yang menjadi keistimewaan doa tersebut. Selain itu, memohon kebaikan di akhirat juga menjadi keistimewaan doa ini. Kebaikan akhirat yang dimaksud adalah menjadi penghuni surga. Tidak mudah mewujudkan hal tersebut namun dengan membaca dan mengamalkan doa dengan lebih sering serta melakukan banyak hal baik di dunia, maka hamba akan lebih mudah menuju surga. Insya Allah.

Artikel terkait: Ingin anak tumbuh jadi sholeh? Jangan lupa baca doa dan lakukan 7 tips ini

Sumber Doa Sapu Jagat

Doa Sapu Jagat dan Keutamaannya, Yuk Hafalkan dan Ajarkan pada Anak!

Doa ini istimewa karena sering dibaca oleh Rasulullah. Ini diketahui dari hadits yang diriwayatkan oleh sahabat beliau.

“Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allahumma, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adzaban nar, ’’ (HR Bukhari dan Muslim).

Diketahui,  Lafal doa ini dikutip dari Al Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 201:

Wa min-hum may yaqalu rabbana atina fid-dun-ya hasanataw wa fil-akhirati hasanataw wa qin ‘azaban-nar.”

Artinya: “Di antara mereka ada orang yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.’”

Doa Sapu Jagat dan Keutamaannya, Yuk Hafalkan dan Ajarkan pada Anak!

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 203, Allah menganjurkan umatNya untuk membaca doa ini pada Hari Tasyrik 11, 12 dan 13 Zulhijjah.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 203 yang artinya:

“Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya.”

Artikel terkait: 10 Doa Mustajab agar Keinginan Dapat Dikabulkan Allah SWT

Keutamaan Doa Sapu Jagat

Ibnu Katsir menjelaskan beberapa keistimewaan doa yang sering dibaca oleh Rasulullah ini. Berikut beberapa keistimewaan doa sapu jagat:

1. Ringkas Namun Lengkap dan Penuh dengan Makna

doa sapu jagat

Sangat dianjurkan untuk membaca doa ini secara rutin karena lafalnya yang sangat ringkas namun mengandung permintaan kebaikan dunia serta akhirat.

Rasulullah SAW paling sering membaca doa ini karena doanya memang penuh dengan makna yang mencakup 3 hal. Makna pertama yaitu meminta kenikmatan di dunia. Makna kedua yaitu meminta kenikmatan di akhirat serta makna ketiga yaitu terbebas dari siksaan api neraka.

Artikel terkait: Yuk, baca doa anjuran dari Rasulullah agar terhindar dari berbagai penyakit

2. Permintaan Kebaikan di Dunia dan di Akhirat

Doa Sapu Jagat dan Keutamaannya, Yuk Hafalkan dan Ajarkan pada Anak!

Yang dimaksud dengan permintaan kebaikan di dunia yaitu mencakup kenikmatan sehat, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal saleh, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir.

Kebaikan akhirat yang diminta dalam doa ini tentu lebih tinggi dibandingkan kebaikan di dunia yaitu dimasukannya kita ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (ketakutan) serta diberikan kemudahan dalam hisab (memperhitungkan amal) di akhirat.

3. Permintaan Diselamatkan dari Siksa Neraka

doa sapu jagat

Dalam doa sapu jagat, permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang dosa dan haram serta diberikan petunjuk untuk meninggalkan hal-hal syubhat (yang samar/abu-abu) serta hal-hal yang haram.

Itulah bacaan serta keutamaan dari doa sapu jagat. Jangan lupa ajarkan pada Si Kecil ya, Parents!

Baca juga:

4 Doa untuk Suami yang Bekerja di Tempat Jauh agar Lapang Rezeki

5 Lafadz Doa Minta Jodoh Agar Cepat Didekatkan, Yuk Amalkan!

Doa untuk Melembutkan Hati Suami, Amalkan Setiap Hari, Bun!

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *