Internasional

Kepala BNN RI Berjumpa dengan ART Columbia, Berbagi Pengalaman dalam Penanganan Tanaman Ilegal

156
×

Kepala BNN RI Berjumpa dengan ART Columbia, Berbagi Pengalaman dalam Penanganan Tanaman Ilegal

Sebarkan artikel ini

Suara-Pembaruan.com — Kepala BNN RI Berjumpa dengan ART Columbia, Berbagi Pengalaman dalam Penanganan Tanaman Ilegal

Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Komjen Pol Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose, melakukan kunjungan kerja ke Kolombia.

Dalam kunjungan ini, ia mengadakan pertemuan bilateral yang sangat penting dengan Raul Delgado Guerrero, Direktur Agencia de Renovacion del Territorio (ART), beserta staf ART.

ART adalah sebuah lembaga pemerintah Kolombia yang memiliki peran kunci dalam mendukung program pemerintah Kolombia untuk menggantikan tanaman ilegal dan mendorong pengembangan alternatif bagi para petani yang sebelumnya terlibat dalam penanaman kokaina dan tanaman terlarang lainnya.

Langkah ini sejalan dengan salah satu dari empat strategi yang diadopsi oleh BNN RI dalam perang melawan narkotika, yaitu “Soft Power Approach” yang melibatkan program pemberdayaan alternatif sebagai upaya untuk memajukan masyarakat di daerah-daerah yang rawan narkotika.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh ART, saat ini terdapat sekitar 234.000 hektar lahan yang digunakan untuk menanam koka dan 11.000 hektar lahan yang digunakan untuk menanam ganja di Kolombia.

ART tengah aktif mendorong pelaksanaan Programa Nacional de Sustitución de Cultivos de uso Ilícito (Program Nasional Penggantian Tanaman Terlarang/PNIS) yang telah berhasil membantu lebih dari 1.000 keluarga petani dalam melakukan transisi dari tanaman ilegal ke tanaman legal.

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan antara Indonesia dan Kolombia untuk menjajaki pembentukan Letter of Intent (LOI) atau Memorandum of Understanding (MoU) sebagai dasar kerja sama yang lebih lanjut.

Kerja sama ini akan fokus pada pertukaran data dan informasi guna meningkatkan efektivitas program pemberdayaan alternatif di kedua negara.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen bersama untuk memerangi penanaman dan perdagangan narkotika serta memberikan alternatif yang lebih baik bagi para petani yang sebelumnya terlibat dalam kegiatan ilegal.

Dengan sinergi antara Indonesia dan Kolombia, harapannya perang melawan narkotika akan semakin kuat dan efektif.

#warondrugs #speedupneverletup #accelerationforwarondrugs

 

Kepala BNN RI Bertukar Pengalaman dengan Art Columbia tentang Penanggulangan Tanaman Terlarang | Konvergensi Majalah MATRA (matranews.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *