Indonesia Terima Tambahan 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna

  • Whatsapp


Indonesia telah menerima kiriman 1,5 juta dosis tambahan vaksin Moderna dari Amerika untuk memerangi COVID-19. Kiriman yang tiba hari Minggu (5 Desember 2021) itu merupakan kiriman vaksin yang ke tiga kalinya dari pemerintah AS kepada Indonesia, melalui kemitraaan COVAX, pemerintah Indonesia dan UNICEF.

Bacaan Lainnya

Menlu Retno Marsudi menurut situs Kementerian Luar Negeri RI dalam pernyataannya melalui video pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, menyampaikan penghargaan dan terima kasih pemerintah Indonesia kepada pemerintah Amerika atas kiriman terbaru ini. Ia mengatakan dengan kiriman yang tiba pada Minggu tersebut, Indonesia telah menerima delapan juta lebih vaksin dari Amerika.

Menlu Retno Marsudi juga mengatakan Indonesia menerima sumbangan vaksin dari Moderna berkat kerja sama dan pembahasan intensif dengan Menlu AS Anthony Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional Jack Sulivan.

Sebagai donor terbesar program COVAX yang membantu negara-negara berpendapatan miskin dan menengah memperoleh vaksin COVID, Amerika telah membantu arus sumbangan 44,7 juta vaksin kepada Indonesia, namun secara bilateral Amerika telah menyumbang sebanyak hampir 19 juta vaksin, demikian menurut kedutaan besar AS di Indonesia dalam situsnya resminya.

Pemerintah AS melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) juga bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan mitra lainnya untuk memperkuat program vaksinasi di Indonesia dengan mendukung lokasi vaksinasi tambahan, melatih petugas kesehatan untuk memberikan vaksin, melawan kesalahan informasi vaksin, dan banyak lagi.

Hingga saat ini, lebih dari 3.400 vaksinator yang didukung USAID di 768 lokasi vaksin bergerak dan sementara, telah memvaksinasi lebih dari 1,1 juta orang Indonesia terhadap COVID-19. [myjm]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *