Hipmi Gelar Rakornas Dorong Percepat Investasi dan Buka Usaha Baru

  • Whatsapp
Hipmi Gelar Rakornas Dorong Percepat Investasi dan Buka Usaha Baru


Suara-Pembaruan.com – Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk Percepatan Investasi guna mendorong percepatan investasi dan kemudahan dalam membuka usaha baru. Rakornas ini menjadi pemicu dalam mendukung adanya percepatan investasi dan berharap bisa memajukan pengusaha lokal atau UMKM.

Bacaan Lainnya

Menggandeng Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), rakornas tersebut akan digelar secara hybrid pada 18-20 Juni 2021 dengan tema “Kemudahan Berusaha dan Peran Hipmi Menggerakkan Ekonomi Bangsa”.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, 16 Juni 2021.

“Kita harapkan rakornas ini menjadi pemicu dalam mendukung adanya percepatan investasi dan berharap bisa memajukan pengusaha lokal atau UMKM. Dengan adanya investor asing yang masuk ke Indonesia, harus berkolaborasi dengan pengusaha lokal atau UMKM dan mampu menyerap tenaga kerja dari lokal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya.

Maming berharap pengurusan izin usaha dan investasi di Indonesia semakin mudah. Dengan demikian, akan semakin banyak pula UMKM yang memiliki legalitas usaha.

Menurut dia, perizinan yang mudah akan menjadi energi baru bagi peningkatan pengusaha yang ada di daerah maupun nasional. Ia tidak ingin hanya pengusaha asing yang mempunyai kekuatan ekonomi di Indonesia karena memiliki seluruh fasilitas dari hulu sampai dengan hilir.

“Kementerian Investasi harus berkolaborasi dengan pengusaha nasional dan pengusaha daerah, sehingga bersinergi dan saling bercengkrama bersama-sama untuk menuju ekonomi Indonesia yang lebih baik lagi. Sinergi kebijakan antara pemerintah daerah hingga pemerintah pusat dinilai juga penting untuk menarik investor,” ucapnya.

Rakornas untuk Percepatan Investasi akan menghadirkan pemangku kepentingan untuk memberikan arahan kepada seluruh pengurus Hipmi se-Nusantara, di antaranya Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia, Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi, Wakil Kapolri Gatot Eddy Pramono serta dihadiri 34 Badan Pengurus Daerah Hipmi se-Indonesia.

“Diharapkan rakornas untuk percepatan investasi ini dapat mendorong perekonomian nasional dan juga para narasumber yang kami undang bisa memberikan roadmap yang jelas kepada kita, bagaimana para pengusaha bisa bersinergi dan berkontribusi untuk pemerintahan. Kita harapkan meski di tengah pandemi, HIPMI bisa terus lahirkan entrepreneur-entrepreneur baru dan berjiwa nasionalis,” kata Ketua Panitia Rakornas untuk Percepatan Investasi Muhammad Ali Affandi. (red/pen)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *