Kamera Andal OPPO Find X3 Pro 5G Mumpuni Buat Penggarapan Film Layar Lebar!

  • Whatsapp


Jakarta, Selular.ID – Meski sudah beberapa bulan yang lalu diluncurkan, namun animo positif dari OPPO Find X3 Pro 5G masih hangat terasa. Seperti yang diketahui, smartphone premium OPPO yang satu ini hadir membawa banyak keunggulan dari segala aspek, termasuk sektor kamera.

Bacaan Lainnya

Jika sebelumnya team Selular telah mengulas soal kecanggihan kamera dari OPPO Find X3 Pro 5G untuk kebutuhan fotografi, kini giliran performa soal kamera video yang bakal menjadi topik utama.

Ya, OPPO Find X3 Pro 5G bisa dibilang sangat mumpuni soal kamera videonya. Hal tersebut berkat tersematnya fitur-fitur canggih seperti 4K Cinematic mode, IMX 766 sensor, AI Scene Enhancement, dan RawPlus Cinematic Mode.

Pada smartphone OPPO Find X3 Pro, terdapat tombol AI dalam mode video yang mampu mendeteksi pemandangan dan kemudian secara otomatis mengelola HDR, mode malam, zoom audio, dan stabilisasi ultra-stabil, membuat pengguna dapat fokus menangkap konten.

Bila ditanya apakah kamera OPPO Find X3 Pro 5G bisa dimanfaatkan untuk keperluan konten vlogging dan sejenisnya, jawabannya ialah jelas sangat bisa. Bahkan, untuk penggarapan sebuah film pendek pun sangat mumpuni.

Tiga Sutradara Kondang Indonesia Buktikan Kecanggihan Kamera OPPO Find X3 Pro 5G

Jaya Subiakto, salah seorang sutradara ternama Indonesia, turut membuktikan kecanggihan kamera video OPPO Find X3 Pro 5G dengan menggarap sebuah karya seni film pendek bertakjuk Dedari.

Mahakarya besutan Jay itu menceritakan tentang sebuah tarian tradisional yang merupakan ritual di daerah Bali, dan tarian tersebut hanya boleh ditarikan jika sedang marak wabah, penyakit, dan gagal panen.

Bersamaan dengan kondisi saat itu yang dimana pandemi Covid-19 sedang melonjak kembali, maka sutradara kondang kelahiran Turki itu, memutuskan untuk menjadikan tarian Sanghyang Dedari asal Pulau Dewata yang tergolong sakral, sebagai tema film pendek yang diproduksi menggunakan OPPO Find X3 Pro 5G.

Pada saat perangkat premium OPPO tersebut pertama kali sampai di tangan Jay, dirinya mengaku sangat takjub dengan gawai itu.

“Waktu perangkat sampai ditangan saya, saya melihat rupanya fitur-fitur OPPO Find X3 Pro 5G bukan main ya. Ada 4K Cinematic, ada sensor yang sampai 766 IMX, kemudian yang saya paling suka adalah fitur low lightnya. Jadi, kalau pencahayaannya kurang mereka justru bisa menghasilkan gambar yang bagus. Kemudian, kalau saya gunakan secara handheld juga terasa nyaman,”jelas Jay, pada saat diwawancarai langsung oleh team Selular.

Guna menunjang film pendek besutannya, Jay memanfaatkan sebanyak lima perangkat OPPO Find X3 Pro 5G. Lantaran tarian tersebut sangat sakral dan hanya bisa diambil sekali dalam durasi lima menit, maka Jay menyiasatinya dengan bantuan dolly track.

“Kemudian saya bikin runcingnya yang bisa menguat. Nah kelima ponsel OPPO Find X3 Pro 5G itu, masing-masing ada yang saya gantung. Ada yang untuk mengambil top angle, low angle, wide, closeup, dan satu laginya handheld. Jadi dalam satu tarian yang lima menit itu, saya bisa dapat 5 angle yang berbeda karena fiturnya yang begitu bervariasi dan bisa selesai dalam waktu yang cepat,” tambah Jay.

Jay juga berujar bahwa kualitas audio dari smartphone OPPO Find X3 Pro 5G sangat apik. Tarian Dedari tersebut tak menggunakan gamelan tetapi hanya diiringi dengan acapela. Sehingga, dikatakan Jay bahwa kualitas audio dan gambar OPPO Find X3 Pro 5G sangat mumpuni untuk sebuah film yang digarap menggunakan smartphone.

Soal pencahayaan, Jay mengaku bahwa penggarapan film pendek Dedari hanya memanfaatkan cahaya alami. Menariknya, proses shooting dilakukan pada waktu senja dengan cuaca yang sendu dan dibaluti rintik hujan di tengah tarian. Lebih lanjut dikatakan Jay, hal itu justru membuat hasil film semakin dramatic. Kemudian, itu juga secara tak langsung membuktikan bahwa smartphone OPPO Find X3 Pro 5G tahan akan cipratan air.

“Hasil warna dari kelima smartphone itu bisa sama, kemampuannya juga sama, sehingga pada saat mengeditnya gak susah lagi. Jadi soal warnanya tak perlu disesuaikan lagi. IMX776 sensornya juga serba lengkap, sehingga film Dedari bisa jadi dalam waktu yang cepat. Bener-bener keren banget OPPO Find X3 Pro 5G ini jika dimanfaatkan untuk penggarapan film,” tutup Jay.

Film You and Me in Low Angle

Sementara itu, Riri Riza, yang juga merupakan sutradara ternama Indonesia sekaligus bagian dari CineFinders, turut merasakan kecanggihan kamera OPPO Find X3 Pro 5G untuk penggarapan film pendeknya yang bertajuk You and Me in Low Angle.

Film pendek karya sutradara ternama yang sudah berhasil mengharumkan perfilman Indonesia sejak dahulu kala ini, mengisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Lela yang berusia sekitar 20 tahun, yang terbiasa melihat segala sesuatu dari sudut pandang lebih rendah alias low angle.

Lebih lanjut, film pendek tersebut berhubungan dengan bagaimana seorang anak gadis tumbuh bersama bapaknya. Suatu hari, ketika Lela berulang tahun, ia ingin bertemu bapaknya yang selama ini mengajarkan dia melihat dengan cara yang berbeda.

Kembali ke soal teknik penggarapannya, meski Riri tak terjun langsung untuk pengambilan gambar, namun dirinya mengaku bahwa pada saat proses shooting berlangsung, melalui layar ia melihat gambar yang dihasilkan rupanya setajam yang dibayangkan.

“Jadi, itulah salah satu keistimewaan OPPO Find X3 Pro 5G sebagai sebuah alat rekam, walaupun dia hanya sebuah smartphone. Saya termasuk orang yang memilih feel atau seni bercerita dengan gambar bergerak sebagai media ekspresi saya. Dan lewat OPPO Find X3 Pro 5G ini, benar-benar bisa menjadi wadah atas ide-ide saya untuk menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati,” pungkas Riri saat diwawancarai oleh team Selular.

Riri menambahkan, dirinya juga bisa mendorong kemampuan kamera OPPO Find X3 Pro 5G ini sejauh-jauhnya lantaran ponsel ini mempunyai kemampuan merekam yang sangat tinggi. Selain itu, lensanya pun juga sangat apik, serta mampu merekam dengan teknologi roll.

Terkait pencahayaan di beberapa scene dari film You and Me in Low Angle, Riri mengaku bahwa ada bantuan teknologi lighting. Namun, pada saat tak menggunakan perangkat tambahan pencahayaan tersebut, hasilnya pun tetap ciamik.

Sedikit tips dari Riri Riza, bahwa jika ingin menggarap sebuah karya seni gambar bergerak dengan menggunakan smartphone, juga diperlukan kedisiplinan serta perencanaan yang matang seperti kita ingin membuat film dengan menggunakan kamera profesional. Hal tersebut perlu dilakukan demi menghasilkan karya film yang lebih baik lagi.

“OPPO Find X3 Pro 5G hadir secara tak langsung membantu kita untuk berkereasi secara cinematic dengan hanya menggunakan kamera yang ada di dalam sebuah smartphone. Saya fikir, dengan kamera OPPO Find X3 Pro 5G ini sangat bisa membuat konten Youtube dan film pendek. Sebab, kamera smartphone ini dilengkapi dengan lensa yang sangat baik, dan kemampuan merekam yang sangat tinggi,” tutup Riri.

Film pendek Siklus

Satu lagi sutradara kondang Indonesia yang ikut membuktikan kecanggihan kamera OPPO Find X3 Pro 5G yaitu Garin Nugroho, yang dimana ia dijuluki sebagai pelopor generasi baru pembuat film era 90-an. Sekilas biografi tentang Garin, deretan filmnya diedarkan melalui berbagai festival film besar, seperti Cannes, Venice, dan Berlin, serta berhasil memenangkan berbagai penghargaan.

Lewat film pendek bertakjuk Siklus, Garin membuktikan kehebatan fitur-fitur yang tersemat di OPPO Find X3 Pro 5G. Dalam hal ini, Garin mengakui kecanggihan fitur-fitur yang disuguhkan oleh OPPO Find X3 Pro, terutama soal Lensa Wide dan Ultra Wide yang semakin membuat Garin jatuh hati pada handset ini.

“Saya sangat berkesan dengan hasil shoot dari OPPO Find X3 Pro ini, dan sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh pembuat film, baik amatir maupun profesional yang hendak mencoba teknis dan tantangan yang berbeda melalui smartphone,” ungkap Garin kepada team Selular.

Judul siklus sendiri terinspirasi dari perpaduan alam, budaya, manusia, dan teknologi. Garin menjelaskan bahwa sejatinya, manusia itu termasuk kedalam dua hal, yakni merawat alam dan budaya serta memperbaharui penemuan teknologi itu sendiri.

Lalu, hadirlah kisah tentang seorang pelatih tari yang dimana ia menemukan sebuah benda-benda yang mengantarkan dirinya kepada imajinasi tentang tubuh, alam, dan dunia. “Sebenarnya, teknologi adalah bagian terpentimg dari kemampuan imajinasi manusia yang bisa diwujudkan, dan saya rasa OPPO Find X3 Pro 5G mampu mewujudkan hal itu,” lanjut Garin.

Disampaikan pula oleh Garin bahwa dalam film pendek Siklus, terdapat interior, eksterior, alam, sampai tetesan-tetesan warna-warni yang tak kasat mata oleh kita. Hebatnya, apa yang Garin inginkan yaitu sesuatu yang sederhana, simpel, dan efisien untuk menangkap aspek-aspek itu, rupanya terdapat pada perangkat premium OPPO yang satu ini.

Berbeda dengan film besutan kedua teman seprofesinya, Garin memilih menggunakan format vertikal untuk penggarapan film Siklus ini.  Alasan Garin melakukan hal yang tak biasa itu ialah lantaran dirinya menyesuaikan dengan budaya saat ini, yang dimana smartphone sudah menjadi budaya setiap orang diaktivitas sehari-hari.

“Sekarang kebanyakan orang-orang lebih sering melihat dan menonton sesuatu di smartphone dengan posisi vertikal. Dan sekarang human style dengan vertikal cinema sudah mulai diberlakukan di berbagai negara. Bahkan, di Perancis ada bioskop yang khusus vertical cinema. Menikmati smartphone dengan vertikal semacam ini menjadi bagian dari konsep karya Siklus ini, sehingga orang menikmatinya seperti mereka menggunakan smartphone di kesehariannya,” terang Garin.

Garin juga menambahkan bahwa meski menggunakan format vertikal, namun lensa yang terbenam di smartphone OPPO Find X3 Pro 5G ini mampu menangkap gambar lebih lebar dan sangat detail. Dirinya juga menceritakan bahwa sebelum memulai produksi film Siklus, ia dan beberapa team-nya mengupas tuntas soal fitur yang dibawa oleh OPPO Find X3 Pro 5G. Takjubnya, mereka menemukan kemampuan yang dapat membawa kedalam sebuah imajinasi manusia.

“OPPO Find X3 Pro 5G untuk kaum muda bisa menjadi tempat untuk mencari ide, memotret, merekam, kemudian menjelajah hal-hal yang tak terlihat oleh mata. Karena sebenarnya teknologi adalah salah satu cara untuk kita menjelajahi hal yang baru. Itulah level luar biasa dari jalan teknologi itu sendiri,” tutup Garin.

Kesimpulan

Setelah mendengar kesan sekaligus menonton langsung masing-masing mahakarya dari ketiga sutradara ternama asal Indonesia tersebut dalam layar lebar, dapat disimpulkan bahwa sederet fitur kamera yang disuguhkan oleh OPPO Find X3 Pro 5G sangat mumpuni untuk diaplikasikan kedalam sebuah karya seni film.

Bahkan, ketiga sutradara kondang tersebut, mengakui bahwa tak hanya konten berdurasi pendek, tetapi kamera dari smartphone OPPO Find X3 Pro 5G juga sangat memungkinkan untuk digunakan penggarapan film layar lebar yang durasinya lebih Panjang.

Hal tersebut berkat adanya beberapa fitur canggih seperti 4K Cinematic mode dan RawPlus Cinematic Mode di dalam OPPO Find X3 Pro 5G, kian membuat hasil film yang diciptakan semakin smooth dan apik.

OPPO Find X3 Pro 5G secara tak langsung hadir untuk membantu mengembangkan kreatifitas kaum millennials di sektor perkontenan, sekaligus turut serta mendorong peningkatan dunia perfilman di Indonesia.

Juga, smartphone premium OPPO yang tahan akan cipratan air ini, juga bisa menjadi alternatif lain bagi para penggelut dunia broadcasting, baik yang pemula ataupun profesional sekalipun, untuk menuangkan ide fotografi maupun videografi dengan menggunakan smartphone canggih masa kini, seperti OPPO Find X3 Pro 5G.

Sebagai bahan referensi untuk mengasah bakat cinematic video, Anda dapat menyaksikan ketiga film pendek garapan Jay Subiakto, Riri Riza, dan Garin Nugroho tersebut di channel youtube OPPO Indonesia. So, tunggu apalagi. Segera rasakan sendiri performa andal dari OPPO Find X3 Pro 5G!

Dapatkan Promo Bundling OPPO Find Time!

Promo OPPO Find Time

Kabar baik untuk Anda yang ingin memiliki smartphone OPPO Find X3 Pro 5G guna menunjang daily activity Anda. OPPO menggelar promo Bundling OPPO Find Time yang terdiri dari 1 unit OPPO Find X3 Pro 5G dan OPPO Watch 46mm.

Promo tersebut dapat diperoleh di OPPO Gallery, OPPO Store, toko-toko smartphone yang menjual OPPO Find X3 Pro 5G, dan bisa didapatkan secara online di OPPO Online Store serta e-commerce terkemuka Akulaku,  Blibli, JD.id, Lazada, Shopee dan Tokopedia.

Dapatkan harga khusus senilai Rp15.999.000 mulai 1 – 30 November 2021. Jangan sampai terlewatkan promo menarik ini!

Tonton juga video di bawah ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *