Hendak I’tikaf? Ini Doa Keluar Masuk Masjid yang Perlu Anda Baca

  • Whatsapp
Hendak I'tikaf? Ini Doa Keluar Masuk Masjid yang Perlu Anda Baca


Salah satu amalan sunnah yang tidak boleh Anda lewatkan selama bulan suci Ramadan adalah beribadah kepada Allah SWT di masjid atau I’tikaf. Nah, selama berdoa di masjid, ada baiknya Anda membaca doa keluar masuk masjid. Seperti apa doanya? Berikut informasi lengkapnya.

Bacaan Lainnya

Pentingnya Membaca Doa Keluar Masuk Masjid

Menghabiskan waktu di masjid apalagi selama 10 hari terakhir di bulan puasa adalah bentuk dari ibadah. Namun, tentu harus diniati dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT. Nah, untuk melengkapi ibadah sunnah Anda, bacalah doa keluar masuk masjid selama beri’tikaf. Keutamaan beri’tikaf tercantum dalam hadits di bawah ini yang berbunyi:

“Dari Ubay bin Ka’ab dan A’isyah: Rasulullah SAW beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan, hingga Allah menjemputnya (wafat).”

Dengan membaca doa tersebut, semoga hati kita kembali bersih dan menambah rasa khusyuk selama beribadah di dalam masjid. Lalu, bagaimana doanya? Berikut versi pendek dan versi lengkapnya seperti dikutip dari berbagai sumber terpercaya.

Doa Masuk Masjid Lengkap sesuai Ajaran Sunnah

Hendak I'tikaf? Ini Doa Keluar Masuk Masjid yang Perlu Anda Baca

Ada dua versi yang bisa Anda baca sebelum memasuki rumah ibadah, yaitu versi pendek sesuai sunnah dan versi lengkapnya. Berikut adalah doa masuk masjid pendek sesuai sunnah:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“Alloohummaf tahlii abwaaba rohmatika.”

Yang artinya: “Ya Allah, bukalah pintu rahmat-Mu untukku.”

Sementara itu, apabila Anda tidak terburu-buru, berikut doa masuk masjid yang lebih lengkap:

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“A’udzu billahil ‘azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim. Bismillahi wal hamdulillah. Allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammadin. Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba rahmatik.”

Yang artinya: “Aku berlindung kepada Allah yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya yang Maha Mulia dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan terlantar, dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidah Muhammad dan atas keluarga Sayyidah Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu.”

Doa Keluar Masjid yang Lengkap sesuai Sunnah

doa keluar masuk masjid lid

Anda juga disunnah-kan untuk membaca doa ketika hendak keluar masjid. Ada dua versi juga yang bisa Anda baca. Berikut doa keluar masjid sesuai sunnah:

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“Allohumma innii as’aluka min fadlika.”

Yang artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon fadilah-Mu.”

Berikutnya ada doa keluar masjid yang lebih lengkap, yaitu:

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

“A’udzu billahil ‘azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim. Bismillahi wal hamdulillah. Allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammadin. Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba fadhlik.”

Yang artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakan lah bagiku segala pintu kemurahan-Mu.” 

7 Adab Ketika di Masjid yang Perlu Ditaati

doa keluar masuk masjid lid

Selain membaca doa, yang tidak kalah penting dilakukan saat melakukan I’tikaf adalah menaati adab selama berada di masjid. Dikutip dari NU Online, adapun adab selama di masjid yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Anda sudah suci dari hadas atau najis, baik najis dari kotoran, perilaku maupun perkataan.
  • Memakai pakaian sopan yang menutup aurat dan tidak mencolok.
  • Gunakan wewangian serta hindari mengonsumsi sesuatu yang beraroma menyengat.
  • Saat masuk masjid dahulukan melangkah dengan kaki kanan dan membaca doa masuk masjid.
  • Niatkan beri’tikaf semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT.
  • Menunaikan dua rakaat tahiyatul masjid.
  • Dahulukan melangkah dengan kaki kiri saat hendak keluar masjid dan membaca doa keluar masjid.

Parents, I’tikaf di bulan Ramadan akan membuat ibadah Anda semakin sempurna. Tapi, jangan lupa membaca doa keluar masuk masjid selama beribadah di sana ya.

Baca juga:

Suara-Pembaruan.com/masjid-terindah-di-dunia

Suara-Pembaruan.com/masjid-karya-ridwan-kamil

Suara-Pembaruan.com/alyssa-soebandono-dukung-suami-beribadah

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *