Ini 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Pasangan Muda



Enggak ada yang salah kok nikah muda. Eitstapi ternyata ada sejumlah hal penting nih yang harus kamu dan pasangan pertimbangkan ketika menjadi pasangan muda, Be-emers.

Ngomong-ngomongpernah nonton sitkom Tetangga Saatnya yang menceritakan dua pasangan beda umur pernikahan?

Sitkom tersebut menceritakan tentang pasangan Mas Adi-Mbak Angel yang telah menikah lebih dari 10 tahu. Sedangkan pasangan Bastian-Bintang, baru menikah 3 bulan.

Salah satu scene sitkom Tetangga Masa Gitu – Image: Youtube Netmediatama

Ternyata Bastian dan Bintang punya pola pikir yang beda jauh banget sama tetangganya yaitu Mas Adi dan Mbak Angel. Salah satunya, soal mengatur finansial.

Mbak Angel memang kesannya pelit banget karena sering irit dan punya perhitungan yang matang buat pengeluaran rumah tangganya. Sedangkan Bastian-Bintang malah lebih sering melakukan kegiatan yang romantis, beli barang-barang yang konsumtif, dan kelihatan lebih royal.

Baca juga: 3 Tips Patungan Dana Pernikahan Bareng Pasangan

 

Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan oleh Pasangan Muda

Sadar enggak sih? Ternyata, yang dilakukan sama Bastian-Bintang itu mencerminkan kalau pasangan muda terkesan lebih boros dan kurang prepare banget sama urusan finansial masa depan.

Kalau kata Perencana Keuangan Prita Ghozie, dilansir dari Harian Bisnis Indonesia, sebenarnya ada tiga hal utama yang harus diperhatikan oleh kedua pasangan muda tersebut. Apa aja sih?

 

1. Tempat Tinggal

Masuk ke kebutuhan primer, tempat tinggal juga jadi aset yang pencapaiannya mungkin butuh waktu untuk bisa memilikinya. Walaupun banyak alternatif tempat tinggal kayak rumah sewa atau bahkan rumah orang tua, tapi punya rumah sendiri buat pasangan muda itu penting lho.

Rumah Salah Satu Hal Penting bagi Pasangan Muda Ilustrasi Suara-Pembaruan.com - Image: Canva

Rumah Salah Satu Hal Penting bagi Pasangan Muda Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Nah, kamu bisa mulai memikirkan untuk memiliki hunian idaman dengan cara berhemat di berbagai pos pengeluaran. Kalau kamu sudah biasa berhemat dan pemasukan kamu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan, kamu pasti juga bisa kok buat mulai mencicil KPR nih.

Baca juga: Harga Properti Naik Terus, Ini Tips Beli Rumah dengan KPR

 

2. Dana Pendidikan

Meskipun pasti masih sibuk dengan perbucinate (perbudakan cinta, kalau kata anak jaman sekarang), jangan pernah lupa juga sama yang namanya persiapan dana pendidikan ya. Ingat, tiap tahun, dana pendidikan itu makin mahal.

Dana Pendidikan Salah Satu Hal Penting bagi Pasangan Muda Ilustrasi Suara-Pembaruan.com - Image: Canva

Dana Pendidikan Salah Satu Hal Penting bagi Pasangan Muda Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Kalau kamu punya waktu panjang, kamu bisa coba menabung lewat investasi saham. Namun, kalau jangka waktu kamu pendek, bisa nih coba investasi di reksa dana atau deposito.

Hmm.. atau kamu bisa juga kok untung coba menabung dengan produk tabungan berjangka yang disediakan oleh bank.

 

3. Waktu Berkualitas

Kalau kedua poin di atas sudah terpenuhi, hati rasanya pasti plong banget deh! Sekarang saatnya jalan-jalan atau sekadar pergi nonton ke bioskop.

Quality Time Salah Satu Hal Penting bagi Pasangan Muda Ilustrasi Suara-Pembaruan.com - Image: Canva

Quality Time Salah Satu Hal Penting bagi Pasangan Muda Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Soalnya nih, kamu dan pasangan juga perlu lho untuk memiliki waktu yang berkualitasbaik berdua maupun sendiri. Meski begitu, kamu dan pasangan juga perlu untuk menyiapkan anggaran dengan mementingkan kebutuhan terlebih dahulu.

Nah, kalau semisal kita sudah berhasil menentukan skala prioritas, maka kita bakal masuk ke fase idaman semua orang: kebebasan finansial! Semoga kamu bisa mencapainya ya! Semangat!

Mau cerita atau artikel kamu dipublikasi di Suara-Pembaruan.com?

Yuk, tulis aja pengalaman kamu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.