Blog, Lomba  

Hari Buruh, Ini Lagu-Lagu yang Menyambut Nasib Para Buruh!


Tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Sejarah perayaan Hari Buruh ini dapat ditelusuri pada tanggal 1 Mei 1886, ketika terjadi tidak cuma pemogokan, tetapi juga insiden berdarah di Haymarket Affair, Chicago. Kemudian di Indonesia, momen ini pertama kali diperingati pada awal dekade 1920-an.

Hari Buruh tidak lepas dari sorotan musisi, banyak musisi dunia hingga dalam negeri yang menciptakan lagu yang menggambarkan kehidupan buruh. Berikut 5 lagu yang menyuarakan tentang nasib para pekerja:

1. Swami – Robot Bernyawa

Salah satu supergrup yang pernah ada di Indonesia, Swami, pada awal 1990-an lalu merilis lagu “Robot Bernyawa”. Dalam liriknya, buruh diibaratkan robot bernyawa yang harus patuh dan tunduk pada perintah atasan. Kalau tidak, ancaman PHK selalu menanti.

2. Sheila On 7 – Generasi Patah Hati

Banyak yang mengira band pop tidak bisa menghasilkan lirik lagu berisi kritik sosial yang pedas, Sheila On 7 berhasil membuktikan lewat “Generasi Patah Hati”. Mereka mencoba menyuarakan keluhan banyak pekerja di luar sana yang harus “bekerja siang dan malam agar istriku bahagia”.

3. Iwan Fals – PHK

Iwan sudah terkenal lewat lirik lagu bertema sosial termasuk “PHK” yang ia rilis pertama kali pada tahun 1987. Lagu ini cukup mewakili keresahan para buruh saat mendapatkan pesangon setelah mendapatkan surat pemutusan hubungan kerja.

4. Koes Plus – Ku Jemu

Sebelum Iwan Fals, band legendaris Indonesia, Koes Plus juga sempat meluncurkan lagu tentang buruh. Lagu bertajuk “Ku Jemu” ini mengibaratkan pekerja bagaikan kuda, yang “dicambuk dan didera”. Lagu ini dirilis pada tahun 1970-an, liriknya masih terasa aktual hingga saat ini.

5. Indomusik Team – Naik Gaji Boss

Di awal tahun 2022 lalu, Indomusik Team yang merupakan grup musik dari Indomusikgram sempat merilis lagu “Naik Gaji Boss”. Lagu ini sangat menggambarkan nasib kebanyakan karyawan saat ini di mana banyak yang masih menerima gaji yang jauh dibawah UMR, sekalinya dapat gaji yang diatas UMR, beban pekerjaannya menumpuk bagaikan gunung.

Itu tadi 5 lagu yang menyuarakan tentang buruh/pekerja. Semoga kehidupan para buruh/pekerja semakin baik kedepannya!



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.