Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20. Pakai Stadion Mana, Ya?


Kabar baik datang untuk Indonesia, FIFA memilih Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Kira-kira stadion mana saja yang sudah disiapkan Indonesia untuk ajang ini?

Piala Dunia U20 sebenarnya direncanakan digelar pada 20 Mei-12 Juni 2021. Namun, situasi pandemi yang masih mengkhawatirkan membuat FIFA menunda perhelatan tersebut.

Ini adalah hal yang membanggakan sekaligus menjadi peristiwa bersejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Bahkan Indonesia telah meluncurkan maskot untuk acara ini pada 18 September 2022. Maskot tersebut dinamai Bacuya, yang merupakan akronim dari Badak Cula Cahaya.

Mengingat kegiatan sepak bola dunia ini akan diselenggarakan sebentar lagi, persiapan sudah dilakukan, utamanya lapangan. Berikut adalah lapangan yang dipersiapkan untuk kegiatan ini.

 

Stadion untuk Piala Dunia U20

Sebagai persiapan yang matang, Indonesia sudah mengajukan enam stadion di enam kota untuk menggelar pertandingan dan telah disetujui oleh FIFA.

1. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta

Stadion ini merupakan “kandang” dari Timnas Sepak Bola Indonesia. Sebelumnya, stadion ini bernama Stadion Utama Senayan.

GBK selesai dibangun pada tahun 1962 atas arahan Presiden Soekarno. Beberapa laga penting juga tercatat pernah terlaksana di stadion ini.

Baca Juga: 5 Klub Sepak Bola Terkaya di Liga 1 Indonesia Musim 2021/2022

 

2. Stadion I Wayan Dipta Bali

Stadion yang terletak di Gianyar, Bali ini merupakan markas dari klub bola Bali United. Seiring berkembangnya sepak bola Indonesia, stadion ini telah disulap menjadi bertaraf internasional.

Nama stadion ini diambil dari nama pahlawan asal Gianyar. I Wayan Dipta merupakan Komandan Pemuda Republik Indonesia Kabupaten Gianyar.

 

3. Stadion Manahan Solo

Selain sebai lapangan bola, Stadion Manahan Solo sering digunakan sebagai tempat konser. Stadion ini dibangun pada tahun 1989 atas arahan Presiden Soeharto.

Satu hal yang menarik, Timnas Indonesia tidak pernah kalah, bahkan hampir selalu menang, ketika bermain di Stadion Manahan.

 

4. Stadion Si Jalak Harupat Bandung

Stadion ini menjadi kebanggaan warga Bandung karena terletak di Kabupaten Bandung. Namanya mengambil dari nama pahlawan nasional.

Sebagai persiapan untuk Piala Dunia U20, Stadion Si Jalak Harupat akan ditutup selama 5 bulan oleh Pemkab Bandung.

 

5. Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya menjadi stadion berikutnya yang terpilih untuk Piala Dunia U20. Stadion ini baru diresmikan oleh Wali Kota Surabaya pada tahun 2010.

Fasilitas stadion berupa rumput jenis Zoysia Matrella yang sesuai standar FIFA membuat stadion ini bertaraf internasional.

 

6. Stadion Gelora Sriwijaya Palembang

Stadion ini menjadi stadion multifungsi terbesar ketiga di Indonesia. Dibangun pada tahun 2001, stadion ini sudah bertaraf internasional.

Kegiatan internasional sudah beberapa kali diselenggarakan di stadion ini, seperti Piala Asia 2007 dan SEA Games 2011.

Kalau berkesempatan, kamu mau menonton Piala Dunia U20 di mana Be-emers?

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Piala Dunia Qatar 2022 yang Harus Kalian Ketahui

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *