Hati-hati! 4 Produk Makeup dari Brand Korea Ini Mengandung Bahan Berbahaya

  • Whatsapp
Hati-hati! 4 Produk Makeup dari Brand Korea Ini Mengandung Bahan Berbahaya


Korean wave tak sekadar pada musik dan drama. Makeup ala bintang Korea yang flawless dan skincare berlapis-lapis juga menjadi salah satu kiblat dunia kecantikan. Tak heran jika beauty brand asal Korea juga laris di seluruh dunia. Sayangnya, ada beberapa makeup Korea yang dilaporkan berbahaya.

Bacaan Lainnya

Mungkin Parents tidak mengira jika brand makeup ternama asal Korea ini pernah mengeluarkan produk yang berbahaya. Pasalnya, produk-produk mereka diketahui mengandung sejumlah logam berat melebihi batas standar legal dalam kandungan kosmetik.

Produk apa sajakah itu? Coba cek lagi koleksi makeup Parents, jangan-jangan ada salah satu di antaranya. Mengutip Beautynesia, berikut daftar makeup Korea yang disinyalir mengandung bahan berbahaya.

Artikel terkait: Panduan skincare Korea dalam 10 langkah mudah, dijamin bikin glowing!

4 Produk Makeup Korea yang Berbahaya

1. Etude House Drawing Eyebrow Duo

Hati-hati! 4 Produk Makeup dari Brand Korea Ini Mengandung Bahan Berbahaya

Etude House Drawing Eyebrow Duo (Foto: etude.com)

Pada tahun 2018 otoritas keamanan makanan dan obat Korea Selatan, melakukan tes pada beberapa brand makeup. Hasilnya cukup mengejutkan. Pensil alis dan concealer cair dari delapan produsen ditemukan mengandung antimon atau yang juga dikenal sebagai kohl berlebihan. Salah satunya adalah Etude House Drawing Eyebrow Duo #03 Gray Brown.

Antimon sendiri merupakan salah satu jenis metaloid abu-abu berkilau yang ditemukan di alam terutama sebagai stibnite mineral sulfida (Sb2S3). Partikel debu dari antimon atau kohl ini diduga dapat menyebabkan kanker hingga kerusakan hati serta ginjal, apabila terhirup maupun terserap kulit. 

Sebenarnya senyawa antimon telah dikenal sejak zaman kuno dan bubuk untuk digunakan sebagai obat dan kosmetik. Namun perlu diketahui, penggunaan antimon yang berlebihan dan dalam kurun waktu berkepanjangan bisa menyebabkan iritasi kulit hingga dermatitis.

Sayangnya, kandungan logam ini masih banyak ditemukan dalam produk kosmetik dan pewarna. Bukan hanya satu produk dari brand Etude ini. Jadi, harus lebih waspada lagi, ya, Bunda saat memakai makeup. Otoritas Pengawas Obat dan Makanan Korea Selatan mengatur penggunaan antimon yang diperbolehkan tidak boleh melebihi 10㎍/g dalam tiap produk. 

Artikel terkait: 5 Rekomendasi Skincare Korea untuk Ibu Hamil, Bunda Mau Coba?

2. Skinfood Cherry Lip Pencil, Salah Satu Makeup Korea Berbahaya

Makeup Korea Berbahaya

Skinfood Cherry Lip Pencil (Foto: Instagram/skinfood_official)

Brand Skinfood dikenal karena produk skincare-nya. Salah satu produknya yang paling hits di kalangan beauty junkies adalah Black Sugar Mask Wash Off. Selain skincare, brand Korea ini juga mengeluarkan produk makeup.

Sayangnya, produk makeup dari Skinfood ini juga termasuk dalam produk yang terindikasi memiliki kandungan logam berat berlebih. Namun, Parents juga tak usah khawatir karena hanya Skinfood Cherry Lip Pencil varian Rose Cherry saja yang terindikasi mengandung kandungan berbahaya. Untuk produk lainnya dari merek ini masih aman digunakan, kok.

3. 3CE Slim Eyebrow Pencil

Makeup Korea Berbahaya

3CE Slim Eyebrow Pencil

Brand yang satu ini juga cukup familiar di kalangan beauty enthusiast Indonesia. Tidak sedikit yang menggunakan produk makeup dari brand terkemuka ini. 3CE sendiri mengeluarkan banyak jenis kosmetik, seperti lip tint, lipstick, facial cream, dan masih banyak lagi.

Sayangnya salah satu produk dari brand ini terindikasi mengandung logam berat berlebih. Hanya 3CE jenis Slim Eyebrow Pencil varian Chestnut Brown saja sementara produk lainnya masih aman.

Artikel terkait: Rekomendasi 10 Brand Skincare Lokal Terbaik Khusus Para Bunda

4. Makeup Korea Berbahaya: Aritaum Full Cover Stick Concealer

Hati-hati! 4 Produk Makeup dari Brand Korea Ini Mengandung Bahan Berbahaya

Aritaum Full Cover Stick Concealer

Selain digunakan untuk menyamarkan noda di wajah, concealer juga dimanfaatkan untuk membantu mempertegas hasil gambar alis. Menjadikannya on fleek

Nah, concealer dari brand Aritaum asal Korea Selatan juga pernah terindikasi memiliki kandungan logam berat berlebih yang berbahaya bagi kesehatan.

***

Dari keempat produk di atas, adakah yang pernah Parents pakai?

Saat ini keempat brand tersebut sudah menarik produk mereka yang berbahaya tersebut. Namun jika Parents masih menemukan sederet produk ini di pasaran, sebaiknya dihindari, ya.

Berkaca dari kasus makeup Korea yang berbahaya di atas, mengingatkan kita akan pentingnya mengedukasi diri dalam memilih produk kecantikan dan selalu waspada sebelum membeli. Apalah arti cantik jika mengancam kesehatan dalam jangka panjang, bukan begitu?

Baca juga:

Bibir Lembap dan Merona, Coba 7 Rekomendasi Lip Balm dengan Harga Terjangkau

Wajah Terlihat Glowing dengan 6 Exfoliating Toner Pilihan, Tak Sampai 300 Ribu!

Jangan Digunakan! Ini Efek Skincare Kadaluarsa bagi Kulit

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *