Opini  

Kenapa Sampah Selalu Berserakan setelah Kegiatan Warga? Ini Jawabannya


Momen perayaan 17 Agustusan merupakan hajatan seluruh rakyat Indonesia. Semua kalangan akan turut serta meramaikan kegiatan ini dengan banyak varian yang bakal menghadirkan kerumunan dimana-mana.

Mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan sampai nasional. Bahkan, tidak hanya di lapangan perumahan juga di perkantoran hingga mall mewah.

Mulai dari perlombaan hingga berbagai macam hiburan digelar untuk menarik masyarakat ikut serta dan berperan aktif. Panitia akan membuat berbagai macam ide dan kreatifitas yang akan menjadikan acara berkesan dan memiliki makna.

Namun, terkadang muncul permasalahan setelah acara usai, yaitu menyisakan sedikit rasa sesak karena adanya sampah berserakan yang kurang enak dipandang. Hal ini banyak terjadi walau tidak semua seperti itu. Bagaimana dengan acara di tempat Anda ?

Baca Juga: Benjamin Ortega: Bule Perancis Membersihkan Sampah Gunung Rinjani

 

Cara Kurangi Sampah saat Ada Acara

Nah, kami menghimpun beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh panitia dan seluruh peserta acara secara umum agar sampah tidak berserakan setelah sebuah acara usai. Semoga bermanfaat!

1. Mengajak Kesadaran Warga untuk Buang Sampah pada Tempatnya

Untuk itu panitia bisa menempatkan semacam tanda atau tanda perhatian dengan tulisan dengan desain yang sederhana tapi unik. Miisalnya: “JAGALAH KEBERSIHAN, BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA” dan lainnya.

2. Tersedia Sarana Tempat Sampah yang Cukup

Terkadang, kesadaran warga tentang buang sampah pada tempatnya sudah ada. Namun, masih minim tersedianya tempat sampah.

Maka, penting untuk panitia menyediakan tempat sampah pada tempat yang strategis agar mudah dijangkau dan sesuaikan dengan jumlah peserta serta luasnya lokasi acara. Jangan sampai jumlah peserta membludak tapi tempat sampah masih minim.

 

3. Seksi Khusus Kebersihan Wajib Ada

Satu seksi atau petugas bagian kebersihan wajib ada. Jika acara memiliki kapasitas peserta yang besar maka harus disesuaikan jumlah petugasnya.

Jangan sampai petugas kewalahan. Bahkan, jika perlu semua panitia ikut ambil bagian membersihkan tempat setelah acara usai secara bersama-sama, minimal di area tugasnya masing-masing.

Seperti anggota Pramuka yang biasa melakukan operasi semut setelah acara perkemahan selesai. Ingat nggak sih?

 

4. Pembawa Acara Selalu Mengingatkan Pentingnya Membuang Sampah pada Tempatnya

Nah, ini juga penting, gaess! Selain membawakan acara agar berjalan baik dan seru, maka jangan lupa MC mengingatkan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan pengumuman lainnya. Sesekali agar ada kesadaran seluruh peserta.

Demikian 4 hal utama yang perlu diperhatikan agar sampah tidak berserakan setelah acara selesai.

Semoga hal ini dapat memberi inspirasi serta gagasan agar acara dapat berjalan lebih baik dan menimbulkan kesan yang baik pasca acara. Salam merdeka!



Baca Juga: 5 Cara Kurangi Sampah Selama di Rumah





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.