Inspiratif! Dian Sastro Relakan Uang Tabungannya untuk Beasiswa Anak Kurang Mampu

  • Whatsapp
Inspiratif! Dian Sastro Relakan Uang Tabungannya untuk Beasiswa Anak Kurang Mampu
banner 468x60


Model, sutradara, aktris juga istri dan seorang ibu. Namun ternyata semua peran itu belum cukup untuk membuat seorang Dian Sastro merasa puas, ia masih ingin mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia untuk mengenyam pendidikan tinggi. Karena itulah ia membuat Yayasan Dian dan memberikan beasiswa Dian Sastro kepada anak-anak cerdas untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Bacaan Lainnya
banner 300250

Artikel terkait: Jadi ibu sekaligus wanita karier, Dian Sastro: “Bisa balance itu adalah mitos”

Tentang Beasiswa Dian Sastro, Menyasar Anak Perempuan Cerdas Kurang Mampu

Dimulai sejak Tahun 2009 

Beasiswa Dian Sastro adalah program pribadi dari seorang Dian Sastrowardoyo, untuk mengambil 2-3 anak setiap tahunnya dan dibiayai untuk kuliah di kampus pilihan. 

Pemain film “Ada Apa Dengan Cinta” ini, mendirikan Yayasan Dian di tahun 2009 lalu, yang memiliki visi untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan, pemberdayaan perempuan dan pelestarian budaya. Tak heran kebanyakan anak asuh yang dibiayai kuliah dengan beasiswa adalah anak perempuan cerdas yang memiliki semangat, tetapi kurang mampu dari segi finansial.

Proses Seleksi yang Ketat 

Inspiratif! Dian Sastro Relakan Uang Tabungannya untuk Beasiswa Anak Kurang Mampu

Dian Sastro terjun langsung dalam proses perekrutan kandidat calon penerima beasiswa darinya. Ia pun sering kali terenyuh mendengar kisah-kisah para kandidat. 

“Ada yang orangtuanya jualan nasi kucing, atau kuli pemecah batu. Mereka semua punya semangat tinggi untuk bisa kuliah agar bisa bekerja di tempat yang lebih baik, supaya orangtua mereka tak perlu lagi bekerja,” papar Dian dalam sebuah acara talkshow bersama Dewi Sandra. 

Artikel terkait: Anaknya didiagnosis autis saat 6 bulan, ini cara Dian Sastro mendeteksinya

Berawal dari Keinginan Dian Kecil untuk Kuliah di Luar Negeri

Inspiratif! Dian Sastro Relakan Uang Tabungannya untuk Beasiswa Anak Kurang Mampu

Dalam vlog di YouTube Wardah, Dian bercerita mengenai masa kecilnya yang sering diremehkan orang karena ibunya seorang single parent, dan ayah Dian meninggal ketika dirinya masih SMP. Dian kecil pun bertekad untuk bisa membuktikan dirinya. Ia bekerja keras sebagai model dan aktris untuk mengumpulkan uang agar bisa kuliah di luar negeri seperti orang-orang yang meremehkannya di masa lalu. 

Akan tetapi, karena berbagai kesibukannya, impian kuliah di luar negeri itu tak kunjung terwujud. Meski uangnya telah terkumpul, tetapi Dian Sastro terhalang oleh kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu, juga berbagai pekerjaan di Indonesia yang menahannya untuk pergi melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Dana Beasiswa dari Tabungan Pribadi Dian Sastro

beasiswa dian sastro lid imej

Pada akhirnya, Dian sadar bahwa mungkin ia tak ditakdirkan untuk kuliah di luar negeri seperti impiannya saat kecil dulu. Namun ia tahu bahwa ada banyak dian-dian kecil lain yang punya impian kuliah di dalam negeri, untuk mengangkat derajat keluarganya. Atau demi alasan sederhana agar bisa kerja di tempat yang bagus, supaya orangtua mereka tak perlu lagi bersusah payah bekerja setiap hari untuk membiayai hidup. 

Oleh sebab itulah, akhirnya Dian Sastro merelakan uang tabungannya untuk dijadikan beasiswa bagi anak-anak tersebut. 

Artikel terkait: Pesan Dian Satro untuk orangtua dengan anak autis: “Nggak usah malu!”

Mewujudkan Impian Anak Negeri untuk Menggantikan Impiannya yang Tak Terwujud

beasiswa dian sastro lid imej

Dan kini, Dian Sastro merasa telah memenuhi tujuan hidupnya selama ini. Mungkin impiannya kuliah di luar negeri tak dapat terwujud, tetapi sebagai gantinya, ia mewujudkan mimpi banyak anak negeri lainnya. 

Hingga Tahun 2021, Beasiswa Dian Sastro Telah Mewujudkan Mimpi 17 Anak Perempuan yang Beruntung 

Inspiratif! Dian Sastro Relakan Uang Tabungannya untuk Beasiswa Anak Kurang Mampu

Pada Agustus 2020 lalu, 4 orang anak asuh yang mendapat beasiswa dari Dian Sastrowardoyo sudah lulus kuliah, mereka berhasil menjadi pengacara hingga dokter. Tentunya hal ini membuat Dian sangat bangga.

Dian Aktif Berinteraksi dengan Anak Asuhnya

Inspiratif! Dian Sastro Relakan Uang Tabungannya untuk Beasiswa Anak Kurang Mampu

Tak ingin menjadi pemberi beasiswa pasif, Dian Sastro juga beberapa kali terlibat langsung berinteraksi dengan para anak asuhnya. Semangat mereka membuat Dian terus yakin untuk melanjutkan program ini. 

Semoga Beasiswa Dian Sastro Bisa Menginspirasi Banyak Orang untuk Berkontribusi di Bidang Pendidikan

Inspiratif! Dian Sastro Relakan Uang Tabungannya untuk Beasiswa Anak Kurang Mampu

Apa yang istri Indraguna Sutowo ini lakukan memang sangat menginspiratif, ya, Parents. Dia mengeluarkan uang tabungannya sendiri untuk mewujudkan mimpi anak-anak negeri. 

Semoga beasiswa Dian Sastro bisa menginspirasi tokoh figur publik lainnya untuk melakukan hal serupa. Sebab, masih banyak anak-anak di luar sana yang memiliki kecerdasan luar biasa, tetapi hanya berakhir menjadi pekerja kasar karena tak punya kesempatan meraih pendidikan tinggi. 

Baca juga: 

Sekolah Yuni Shara, Terakreditasi A dengan SPP hanya Rp 3.500 saja!

Tunjukkan Toleransi, Sarwendah Buka Sekolah Gratis bagi Hafidz Al-Quran

Peduli pendidikan, 7 artis ini mendirikan sekolah gratis untuk anak kurang mampu

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *