Viral  

Eileen Gu dari China, kelahiran Amerika, meraih tahun 1620 pertama dalam kariernya dalam perjalanan menuju emas Olimpiade dalam gaya bebas big air


BEIJING — Eileen Gu dari Cina yang lahir di Amerika mencatatkan 1620 pertama dalam karirnya pada lompatan terakhirnya, memukau Tess Ledeux dari Prancis dan mendapatkan yang pertama dari apa yang dia harapkan akan menjadi tiga medali emas di nomor besar gaya bebas putri.

Dijuluki “Putri Salju,” Gu adalah salah satu nama lokal terbesar di Olimpiade Beijing. Dia favorit medali di big air, slopestyle dan halfpipe. Tusukan pertamanya pada emas turun ke ronde terakhir.

Lahir di San Francisco dari seorang ibu Tionghoa dan ayah Amerika serta dibesarkan oleh ibu dan nenek dari pihak ibu, Gu mengumumkan pada Juni 2019, pada usia 15 tahun, bahwa ia akan berganti afiliasi negara dan bersaing untuk Tiongkok di Olimpiade Beijing.

“Kesempatan untuk membantu menginspirasi jutaan anak muda tempat ibu saya lahir, selama Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 adalah kesempatan sekali seumur hidup untuk membantu mempromosikan olahraga yang saya cintai,” tulisnya di Instagram. “Melalui ski, saya berharap dapat menyatukan orang, meningkatkan pemahaman bersama, menciptakan komunikasi, dan menjalin persahabatan antar bangsa.”

Gadis berusia 18 tahun itu menjerit ketika dia mendaratkan lompatan, lalu berlutut ketika skornya 94,50 diumumkan. Saat dia meluncur ke perhentiannya, bermain ski mundur, dia memegangi tangannya di atas helmnya dengan tidak percaya, ketika para penonton memegang bendera China di tribun.

Ledeux adalah satu-satunya wanita lain yang pernah mendaratkan 1620 — 4½ putaran — dalam kompetisi, dan dia menginjak satu putaran dengan sedikit goyangan saat mendarat di Putaran 1.

Gu mengisyaratkan setelah kualifikasi Senin bahwa dia mungkin bisa menandingi Ledeux. Dengan semua yang dipertaruhkan, dia melakukannya.

Ledeux mencoba meningkatkan pada lari keduanya di Ronde 3, melakukan lompatan mundur untuk switch 1440. Namun, dia goyah saat mendarat, membuka jalan untuk emas Gu.

Associated Press berkontribusi pada laporan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.