Jelajah Wisata Kuliner Nusantara Khas Joglosemar

  • Whatsapp
Jelajah Wisata Kuliner Nusantara Khas Joglosemar


Sebagai salah satu bagian dari identitas budaya, sajian kuliner di tiap daerah juga memiliki cita rasa yang khas dan unik. Seperti halnya kota-kota besar di pulau Jawa, seperti Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar), serta Surabaya dan Madura (Suramadu) yang juga terkenal dengan deretan sajian penganan ikonik yang tidak boleh dilewatkan. 

Bacaan Lainnya

Perpaduan antara bumbu dan rempah khas Jawa membuat kuliner Joglosemar dan Suramadu memiliki keunikan cita rasa tersendiri. Mengutip ketarangan tertulis yang dibagikan Dapur Solo, berikut kuliner khas Joglosemar yang perlu Anda icip.

Tahu Petis Semarang

Photo: doc.Dapur Solo/Ist

Jajanan khas Semarang ini bukan hanya sekadar tahu goreng, tetapi tahu ini disajikan bersama petis sebagai sausnya. Petis inilah yang menjadi kunci kelezatan dan keunikan penganan ini dari sajian tahu lainnya. 

Petis adalah saus kental berwarna coklat-kehitaman yang umumnya dibuat dengan bahan dasar udang. Bumbu atau saus petis ini bisa dioleskan atau diselipkan di tengah-tengah tahu yang hangat. Biasanya rasa tahu dibuat sedikit hambar sehingga petis memberikan keseimbangan rasa manis, asin, dan gurih yang nikmat. Tahu petis bisa dimakan bersama dengan cabai rawit untuk mendapatkan rasa yang lebih pedas.

Selat Solo

Photo: doc.Dapur Solo/Ist

Selat Solo merupakan perpaduan kuliner khas Belanda dan Jawa, terdiri dari bahan dasar daging sapi yang direbus bersama bahan dan rempah lainnya, seperti pala, bawang putih, kecap inggris, kecap manis, cuka dan merica. Kemudian, daging sapi akan disajikan bersama pelengkap lain, seperti wortel, buncis, kentang, selada, telur, acar dan keripik kentang. 

Tak heran hidangan ini pun menjadi favorit dan diburu oleh para pecinta kuliner sangat karena dalam satu hidangan ini terdapat nutrisi lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, dan juga serat.

Wedang Ronde Jogja

Photo: doc.Dapur Solo/Ist

Camilan berbentuk minuman hangat khas Jogja yang satu ini berisi mochi ala Jawa yang kenyal, terbuat dari tepung ketan yang dibentuk menjadi bola dan diisi dengan tumbukan kacang halus, dan disajikan bersama air jahe yang panas. 

Beberapa komposisi lain seperti gula kelapa sebagai pemberi rasa manis dan kacang sangrai sebagai taburan, turut menambah kenikmatan sajian manis dan hangat ini. Wedang Ronde sangat cocok dikonsumsi di tengah udara dingin atau dikala hujan karena kandungan jahenya yang bisa menghangatkan badan.

Sate Sapi Madura

Photo: doc.Dapur Solo/Ist

Hidangan ini merupakan salah satu makanan terfavorit bagi banyak masyarakat Indonesia. Sate Madura biasanya terbuat dari daging ayam dan disajikan dengan bumbu kacang yang khas.

Bakwan Surabaya

Photo: doc.Dapur Solo/Ist

Bakwan Surabaya merupakan makanan berkuah dengan isian lengkap seperti bakso sapi, otak-otak ikan, tahu bakso, dan siomay udang. 



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *