Headline

Investasi Korean Water Resources di Indonesia: Mendukung Infrastruktur Strategis Nasional

465
×

Investasi Korean Water Resources di Indonesia: Mendukung Infrastruktur Strategis Nasional

Sebarkan artikel ini
Investasi Korean Water Resources di Indonesia: Mendukung Infrastruktur Strategis Nasional

Suara-Pembaruan.com — Investasi Korean Water Resources di Indonesia: Mendukung Infrastruktur Strategis Nasional

Korean Water Resources Corporation (K Water) menegaskan komitmennya dalam mendukung pembangunan infrastruktur air di Indonesia melalui kunjungan strategis ke Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, pada tanggal 18 Juni 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi investasi dalam proyek strategis nasional (PSN) yang menitikberatkan pada pengembangan kapasitas infrastruktur air di wilayah tersebut.

Pelabuhan Patimban, yang direncanakan akan menjadi pusat logistik penting dengan kapasitas hingga 7 juta TEUs kontainer, menjadi fokus utama bagi upaya pengembangan infrastruktur di Indonesia. K Water melalui perwakilannya, Park Se Won, bersama dengan Yeyoon Kim dari Dong-A Ilbo, turut mengamati potensi investasi di sektor ini.

Kunjungan ke Perumda Air Minum Tirta Rangga Subang di Pelabuhan Patimban menyoroti komitmen K Water dalam memenuhi kebutuhan air bersih di area tersebut. Direktur Teknik Perumda Tirta Rangga, Nana Ruhana, mengindikasikan progres signifikan dalam pembangunan sistem penyediaan air bersih, dengan pembangunan reservoir berkapasitas 900 meter kubik sebagai langkah awal.

Langkah-langkah konkret seperti ini menjadi bagian dari upaya lebih luas untuk mendukung infrastruktur nasional Indonesia.

Pada tanggal 20 Juni 2024, acara West Java Investment Roadshow di Jakarta menjadi platform penting bagi K Water untuk mempromosikan potensi investasi di Jawa Barat, khususnya di Pelabuhan Patimban, sejalan dengan inisiatif pemerintah daerah untuk menarik investasi asing guna mendukung pembangunan ekonomi regional.

Pemerintah Indonesia, dengan inisiatif seperti PSN di Pelabuhan Patimban dan pengembangan infrastruktur pariwisata di Danau Toba, menunjukkan komitmen yang kuat untuk meningkatkan daya tarik investasi asing dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Harapan mereka adalah bahwa investasi dari Korean Water Resources dan kerja sama internasional lainnya akan membawa transformasi positif yang berkelanjutan bagi Indonesia.

Selain Jawa Barat, K Water juga mengeksplorasi potensi investasi di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Dalam pertemuan strategis yang diadakan pada tanggal 20 Juni 2024 di Jakarta Selatan, BUMN Korea ini menyoroti pentingnya pengembangan energi bersih di Kawasan Danau Toba, yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Hal ini sejalan dengan visi BPODT untuk mengoptimalkan potensi pariwisata melalui pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan.

Bae Hyun Jin (CRRO Asia dari K Water bertemu Direktur Otorita Kawasan Danau Toba Jimmy Panjaitan. Hadir pula Ismeth Wibowo dari PT Aksara Investama Nusantara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *