Eksotisme Wisata Alam Posong, Keindahan Di Antara Gunung Sindoro-Sumbing

  • Whatsapp
Eksotisme Wisata Alam Posong, Keindahan Di Antara Gunung Sindoro-Sumbing


Suara-Pembaruan.com – Berada di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing membuat Kabupaten Temanggung memiliki bentang alam yang menakjubkan. Dengan dominasi kawasan perbukitan, dataran tinggi, dan lembah, wajar jika Temanggung memiliki pesona wisata alam yang mempesona.

Satu di antaranya adalah kawasan wisata alam Posong yang berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Lokasi Posong berada di kaki Gunung Sindoro, maka tak heran suhu udara di sini cukup dingin, sekitar 10-19 derajat celcius.

Posong menjadi destinasi yang tengah naik daun di Temanggung karena pesonanya yang sungguh menakjubkan. Panorama yang ditawarkan adalah puncak delapan gunung di Jawa Tengah dapat terlihat jelas dari Posong. Dengan catatan, kondisi cuacanya cerah.

Posong juga menjadi destinasi bagi wisatawan yang gemar berburu foto milky way sembari menunggu sunrise. Sebab, lokasi Posong yang berada di ketinggian di atas 1000 mdpl.

Cara Menuju Wisata Alam Posong

Untuk sampai ke wisata Alam Posong, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Sebab lokasi Posong dapat ditempuh dari berbagai kota di Jawa Tengah, seperti Semarang, Solo, atau Purwokerto.

Bila datang dari wilayah Semarang atau Solo, dapat menggunakan bus jurusan Magelang/Temanggung-Wonosobo. Pun sebaliknya, bila datang dari Purwokerto, bisa naik bus jurusan Wonosobo-Magelang/Temanggung.

Bila berangkat dari pusat Kota Temanggung menggunakan kendaraan pribadi, ikuti saja arah jalan raya menuju Wonosobo. Maka tujuanmu ada di sisi kanan, setelah Jembatan Sigandul. Sementara dari arah Wonosobo, wisata alam Posong berada di sebelah kiri setelah SPBU Kledung.

Tenang saja, di sekitar jalan raya di dekat Posong, ada beberapa petunjuk yang mengarahkan wisatawan ke tujuan. Hanya saja, pengunjung harus jeli saat melihatnya. Sebab, papan petunjuk tersebut kecil dan jalan masuk ke area Posong berada di dekat tanjakan yang menikung.

Dari jalan raya tersebut, pengunjung bisa mengarahkan kendaraan menuju Posong yang berjarak sekitar 3,5 Km. Yang patut diperhatikan, jalan menuju wisata alam Posong, masih berupa jalan batu yang ditata alias makadam. Jalanan juga didominasi jalur menanjak dan sempit.

Bila kendaraanmu tidak kuat di jalan menanjak, bisa menggunakan jasa ojek yang berada di dekat pintu masuk. Tarif untuk perjalanan naik Rp 20 ribu dan turun Rp 15 ribu. Walau jalan menuju wisata alam Posong cukup terjal, tapi wisatawan akan dimanja dengan hamparan ladang kopi dan tembakau.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Posong

Untuk menikmati keindahan wisata alam Posong, wisatawan hanya perlu membayar harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp 10 ribu. Parkir motor dipatok Rp 2.000 sedangkan parkir mobil hanya Rp 4.000.

Sementara itu, bagi pengunjung yang akan masuk ke Taman Wisata Posong akan dikenai HTM Rp 20 ribu. Taman Wisata Posong menyediakan berbagai macam wahana.

Jam Buka Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong buka setiap hari, mulai pukul 03.30 WIB bagi wisatawan yang ingin berburu sunrise. Sementara jam kunjung terakhir dibatasi hingga pukul 16.00 WIB. Selebihnya tidak boleh.

Apa pasal? Lagi-lagi karena kondisi jalan menuju Wisata Alam Posong yang masih terjal serta minimnya lampu penerangan.

Aktivitas di Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong menawarkan pesona serta pengalaman wisata yang tidak terlupakan. Mulai dari pesona golden sunrise, eksotisme lembah Sindoro-Sumbing, hingga aktivitas seru lainnya yang membuat wisawatan enggan pulang.

– Pesona Golden Sunrise

Posong adalah salah satu tempat terbaik di Kabupaten Temanggung untuk menyaksikan detik-detik terbitnya matahari. Tak tanggung-tanggung, wisatawan akan dimanjakan dengan pesona golden sunrise dengan latar belakang delapan puncak gunung.

Delapan puncak gunung tersebut adalah Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Lawu, dan Gunung Ungaran. Tambahan pula lautan awan yang bisa jadi bonus saat menikmati golden sunrise.

Karena atraksi alam ini biasanya dimulai pukul 05.30 WIB, maka wisatawan diharapkan sudah masuk ke area Posong mulai pukul 04.00 WIB. Sebab, perjalanan dari bawah atau pintu masuk membutuhkan waktu selama satu jam. Belum lagi jika wisatawan harus memilih spot terbaik untuk menyaksikan pesona golden sunrise.

– Eksotisme di Balik Kabut

Panorama golden sunrise yang menawan hati, bisa wisatawan nikmati saat cuaca cerah. Namun, jika memutuskan bepergian saat musim hujan, maka kabut akan lebih sering menyapa.

Tak perlu kecewa. Kabut tebal yang ‘membungkus’ wilayah lembah Gunung Sindoro-Gunung Sumbing justru membuat kawasan ini menjadi indah dan lebih eksotis. Udara pun menjadi lebih sejuk.

– Panorama Alam

Pemandangan pada siang hari juga tak kalah menakjubkan. Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing tampak gagah terlihat. Juga langit biru yang memanjakan mata serta bentang alam Temanggung yang terlihat dari ketinggian. Tambahkan suara angin yang akan membuat wisatawan terbuai dengan keindahan wisata alam Posong.

Selain sunrise, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sunset alias matahari terbenam pada sore hari. Sinar matahari tampak seakan membelah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

– Spot Selfie

Untuk menikmati segala keindahan dan eksotisme Posong, sudah disediakan sejumlah spot selfie. Yang menjadi favorit pengunjung adalah spot gardu pandang. Di sini, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Sumbing dan lembahnya. Ada papan kayu yang jika disusun akan membentuk kata Posong sebagai aksesori saat foto.

Masih ada titik foto lainnya yaitu spot dengan tulisan Posong besar dengan latar belakang Gunung Sindoro. Lalu ada spot sayap kupu-kupu jika ingin mencari spot lainnya. Sebenarnya, semua titik di Posong juga bisa menjadi spot untuk berfoto terbaik. Namun ingat, tetap berhati-hati ya karena medan jalan yang cukup terjal.

– Kebun tembakau dan kopi

Satu area yang bisa wisatawan nikmati saat di Posong adalah hamparan hijau kebun tembakau dan kopi yang sangat luas. Ya, wisata alam Posong berada di tengah kawasan ladang tembakau. Alhasil, saat berfoto, pengunjung bisa mengabadikan lanskap hijau khas tembakau sebagai latar belakang. Hamparan ladang tembakau yang ditanam bersisian dengan kopi ini, sudah bisa dinikmati sejak dari pintu masuk.

Fasilitas di Wisata Alam Posong

Fasilitas di wisata alam Posong terbilang cukup lengkap. Lahan parkir yang luas, musala, dan toilet yang representatif. Juga ada gazebo sebagai tempat untuk bercengkerama sembari menikmati makanan yang dijajakan di warung milik warga sekitar.

Tips Berwisata di Posong

Sebelum menyusun rencana berwisata ke Wisata Alam Posong, ada beberapa tips yang patut disimak.

– Pastikan kendaraan yang pengunjung kendarai kuat di tanjakan, cek kondisi rem, dan bukan jenis mobil yang ceper. Sebab, jalur menuju Posong berupa batu yang ditata dan didominasi tanjakan.

– Harus siap ‘mengalah’ saat berpapasan dengan mobil lain yang bertemu dari arah yang berlawanan.

– Jangan lupa membawa dan memakai jaket karena suhu udara di Posong cukup dingin.

– Bila datang pada musim panen raya tembakau, disarankan untuk membawa motor. Jalan menuju Posong akan ditutup sementara untuk kendaraan mobil, karena akan dipakai untuk mengangkut hasil panen tembakau.

Jika tetap menggunakan mobil, bisa menggunakan jasa ojek yang tersedia di dekat pintu masuk. Biasanya, panen raya tembakau di Posong dimulai bulan Agustus hingga Oktober setiap tahun.

– Tetap terapkan protokol kesehatan: mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *