Jembatani Kesenjangan Talenta Digital, Huawei Investasi $50 Juta dalam 5 Tahun ke Depan

  • Whatsapp


Jakarta, Selular.ID – ASEAN Foundation dan Huawei mengupayakan bersama untuk menjembatani kesenjangan talenta digital di Asia Pacific. Hal itu disampaikan pada sebuah KTT yang mempertemukan para pembuat kebijakan, peneliti, dan pakar industri untuk berbagi solusi dan praktik terbaik dalam membangun ekosistem berkelanjutan yang akan membantu menumbuhkan talenta digital di Asia Pasifik.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan Digital Talent Summit 2021 yang bertujuan mendiskusikan dan memberikan solusi untuk kebutuhan tenaga kerja usia muda yang handal digital sangatlah relevan, terutama pada masa pandemik yang memaksa kita untuk bergantung pada perangkat digital,” ungkap Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN Robert Matheus Michael Tene.

Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia H.E. Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko dalam sambutannya mengatakan,” Inisiatif hari ini sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia yang saat ini menyiapkan 600.000 talenta digital setiap tahun untuk memimpin bangsa dalam melakukan lompatan digital. KTT ini merupakan contoh praktik yang baik tentang bagaimana kolaborasi lintas negara, lintas pemerintah juga melibatkan industri berskala global, seperti Huawei, yang sangat dibutuhkan untuk mempersempit kesenjangan digital dan memenuhi kebutuhan industri 4.0 yang cerdas.”

“Inovasi dan pengembangan bergantung pada ekosistem talenta. Huawei siap bekerja sama dengan para mitranya untuk membangun ekosistem pengembangan bakat yang kondusif bagi inovasi,” kata Wakil Presiden Senior dan Anggota Dewan Huawei Catherine Chen dalam sambutan pembukaannya.

“Menumbuhkan ekosistem talenta TIK yang inovatif merupakan hal mendasar bagi transformasi digital. Memanfaatkan inovasi bersama dengan hasil yang saling menguntungkan, kita dapat memanfaatkan kekuatan keterampilan TIK untuk membawa kita jauh menatap masa depan digital. Bersama dengan mitra kami, Huawei akan menginvestasikan $50 juta dalam 5 tahun ke depan untuk mengembangkan 500.000 talenta digital di kawasan Asia Pasifik,” kata Presiden Huawei Asia Pasifik Jeffery Liu dalam pidato utamanya.

Perjanjian ASEAN Foundation bersama Huawei ini menyoroti kesiapan kedua entitas untuk menerapkan ASEAN Seeds for the Future, inisiatif unggulan CSR global Huawei yang telah menyediakan pelatihan keterampilan digital kelas dunia bagi kaum muda di seluruh dunia sejak 2008. Melalui kolaborasi ini, keduanya berupaya membangun kapasitas talenta digital kaum muda di sepuluh negara anggota ASEAN agar mereka dapat berkembang di era ekonomi digital saat ini.

“Kami yakin bahwa program ini akan memiliki peran yang signifikan dalam menjembatani kesenjangan SDM digital di kawasan dengan membekali generasi muda di ASEAN dengan kecakapan-kecakapan penting yang dibutuhkan di era ekonomi digital saat ini. Kemitraan bersama Huawei ini menjadi tonggak penting bagi ASEAN dalam menarik mitra-mitra untuk bergandengan tangan bersama serta berkontribusi dalam pengembangan kualitas generasi mudah di ASEAN,” ucap Direktur Eksekutif ASEAN Foundation Dr. Yang Mee Eng.

Program ASEAN Seeds for the Future diharapkan akan berkontribusi dalam mewujudkan visi ASEAN Digital Masterplan 2025, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas generasi muda di kawasan untuk turut ambil bagian dalam meningkatkan perekonomian digital dan menciptakan masyarakat ASEAN yang inklusif secara digital. ASEAN Seeds for the Future rencananya akan diluncurkan secara resmi pada awal tahun 2022 nanti, dengan mengundang perwakilan remaja dari kawasan ASEAN berusia antara 15 – 30 dalam mengasah kapasitas kepemimpinan dan kecakapan digital mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *