Lifestyle

Jin BTS Wamil, Selain Korea Selatan Negara Ini Juga Wajib Militer!

204
×

Jin BTS Wamil, Selain Korea Selatan Negara Ini Juga Wajib Militer!

Sebarkan artikel ini

Korea Selatan memang terkenal dengan wajib militer. Namun, ada negara lain yang juga mewajibkan warga negaranya wamil. Negara mana saja?

Sudah tidak mengherankan membaca berita bahwa artis k-pop atau aktor Korea Selatan harus vakum dari dunia hiburan karena pergi memenuhi kewajiban negara yaitu wajib militer atau wamil.

Baru-baru ini salah satu anggota boygroup Korea Selatan terkenal, BTS, yang bernama Jin pergi wamil dan menjadi pemberitaan hingga internasional.

Berita artis Korea Selatan yang harus wamil sering membuat penggemarnya sedih dan berpengaruh pada popularitas bahkan saham perusahaan.

Tapi ternyata tidak hanya Korea Selatan yang mewajibkan warga negaranya untuk mengikuti wamil. Ada juga negara-negara lain yang ikut mewajibkan wamil.

Negara yang Wajib Militer

Tidak hanya di benua Asia, negara-negara di benua lainnya juga memiliki konsep wajib militer.

Baca Juga: #FunFact: Trainee untuk Jadi Idol K-Pop, Sulit Enggak Sih?

1. Singapura

Negara tetangga Indonesia ini ternyata menerapkan wajib militer untuk warga negaranya. Meskipun luas negaranya kecil negara ini masih berusaha dalam hal militer dan pertahanan sehingga mengerahkan warga negaranya untuk wajib militer.

Wajib militer ini dikhususkan untuk warga negara laki-laki usia 18 tahun dan sudah mulai mendaftarkan diri dalam wamil saat usia mereka 16,5 tahun. Biasanya wamil berlangsung antara 22 hingga 24 bulan.

2. Rusia

Negara terluas dan terbesar di benua Eropa ini juga mewajibkan warga negaranya untuk wamil dan ini sudah diterapkan sejak lama. Konsep wamil kurang lebih sudah diperkenalkan sejak Kekaisaran Rusia yang diprakarsai oleh Dmitry Milyutin pada tahun 1874.

Masa wamil Rusia lebih singkat dari Singapura yaitu hanya selama 12 hingga 18 bulan. Warga negara yang wajib mengikuti wamil adalah laki-laki usia 17 hingga 27 tahun.

3.Thailand

Negara Asia lain yang juga menerapkan wamil adalah Thailand. Meskipun negara tersebut tidak berkonflik wajib militer menjadi hal yang harus diikuti oleh warga negara berjenis kelamin laki-laki usia 21 hingga 27 tahun.

Uniknya di Thailand banyak orang yang mengubah jenis kelaminny. Yang seperti ini juga tetap wajib ikut wamil sehingga ketika masa pendaftaran wamil menjadi momen yang lucu melihat orang-orang dengan penampilan cantik berbaris dan dites mengikuti wamil.

4. Denmark

Mungkin banyak yang belum tahu ternyata Denmark juga menerapkan wajib militer bagi warga negaranya meskipun tidak ada konflik berat yang mengancam kedaulautan Denmark.

Warga negara yang Denmak yang wajib ikut wamil adalah yang berusia 18 hingga 50 tahun. Rentang waktu wamil di Denmark cukup beragam, mulai dari 4 bulan hingga 12 bulan.

Baca Juga: Dampak ‘Korean Wave’, Lebih Dari 20 Kata Asal Korea Ditambahkan ke Oxford English Dictionary!

5. Estonia

Republik Estonia adalah negara yang terletak di Eropa Utara. Negara ini juga mewajibkan warga negaranya untuk mengikuti wamil yang dilaksanakan selama 8 hingga 11 bulan.

Tercatat ribuan orang masuk wajib militer setiap tahunnya untuk melayani di semua cabang angkatan pertahanan Estonia kecuali Angkatan Udara (AU).

Mau tulisanmu dimuat juga di Suara-Pembaruan.com? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *