Duduk 6-8 Jam Sehari Bisa Menyebabkan Kematian?


Beberapa risiko yang dapat timbul

Duduk 6-8 jam sehari merupakan hal biasa bagi manusia, terutama pekerja kantoran, yang semenjak pandemi Covid-19 diharuskan bekerja dirumah.

Para pekerja bisa duduk hingga 8 jam sehari guna mengejar deadline yang diberikan oleh kantor. Tapi ternyata, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga kematian!

Studi yang dipimpin oleh Profesor ilmu kesehatan serta Akademi Ilmu Kedokteran asal Beijing menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara waktu duduk seseorang dengan kesehatan jantung.

Penelitian yang dijalankan berfokus pada seorang individu selama kurang lebih 11 tahun, dan ditemukan kalau makin lama seorang individu diam ditempat yang sama, maka semakin tinggi risikonya untuk mengalami kematian dini dan penyakit kardiovaskular.

Lakukan penelitian di 21 negara

Penelitian tersebut dilakukan kepada 21 negara yang berpenghasilan rendah dan menengah kebawah, dilansir dari Kesehatan.
Melalui jurnal Jama Cardiology, diperhitungkan sekiranya lebih dari 100.000 orang di seluruh negara memiliki risiko 12-13% lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung serta alami kematian dini.

Jika individu melakukannya setiap hari, maka risikonya akan meningkat menjadi 20%.

Pesan menyeluruh disini adalah untuk meminimalkan seberapa banyak Anda duduk. Jika Anda harus duduk, berolahraga lebih banyak di waktu lain akan mengimbangi risiko itu,” ujar Scott Lear selaku Profesor Ilmu Kesehatan Universitas Simon Fraser.

Nicki Minaj Marah GIF

Apakah ada cara untuk mencegahnya?

Salah satu cara untuk mencegah terkena penyakit jantung hingga kematian dini adalah untuk tetap menjadi individu yang aktif.

Jika kalian tetap aktif walaupun diam selama berjam-jam, kemungkinan terkena penyakit jantung serta kematian dini akan semakin menurun.

Bagi mereka yang duduk lebih dari empat jam sehari, mengganti setengah jam posisi duduk dan olahraga, dapat mengurangi risiko sebesar 2%,” ucap Lear.

gym akan sulit GIF

Bagaimana menurutmu? Membiarkan kita tahu!

Gambar teratas melalui Unsplash/christinhumephoto





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.