Jangan Gorengan Melulu, Coba 12 Menu Sehat Ini untuk Hidangan Buka Puasa

  • Whatsapp
Jangan Gorengan Melulu, Coba 12 Menu Sehat Ini untuk Hidangan Buka Puasa


Sadar tak sadar, kita kerap mengonsumsi makanan tinggi kalori maupun tinggi lemak saat buka puasa. Kalau terus dibiasakan, lama-kelamaan kesehatan tubuh yang dipertaruhkan, lho. Oleh karena itu, yuk, mulai coba sajikan menu buka puasa sehat untuk keluarga.

Bacaan Lainnya

Apa kira-kira yang terbayang di benak Parents tentang menu makanan sehat? Biasanya, nih, yang orang bayangkan adalah makanan dengan bahan baku yang sulit didapat, mahal, repot pula bikinnya. 

Padahal sebenarnya, menyajikan makanan sehat untuk keluarga tak semerepotkan itu, kok. Parents di rumah bisa membuat makanan dan minuman dari bahan yang mudah didapat serta ramah di kantong. Kuncinya, pahami konsep makanan sehat bergizi seimbang.

Secara sederhana, makanan sehat harus mengandung berbagai zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh. Ada karbohidrat dari makanan pokok seperti nasi dan umbi-umbian, protein dari lauk-pauk hewani maupun nabati, serta vitamin dan mineral dari buah dan sayuran.

Sedangkan dari sisi cara pengolahan, sebisa mungkin batasi penggunaan minyak dan lemak berlebih dalam masakan, seperti contohnya masakan yang digoreng dengan metode deep frying.

Lantas, apa saja, nih, contoh menu sehat untuk buka puasa? Berikut ulasannya.

12 Ide Menu Buka Puasa Sehat, Takjil Hingga Makanan Berat

Inilah sejumlah pilihan menu sehat buka puasa, dimulai dengan takjil hingga makanan berat.

1. Smoothies

Gambar: Canva

Terbuat dari buah-buahan segar, smoothies sangat cocok dihidangkan sebagai takjil. Biasanya, menu sehat yang satu ini dibuat dengan tambahan susu maupun yoghurt. Semua bahan kemudian diblender hingga lembut dan disajikan dengan aneka topping berupa buah dan biji-bijian.

2. Puding Susu Buah

Jangan Gorengan Melulu, Coba 12 Menu Sehat Ini untuk Hidangan Buka Puasa

Gambar: Instagram/@iren_natty

Perpaduan puding susu yang lembut dan buah-buahan segar juga bisa menjadi pilihan takjil, tak cuma lezat tetapi juga sehat. Contohnya seperti puding susu mangga jeruk ini. Menggugah selera, bukan?

3. Es Timun Serut

Jangan Gorengan Melulu, Coba 12 Menu Sehat Ini untuk Hidangan Buka Puasa

Gambar: Instagram/@dapur.uri

Timun dan melon, buah-buahan kaya kandungan air ini menawarkan kesegaran serta mencegah dehidrasi. Sedangkan biji selasih menghindarkan dari panas dalam. Nah, semua kebaikan itu bisa Parents dapatkan dalam segelas es timun serut. Mantap, kan?

Artikel terkait: Daftar makanan yang sehat & tidak sehat untuk berbuka puasa!

4. Watermelon Lemonade

Jangan Gorengan Melulu, Coba 12 Menu Sehat Ini untuk Hidangan Buka Puasa

Gambar: Instagram/@jenscookingdiary

Buah semangka dan lemon atau jeruk nipis juga ternyata dapat disulap menjadi menu takjil yang sehat. Meski minuman ini terkesan sangat sederhana, namun manfaatnya untuk kesehatan tubuh pun melimpah.

5. Pepes Ikan, Menu Lauk Buka Puasa yang Sehat

menu buka puasa sehat

Gambar: Instagram/@susie.agung

Selanjutnya, beralih ke makanan berat untuk buka puasa. Salah satu menu sehat yang layak dicoba adalah pepes ikan. Bahan bakunya tergolong murah dan mudah didapat. Masakan tradisional satu ini dijamin bakal bikin momen santapan bersama keluarga semakin terasa istimewa.

6. Sup Ikan, Menu Sehat untuk Buka Puasa

menu buka puasa sehat

Gambar: Instagram/@alisa.ummuzia

Sebagai sumber protein yang dilengkapi dengan kebaikan asam lemak omega 3, menu ikan wajib jadi andalan untuk keluarga. Selain dimasak sebagai pepes, sup ikan juga bisa jadi pilihan. Kelezatan daging ikan dipadu dengan kuah sup yang segar, juara deh!

7. Ikan Bakar Dabu-dabu

menu buka puasa sehat

Gambar: Instagram/@bumbumfamilyjournal

Olahan ikan ala daerah timur Indonesia ini juga pas disajikan sebagai menu sehat saat buka puasa. Sambal dabu-dabu sendiri merupakan sambal khas Manado yang terbuat dari bahan-bahas segar seperti tomat, cabe rawit, dan bawang merah.

8. Ayam Bakar, Sehat dan Lezat untuk Buka Puasa

menu buka puasa sehat

Gambar: Canva

Alih-alih menyajikan ayam goreng setiap hari, coba sesekali nikmati kelezatan olahan ayam bakar. Selain minim penggunaan minyak, rasanya juga enggak kalah lezat, lho.

Ada banyak racikan bumbu ayam bakar khas Nusantara yang bisa dicoba. Mulai dari ayam bakar madu, ayam bakar kecap, hingga versi berempah.

Artikel terkait: 5 Rekomendasi menu sahur pertama yang lezat, sehat, dan mudah dibuat

9. Tumis Ayam Brokoli, Menu Sehat untuk Buka Puasa

menu buka puasa sehat

Gambar: Instagram/@laras_yk

Olahan ayam yang satu ini juga cocok untuk Anda dan keluarga. Proses memasaknya tak butuh banyak waktu, dan yang pasti sehat. Bahan yang dibutuhkan antara lain daging ayam fillet, bawang putih, bawang bombay, brokoli, dan saus tiram.

10. Capcay, Menu Sehat Lengkap untuk Berbuka Puasa

menu buka puasa sehat

Gambar: Instagram/@chun_efri

Hidangan berbasis sayuran ini sangat pas dihidangkan saat buka puasa. Dilengkapi berbagai protein seperti ayam, udang, hingga cumi membuat capcay tak cuma lezat, tetapi juga sehat dan bergizi.

11. Sapo Tahu

Jangan Gorengan Melulu, Coba 12 Menu Sehat Ini untuk Hidangan Buka Puasa

Gambar: Instagram/@byviszaj

Sapo tahu merupakan kuliner khas Tiongkok yang biasa disajikan bagi mereka yang vegetarian. Isinya berupa tofu atau tahu telur, jamur, dan sayur-sayuran beraneka warna. 

12. Steak Tempe, Menu Buka Puasa Sehat Low Budget!

menu buka puasa sehat

Gambar: Instagram/@byviszaj

Siapa sangka, tempe dapat diolah menjadi steak sehat yang enak. Rasanya tak kalah, lho, dengan steak daging. Agar semakin sempurna, sajikan bersama saus barbeque, kentang rebus, dan sayuran.

****

Parents, itulah tadi beberapa menu sehat buka puasa yang layak Anda coba bersama keluarga. Setuju, kan, membuat hidangan sehat ternyata tak harus mahal.

Baca juga:

6 Resep Sayur Urap untuk Menu Berbuka Puasa, Coba, Yuk!

Menyusun Menu Sehat Keluarga

Yuk, Beralih! 8 Makanan Pengganti Nasi Ini Jauh Lebih Sehat

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *