Opini

Harga tanah di Sebakung Jaya yang masih utuh secara budaya

123
×

Harga tanah di Sebakung Jaya yang masih utuh secara budaya

Sebarkan artikel ini

Desa Sebakung Jaya adalah daerah eks transmigrasi tahun 1985. Penduduknya mayoritas berasal dari pulau Jawa sampai sekarang.

Sebakung Jaya adalah sebuah desa di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara. Di Kecamatan Babulu hampir separuh desanya adalah daerah transmigrasi.

Pekerjaan mayoritas penduduk di sini adalah petani. Di usia kecamatan ini yang hampir 40 tahun ternyata budaya dari daerah Jawa masih melekat pada setiap warga.

Itu bisa dilihat pada saat ada salah satu warga yang merenovasi rumah. Tuan rumah hanya tinggal menyiapkan konsumsi dan bahannya, warga akan berdatangan membantu tanpa meminta bayaran.

Tak hanya itu, jika ada warga meninggal secara otomatis warga menyiapkan semua kebutuhan pemakamannya. Ada yang menggali makam, ada yang menyiapkan perlengkapan memandikan sampai pengkafanan jenazah.

Para Ibu menyiapkan makanan untuk penggali makam. Semua itu gratis di sini. Untuk acara hajatan pun sama, di sini tak perlu menyewa katering.

Baca Juga: Mencari Cuan Lewat Usaha Beras di Kecamatan Babulu

Warga di sini siap membantu dengan sukarela untuk menyiapkan semua kebutuhan mulai dari awal sampai selesai acara. Acara di sini umumnya mulai pagi hari sampai malam, berbeda dengan daerah di luar yang hanya sampai sore hari.

Di sini juga ada grup yasinan laki-laki dan perempuan. Jadi jika kita butuh untuk mengirim doa atau kenduren tak perlu susah mengumpulkan orang. Be-Emers tertarik untuk tinggal disini?

Harga Tempat Tinggal di Sebakung Jaya

Be-Emers ada yang berminat pindah kesini? Berikut bocoran harga tanah di daerah Sebakung Jaya dan sekitarnya.

Harga tanah pemukiman di sini mulai Rp30.000 per meternya, sedangkan lahan persawahan mulai dari Rp10.000 per meternya.

Harga ini bisa saja meningkat dalam waktu dekat seiring pemindahan IKN yang semakin dekat. Desa ini juga memiliki banyak potensi yang belum digarap oleh masyarakatnya.

Selain faktor kurangnya pengetahuan ada juga faktor keterbatasannya permodalan. Salah satu potensi yang cukup menarik adalah di bidang peternakan.

Daerah di sini cukup luas, jadi untuk menemukan pakan dan tempat budidaya bukanlah hal yang susah. Ternak yang saat ini sedang sangat di minati adalah sapi, karena perawatan dan pemasaran cukup mudah untuk daerah Kecamatan Babulu.

Baca Juga: Yuk, Intip Peluang Usaha Budidaya Ikan di Desa Seribu Kolam!

Hal itu terjadi karena kebutuhan daging masih belum mampu tercukupi oleh peternak lokal. Be-Emers tertarik  mecoba bisnis ini? Silahkan mencoba!

Semoga berhasil! Ada yang mau berbagi pengalaman bisa komentar di bawah ya.
Terima kasih

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *