Ini 5 Ragam Es Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba!



Melihat tren saat ini, banyak sekali masyarakat Indonesia yang sedang ramai mendatangi gerai es krim untuk sekedar menikmati lembutnya es krim yang sedang viral di media sosial.

Memang jika dibandingkan tren es krim ini masih kalah saing dengan tren kopi apalagi di kalangan remaja.

Tapi, sejak awal tahun 2021 sebuah gerai es krim yang berasal dari China masuk ke Indonesia dan kini ramai di datangi dan diperbincangkan masyarakat dari semua kalangan.

Hal tersebut dikarenakan harganya yang murah dan rasanya yang lezat membuat banyak pengunjung datang membeli.

Tapi, tahu enggak sih? Indonesia punya beragam jenis es yang enggak kalah lezat dan tentu harganya lebih murah dibandingkan dengan es milik negara lain.

Es Khas Indonesia yang Lezat

Nah, ini dia beberapa jenis es yang gak kalah lezatnya!

1. Es Goyang

Foto: Instagram @jajaninajadulu via doyanresep.com

Siapa sih yang belum cobain es satu ini? Pembuatannya unik, rasanya beragam dan tentunya Indonesia banget deh.

Es goyang ini merupakan es asal Indonesia yang memiliki keunikan dalam pembuatannya. Cara membuat es goyang ini sama seperti namanya, yakni dengan menggoyang-goyangkan gerobak yang telah diisi es batu dan garam yang menjadi bahan agar es cepat mengeras.

Es goyang juga memiliki rasa yang bervariasi seperti rasa cokelat, kacang hijau, ketan hitam, bahkan rasa soda gembira pun bisa dibuat, lho!

Biasanya, beberapa penjual es goyang ini juga menyediakan cairan cokelat ataupun potongan kacang sebagai pelengkap.

2. Es Gabus

Es Gabus Pelangi (Instagram @konicasumitro)

Es Gabus Pelangi (Instagram @konicasumitro)

Kalau es yang satu ini, pasti generasi 70 hingga 90an enggak asing ya. Es gabus ini adalah jenis es yang terbuat dari tepung hunkue. Adonan tepung yang sudah dimasak matang dibekukan hinggal menjadi es.

Setelah menjadi es, biasanya es gabus di potong-potong dan diberi lapisan plastik untuk pengemasannya. Cara mengkonsumsi es gabus ini dapat dilakukan dengan digigit karena memiliki tekstur yang empuk. Biasanya yang menjadi daya tarik es gabus ini adalah bentuknya yang persegi dan berwarna-warni.

3. Es Potong

sc: Es Lilin Kita Kita - Dusun Bambu

Sc: Es Lilin Kita Kita – Dusun Bambu

Jenis es yang satu ini biasanya memiliki ukuran yang cukup panjang, sehingga setiap ada yang ingin membeli biasanya penjual akan memotong bagian es tersebut lalu ditusuk mengguakan lidi atau stik es.

Untuk rasanya dapat dibilang mirip dengan es goyang, hanya saja cara pembuatannya yang membedakan.

4. Ini kotoran-kotoran

Sc: Facebook - Jelajah Solo

Sc: Facebook – Jelajah Solo

Es dung-dung juga biasa dikenal dengan es tung-tung, es nong-nong, atau es puter. Nama tersebut diambil dari suara gong yang dipukul oleh penjual yang menandakan bahwa ia datang.

Es dung-dung biasanya disajikan dengan tiga cara, kerucut tipis yang bisa dimakan, disajikan dengan roti, ataupun dengan gelas plastic.

Rasa es dung-dung ini juga variatif. Mulai dari rasa buah-buahan, sampai rasa kacang hijau dan kelapa muda bisa jadi pilihan untuk menikmati es dung-dung ini.

5. Es Kul-Kul

Sc: Instagram @dapurmee_byeni

Sc: Instagram @dapurmee_byeni

Jenis es yang satu ini berbahan dasar buah-buahan. Yang paling sering dikonsumsi dan diminati masyarakat Indonesia salah satunya adalah buah pisang atau nanas.

Akan tetapi tidak hanya itu, ada juga berbagai pilihan buah lainnya seperti pepaya, melon, sampai stroberi.

Cara menyajikannya dengan menyelupkan buah-buahan yang sudah ditusuk menggunakan lidi ataupun stik es krim yang sudah di bekukan kedalam cairan cokelat kemudian ditaburi cokelat meses ataupun potongan kacang.

Sampai saat ini, sudah jarang orang menjual beragam macam es yang sudah dijelaskan di atas. Akan tetapi tidak ada salahnya kan untuk mencicipi dan mencoba membuatnya sendiri.

Selain harganya yang relatif murah, cara membuatnya mudah dan rasanya nikmat!

Nah, itulah 5 jenis es khas Indonesia yang tidak kalah hit dan lezat yang bisa kamu coba. Sampai jumpa di tulisan berikutnya, ya!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *