Kembangkan Sistem Transportasi Cerdas di Indonesia, ITS Luncurkan Program ITS Media Fellowship 2021

  • Whatsapp
Kembangkan Sistem Transportasi Cerdas di Indonesia, ITS Luncurkan Program ITS Media Fellowship 2021


Suara-Pembaruan.comITS Indonesia melaksanakan kegiatan Media Gathering untuk pertama kalinya, dimana pada acara tersebut juga terdapat Launching Website ITS Indonesia dan talkshow tema “Perempuan Untuk Mobilitas yang Berkelanjutan”.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, William Sabandar selaku Presiden ITS Indonesia mengajak berbagai sektor untuk berkolaborasi dalam mengembangkan sistem transportasi cerdas di Indonesia. ITS Indonesia aktif connecting-the-dots dan menjembatani kolaborasi antara sektor publik, swasta, akademisi, untuk pengembangan Sistem Transportasi Cerdas di Indonesia,” imbuh William.

Tiga program utama ITS Indonesia untuk tahun 2021 yang pertama Electric Mobility yaitu
pengembangan mobilitas ramah lingkungan dengan penggunaan sarana transportasi baru
diantaranya Bis Listrik, Mobil Listrik (untuk taksI) dan Motor Listrik. Program kedua adalah Integration yaitu pengembangan Mobility as a Service (MaaS) dengan integrasi tarif dan pembayaran. Dan yang terakhir Post-Pandemic dimana berfokus pada pengembangan prosedur transportasi publik untuk pencegahan penularan COVID-19 dengan simulasi Agent Based Modeling (ABM).

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung terpilihnya ITS Indonesia sebagai tuan rumah ITS
Asia-Pacific Forum pada tahun 2024. Pada kesempatan Media Gathering tersebut juga, William Sabandar mengajak kolaborasi dari rekanrekan media dan berperan serta dalam pengembangan Sistem Transportasi Cerdas di Indonesia dengan membuka kesempatan ITS Indonesia Media Fellowship 2021, bagi jurnalis dengan karya jurnalistik tentang ITS terbaik akan diberikan kesempatan untuk turut hadir di ITS World Congress di Hamburg October 2021 Pada kepengurusan ITS Indonesia periode tahun 2020 – 2023, ITS Indonesia melakukan banyak pembaharuan khususnya saluran media komunikasi.

Bersama dengan Xendit sebagai partner digital payment, ITS Indonesia meluncurkan Website pada situs its-indonesia.org yang merupakan sumber informasi dan referensi terkait perkembangan dan penerapan ITS di Indonesia.

“Menu knowledge center berisikan Grand Design ITS Indonesia, materi pembicara pada kegiatan webinar ITS Indonesia dan kajian terkait transportasi. Pengunjung website yang sudah terdaftar sebagai member ITS Indonesia dapat mengakses menu knowledge center tersebut. Membership dibuka baik untuk

pelajar, perorangan maupun instansi” jelas Ghassani Herstanti, Communication Departement Head ITS Indonesia. Pada kesempatan yang sama juga ITS Indonesia menggelar talkshow untuk memperingati hari Kartini, dimana mengangkat tema yaitu “Perempuan Untuk Mobilitas yang Berkelanjutan”.

Dilatarbelakangi oleh Visi dari ITS Indonesia untuk mendukung mobilitas berkeadilan, dimana hal tersebut merupakan sebuah konsep yang dapat menciptakan ekosistem transportasi yang aman, nyaman, mudah diakses, serta ramah bagi perempuan.

Oleh karena itu ITS Indonesia berkeinginan untuk dapat meningkatkan kontribusi perempuan khususnya di sektor transportasi. Hal ini dikarenakan transportasi memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial serta menjadi penyedia interkoneksi yang merupakan elemen penting untuk pemberdayaan perempuan
serta kelompok sosial marginal lainnya.

Pada talkshow “Perempuan Untuk Mobilitas yang Berkelanjutan”, ITS Indonesia menghadirkan pembicara dengan latar belakang pelaku usaha di bidang transportasi dan pelaku industri aplikasi digital yaitu Direktur Utama Blue Bird Noni Purnomo, Direktur Utama DAMRI Setia Milatia Moemin, Direktur Asia Tenggara ITDP Faela Sufa dan Vice President of Marketing Transport & Financial Service Traveloka Andhini Putri.

Direktur DAMRI dalam kesempatan ini menjelaskan kebijakan yang dibuat untuk mendorong kesetaraan gender di perusahaannya, “Saya percaya perempuan dalam transportasi bisa memberikan efek yang signifikan, karena perempuan itu dapat bertindak multitasking. Untuk mendorong peran serta perempuan tersebut khususnya pada level structural DAMRI juga berkoordinasi dengan ITDP dalam hal penerapan policy,” tegas Setia Milatia Moemin.

Dalam kesempatan ini Andhini Putri menjelaskan tentang gaya kepemimpinan peremuan, “Sebagai pelaku di sektor mobilitas yaitu Traveloka, contoh kelebihan yang dimiliki oleh perempuan adalah empati. Hal tersebut membantu saya melihat kebutuhan konsumen untuk dunia transportasi. Leadership gaya perempuan ini harus ditanamkan pada masing-masing perempuan. Khususnya bagi para perempuan yang telah berada di posisi leader, harus berani untuk menunjukkan gaya kepemimpinan perempuan itu seperti apa, untuk memberikan contoh bagi generasi perempuan di bawah kita.”

Dari sisi implementasi ekosistem yang ramah bagi perempuan ITDP dan Blue Bird juga menjelaskan upaya-upaya yang telah dilakukan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi perempuan dalam menggunakan fasilitas publik khususnya transportasi.

“Kami melakukan survei ke masyarakat, saya dibantu oleh tim mencari tahu apa saja kebutuhan dari perempuan khususnya sebagai pengguna. Sehingga terwujudnya gender equality dan social inclusion untuk dapat mengakses layanan publik yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka,” tanggap Faela Sufa.

“Dalam membangun ekosistem yang ideal khususnya bagi perempuan, berdasarkan pada visi Blue Bird adalah memikirkan kesejahteraan bagi stakeholder dan shareholder, Blue Bird goes beyond everyday business, tidak hanya menciptakan sarana transportasi yang aman dan nyaman tetapi juga memikirkan integrasi dengan transportasi lain,” tambah Noni Purnomo.

Pada kesempatan Media Gathering tersebut, terdapat sesi perkenalan pengurus ITS Indonesia yang dijelaskan oleh Muhammad Kamaluddin selaku General Secretary ITS Indonesia.

Berikut beberapa nama pengurus ITS Indonesia:

  • Noni Purnomo, Direktur Utama Blue Bird sebagai Ketua Dewan Penasihat
  • William Sabandar, Direktur Utama PT MRT Jakarta sebagai Presiden ITS Indonesia
  • Muhammad Kamaluddin, Direktur Utama PT JakLingko Indonesia sebagai General Secretary
  • Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia sebagai Treasurer & VP of Finance and Strategy
  • Haryati Lawidjaja, CEO Link Aja sebagai Vice President of Institutional Development & Data Management
  • Yos Sunitiyoso, Professor SBM ITB sebagai Vice President of Research, Development & Training
  • Resdiansyah, Ph.D, Dekan Fakultas Teknologi dan Desain Universitas Pembangunan Jaya sebagai Vice President of Standardization and Monitoring Evaluation
  • Yoga Adiwinarto, Direktur Teknik dan Fasilitas PT Transportasi Jakarta sebagai Vice President of Policy, Advocacy and Stakeholder Engagement
  • Rama Raditya, Founder dan CEO Qlue sebagai Vice President of Industry and Marketplace “Pengurus ITS Indonesia berasal dari berbagai latar belakang organisasi yang merupakan simbol kolaborasi untuk bersama-sama mengembangkan system transportasi cerdas di Indonesia” jelas Muhammad Kamaluddin.

Dengan adanya kolaborasi dari berbagai pihak pemerintah, sektor swasta dan juga media diharapkan dapat mendorong penerapan serta pengembangan Sistem Transportasi Cerdas di Indonesia dan membawa manfaat bagi masyarakat Indonesia.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *