Gandeng Widya Robotics, Huawei Perkenalkan Intelligent Gate Teknologi Pendeteksi K3

  • Whatsapp


Selular.ID – Merespon laporan kecelakaan kerja di Indonesia khususnya bidang konstruksi, Huawei Indonesia dan Widya Robotics melakukan pengembangan alat yang dapat mendeteksi kelengkapan alat perlindungan diri yang merupakan bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), teknologi ini dinamakan Intelligent Gate

Bacaan Lainnya

Intelligent Gate merupakan sebuah sistem palang pintu otomatis yang dilengkapi dengan teknologi AI. Intelligent Gate dapat mendeteksi orang, wajah, masker, dan kelengkapan APD.

Kemudian Intelligent Gate ini diintegrasikan dengan HiLens dari Huawei, sebuah single board computer yang mampu menjalankan inference AI untuk mendeteksi objek.

Baca juga: Luluskan 1.150 Awardee, XL Axiata Future Leaders Fokus Siapkan Mahasiswa di Era Industri 4.0 dan Society 5.0

Dalam troborasan ini, Inference yang dijalankan berupa video yang diakses melalui stream dari kamera bawaan HiLens dan diproses pada perangkat HiLens yang bertenagakan perangkat komputasi Ascend dari Huawei.

Nantinya hasil pemrosesan dari deteksi objek APD yang valid akan menginstruksikan palang pintu untuk terbuka secara otomatis. Kehadiran Intelligent Gate ini diharapkan menjadi simbol transformasi K3 dan menargetkan untuk meredam angka kecelakaan kerja di Indonesia.

Jason Zhang, Presiden Huawei Indonesia menjelaskan era Industri 4.0. yang berorientasi pada orang adalah prinsip penting dari transformasi digital industri yang meminta untuk melindungi keselamatan pekerja sekaligus meningkatkan efisiensi.

“Cloud dan AI akan menjadi alat terbaik untuk berinovasi, dan Huawei Cloud  bertujuan untuk menggunakan semuanya dalam satu layanan”untuk mendukung inovasi berkelanjutan mitra kami,” terang Jason.

Baca juga: Peran Kemenkominfo Dorong Pengembangan Industri Handset 5G

Sementara itu Co-founder Widya Group dan CEO Widya Robotic Alwy Herfian Satriatama mengatakan teknologi baru di bidang konstruksi ini dikerjakan selama kurang lebih enam bulan terakhir dengan bekerjasama dengan Huawei.

“Widya Robotics masih berusia kurang lebih 3 tahun tapi telah berkolaborasi dengan Huawei, tentu ini merupakan loncatan yang besar. Huawei merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia dalam bidang teknologi dan merupakan perusahaan yang sangat capable di berbagai bidang. Ke depan, kami berharap bisa menciptakan solusi-solusi bersama dengan Huawei tidak hanya saat ini tapi juga pada tahun-tahun mendatang,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.