Kepribadian Anda Bisa Menambah Tahun Hidup Sehat – Majalah Time.com

  • Whatsapp


Dalam hal strategi untuk memperlambat proses penuaan, olahraga dan nutrisi adalah hal yang biasa dicurigai—tetapi jangan abaikan kekuatan pikiran atas materi.

Bacaan Lainnya

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa ciri kepribadian memprediksi siapa yang akan menikmati kesehatan hingga usia 80-an dan seterusnya. Menurut beberapa penelitian, hubungan antara kepribadian dan umur panjang adalah sama kuatnya seperti kecerdasan atau berapa banyak uang yang Anda miliki, keduanya berkorelasi dengan rentang hidup yang lebih panjang.

Karakteristik pikiran ini cukup stabil, tetapi para ahli percaya bahwa kita dapat meningkatkannya pada usia berapa pun—mungkin lebih mudah daripada rekening bank kita. Lima sifat berikut ini bisa dipupuk agar panjang umur dan sehat.
[time-brightcove not-tgx=”true”]

kesadaran

Orang yang teliti—terorganisir dan bertanggung jawab—cenderung hidup lebih lama. “Ini mungkin peluru perak terbaik yang bisa kita harapkan,” kata Nicholas Turiano, seorang profesor psikologi di West Virginia University. Menjadi teliti adalah “faktor ketahanan” yang dapat membantu beberapa individu mengatasi risiko besar terhadap kesehatan, seperti hidup dalam kemiskinan, kata Turiano.

Banyak orang yang teliti rajin berolahraga dan nutrisi. Mereka juga tampaknya lebih baik mengatasi strategi untuk situasi stres, kata Turiano, yang mengarah ke peradangan lebih sedikit, yang pada gilirannya memperlambat penuaan.

Orang-orang dapat menjadi lebih berhati-hati melalui dukungan dari teman-teman, pelatih dan psikolog. Aplikasi ponsel cerdas juga dapat membantu. Misalnya, peserta dalam penelitian yang diterbitkan awal tahun ini ditingkatkan kesadaran mereka secara signifikan dengan menggunakan pelatih digital yang disebut PEACH. Aplikasi ini memperkuat perubahan kepribadian melalui percakapan dan tip chatbot, seperti pengingat untuk merefleksikan kemajuan menuju tujuan seseorang dengan menulis di buku harian.

Tujuan

Kualitas bagus lainnya untuk umur panjang adalah menjadi tujuan, atau memiliki arah dalam hidup dengan tujuan yang jelas yang memberi Anda energi. Mereka yang mengatakan bahwa mereka memiliki tujuan hidup pulih lebih cepat dari kejengkelan seperti melihat gambar polusi dan pemandangan mengganggu lainnya. Mereka juga cenderung memiliki lebih banyak volume otak di area otak yang terkait dengan kesadaran diri dan pengambilan keputusan.

Banyak jenis tujuan yang bermanfaat. “Ini sangat unik untuk individu,” kata Patrick Hill, seorang psikolog di Universitas Washington di St. Louis. Beberapa memperoleh tujuan dari pekerjaan mereka, sedangkan pensiunan melaporkan merasa lebih memiliki tujuan pada malam hari jika mereka bersosialisasi hari itu, menurut penelitian Hill. Orang yang didorong oleh tujuan artistik mungkin juga memiliki umur panjang. “Menjadi cenderung kreatif dapat memberikan arah,” kata Hill.

Tujuan dan kehati-hatian tumpang tindih, tetapi keduanya bukanlah sifat yang sama. Bayangkan seorang karyawan dengan sungguh-sungguh mengikuti perintah bos tanpa mengedipkan mata, ikut campur secara konstruktif di rapat, namun tidak memiliki hubungan yang mendalam dengan pekerjaan itu. “Tujuan memprediksi hasil kesehatan di atas dan di luar peran kesadaran,” jelas Hill.

Untuk menjadi lebih terarah, menemukan mentor yang tepat dapat memiliki efek yang kuat. Untuk manula, terlibat dalam kegiatan rekreasi, seperti kelas seni, dapat dilakukan jauh menuju tujuan, kesejahteraan dan tarif lebih rendah dari demensia dan depresi.

Optimisme

Untuk umur panjang dan sehat, cari hikmahnya. Optimisme diasosiasikan dengan umur panjang yang luar biasa, menurut penelitian oleh Lewina Lee, seorang psikolog di Universitas Boston. Itu mungkin termasuk melihat usia yang lebih tua seperti yang diinginkan. “Saya akan berpikir bahwa orang yang optimis cenderung merasa lebih percaya diri tentang kemampuan mereka untuk mencapai tujuan seiring bertambahnya usia,” kata Lee.

Faktanya, orang yang melihat hal positif dalam penuaan, seperti kebijaksanaan dan kedewasaan emosional, hidup rata-rata 7,6 tahun lebih lama. Becca Levy, seorang psikolog di sekolah kesehatan masyarakat Yale, mengatakan mereka menikmati keuntungan umur panjang ini karena lebih banyak berolahraga, makan lebih sehat dan biomarker yang lebih rendah peradangan terkait stres—mirip dengan manfaat kesadaran.

Anda dapat meningkatkan optimisme dengan menulis tentang . Anda secara teratur diri sebaik mungkin. Menjadi lebih positif terhadap usia mungkin memerlukan penghapusan stereotip negatif tentang penuaan. “Muda tiga atau empat tahun, anak-anak menerima kepercayaan usia dari budaya mereka,” kata Levy kepada saya. Di usia yang lebih tua, “keyakinan itu menjadi relevan dengan diri sendiri dan berdampak pada kesehatan.” Tapi Levy ditemukan dia bisa meningkatkan sikap ageist dengan meminta peserta studi untuk menulis tentang manula dengan gaya hidup aktif. Penelitiannya juga menunjukkan bahwa memelihara keyakinan positif usia pada manula dapat meningkatkan fungsi fisik mereka.

Kaum muda dapat menginternalisasi pandangan positif tentang penuaan dengan lebih sering berinteraksi dengan manula, termasuk panutan dan rekan kerja, dan bergabung komunitas antargenerasi, kata Levy.

Ekstraversi

Menjadi ekstravert, atau ramah, adalah sifat lain yang bisa memanjangkan rentang kesehatan Anda. “Hubungan antara hubungan sosial dan umur panjang sama kuatnya dengan kadar kolesterol atau merokok,” kata Susan Charles, seorang profesor psikologi di University of California-Irvine. “Ini efek yang sangat besar.”

Kupu-kupu sosial cenderung lebih aktif, kata Charles, yang melindungi kesehatan mereka. Hanya saja, jangan terlalu setuju. Jika Anda terbuka terhadap kebiasaan buruk orang lain, Anda mungkin terpengaruh oleh teman-teman yang minum, merokok, atau makan dengan cara yang tidak sehat.

Untuk menjadi lebih ekstrovert, sesi dengan psikolog bisa membantu. Mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat telah ditampilkan untuk membuat orang lebih nyaman dalam situasi sosial. Tetap di atas acara terkini dan pertimbangkan untuk bergabung kelas ketegasan atau Pemanggang roti kelompok. Dan kebanyakan dari kita mungkin bisa mendapatkan keuntungan dari memoles keterampilan sosial dengan pelatihan online.

Kurangnya neurotisme

Lansia yang anggun cenderung menjaga keseimbangan. “Mereka cenderung tidak melaporkan perasaan gembira atau sedih sehingga tidak ada yang bisa menghibur mereka,” kata Charles. Ketenangan batin itu lebih mudah di hati dan mendukung lebih baik tidur, keduanya membayar dividen umur panjang yang besar.

Itu tidak berarti menghindari setiap pertempuran, meskipun. Meskipun orang tanpa stres melaporkan kebahagiaan yang lebih besar, mereka mungkin memiliki kognisi yang lebih buruk, yang merugikan kesehatan jangka panjang, kata Charles. “Anda membutuhkan sedikit tantangan untuk kesejahteraan yang optimal.” Sumber stres yang paling umum adalah orang lain, tambahnya, tetapi mereka yang berusia lanjut berhasil mendapatkan manfaat dari bersosialisasi tanpa merasa terancam atau jengkel oleh orang lain.

Intervensi untuk stabilitas emosional dapat membantu kepribadian Tipe A, khususnya. Meskipun mereka mungkin memiliki lebih banyak ambisi—dan tujuan—mereka cenderung bermusuhan, yaitu terkait dengan masalah jantung. Neurosis lain, termasuk kecemasan dan depresi, juga terkait dengan penuaan lebih cepat.

Intervensi untuk meningkatkan kreativitas dapat membantu, kata Turiano. “Orang-orang tidak akan merasa terganggu jika mereka terbuka untuk mencoba jalan yang berbeda ketika ada yang salah.”

Atau bergabung dengan pergerakan lambat. Charles mencatat bahwa hanya meminta kepribadian Tipe A untuk makan lebih lambat mengurangi tingkat serangan jantung mereka. Orang yang bermeditasi mungkin menunda kematian, tapi itu tidak untuk semua orang. Untuk menumbuhkan salah satu dari sifat-sifat ini, kata Charles, “intervensi yang tepat adalah intervensi yang nyaman bagi Anda.”

Sumber Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *