Inklusi Keuangan dan Literasi Digital jadi Fokus BGTC 2022


Bisnis Indonesia kembali menyelenggarakan Bisnis Indonesia Goes to Campus. Berlokasi di Pekanbaru, BGTC kali ini membawa misi mendorong inklusi keuangan dan literasi digital generasi muda.

Diselenggarakan di Universitas Islam Riau (UIR) BGTC 2022 ingin lebih mendekatkan mahasiswa Indonesia dengan literasi keuangan yang berbagai macam.

 

Latar Belakang BGTC Pekanbaru 2022

Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia, Rahayuningsih, menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang dalam lompatan informasi digital yang masif dan aktivitas perekonomian digital saat ini banyak melibatkan sektor keuangan.

Maka dari itu terjadi kondisi literasi digital yang masih rendah. Itulah yang melatarbelakangi Bisnis Indonesia mengadakan BGTC dengan tema ini, mendorong meningkatnya inklusi dan literasi keuangan digital bagi generasi muda.

Rahayuningsih menambahkan meski angka inklusi keuangan nasional menurut data OJK 2019 lalu sudah sebesar 83,6 persen, angka ini masih perlu ditingkatkan agar mencapai target 90 persen di 2024 mendatang.

 

Gerakan Literasi Keuangan

Saat ini produk-produk keuangan terus mengalami inovasi banyak produk keuangan bermunculan. Namun sayangnya tidak banyak yang memahami betul dari tiap produk ini.

Sehingga muncul gerakan meningkatkan literasi keuangan, termasuk produk-produk keuangan di dalamnya.

Dari gerakan ini diharapkan masyarakat tidak hanya bisa mengakses layanan tetapi juga bisa memahami fungsi dan risiko dari produk dan layanan tersebut.

Naiknya tren layanan keuangan digital selaras dengan perkembangan media sosial di era digital. Sering sekali terjadi disinformasi dan disrupsi sehingga perlu peran media untuk memberi informasi yang sebenar-benarnya.

Rahayuningsih mengatakan bahwa upaya tersebut yang dikemas dalam BGTC 2022 di Pekanbaru dan dibagi kedalam beberapa kelas.

Harapannya, Bisnis Indonesia bisa membantu meningkatkan pemahaman generasi muda kedepannya tentang keuangan, literasi digital, dan jurnalistik.

Baca Juga: Pandemi Menyadarkan Kita Akan Pentingnya Literasi Keuangan

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.