Kisah Sukses Rico Huang, Pernah Drop Out hingga Kini Punya Omzet Miliaran

  • Whatsapp
Kisah Sukses Rico Huang, Pernah Drop Out hingga Kini Punya Omzet Miliaran


Di usianya yang masih muda, Rico Huang telah dikenal sebagai pengusaha sukses. Kabarnya, omzet bisnisnya telah mencapai miliaran rupiah. Namun, CEO PT Alona Indonesia Raya itu tak mendulang kesuksesan begitu saja. Ia punya cerita hidup yang berlika-liku sejak masih belia. Simak kisah hidup Rico Huang dari nol hingga jadi pengusaha sukses di usia muda berikut ini. 

Bacaan Lainnya

Kisah Sukses Rico Huang, Rumah Pernah Terbakar hingga Jual Casing HP Saat Masih SMP

Sumber: Instagram/@rcohuang

Siapa yang tak ingin mendulang kesuksesan di usia muda? Rico Huang, CEO PT Alona Indonesia Raya adalah satu dari segelintir pengusaha yang mencapai kesuksesan di usia sangat muda. Perusahaan yang dibangun oleh pria kelahiran Jakarta, 14 November 1995 itu telah memiliki omzet miliaran rupiah. 

Namun demikian, kesuksesan Rico tak serta merta terjadi dalam satu malam. Ada jalan panjang yang berliku sebelum ia menjadi sesukses sekarang. Rico telah mencoba berbisnis sejak masih duduk di bangku SMP. Kala itu ia memulai bisnis pertamanya dengan berjualan casing HP. 

Ia mendapatkan modal dari menyisihkan uang jajan harian serta uang angpao yang ia terima setiap tahun. Meskipun cukup lancar, namun usaha pertamanya itu hanya bertahan selama beberapa waktu. 

Sebelum berjualan casing HP, Rico juga pernah membantu usaha ayahnya yang berdagang jam tangan selama 3 tahun. Saat itu, ia bahkan masih duduk di bangku SD dan keluarganya baru saja mendapat musibah, rumah mereka satu-satunya habis terlalap api. 

Baca juga: Kisah Seorang Ibu Di balik Kehebatan Anak Berkebutuhan Khusus

Kisah Sukses Rico Huang, Jualan Mie Ayam hingga Drop Out dari Kampus

rico huang

Sumber: Instagram/@rcohuang

Lika-liku perjalanan bisnis Rico tak hanya sampai di situ saja. Menginjak SMA, ia kembali mencoba peruntungan dengan berjualan nasi uduk, kredit handphone yang pelanggannya adalah gurunya sendiri, hingga berjualan aksesoris handphone.  

Ia juga pernah mencoba berjualan mie ayam, namun usaha itu hanya bertahan 4 hari saja lantaran langsung merugi hingga Rp 15 juta. Ia bahkan pernah terjun ke dunia buzzer namun bangkrut tak lama kemudian hingga ia mengalami kerugian sebesar Rp 50 juta. 

Lulus SMA, Rico melanjutkan kuliahnya di Binus University. Namun, lagi-lagi ia kembali menemui jalan yang berliku. Anak ketiga dari empat bersaudara itu memilih untuk drop out alias D.O karena teguh ingin berbisnis. Ia bahkan jadi satu-satunya mahasiswa yang tidak melanjutkan kuliah di antara teman-teman seangkatannya. 

Dari sinilah, ia kemudian fokus mengembangkan usaha aksesoris handphone hingga memiliki omzet Rp 12 miliar per tahunnya. Namun, cobaan lagi-lagi kembali menghadang. Usahanya terpaksa gulung tingkar akibat tak kuat menahan perang harga dengan pesaing. 

Ia juga sempat memangkas jumlah karyawannya hingga sebesar 40% dari total keseluruhan. Para karyawan tersebut dipecat lantaran ketahuan mengambil barang dagangannya dan mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah. 

Baca juga: 4 Doa Agar Anak Sukses Dunia Akhirat yang Bisa Parents Amalkan

Berada di Puncak Karir Ketika Masih Berusia 26 Tahun

rico huang

Sumber: Instagram/@rcohuang

Setelah merasakan manis pahitnya berbisnis, perlahan Rico mulai memetik kesuksesan di usianya yang masih terbilang muda. Dari yang semula berjualan casing HP, aksesoris HP, nasi uduk, dan mie ayam, Rico kini dikenal sebagai founder dari berbagai e-commerce seperti DropshipAja.com, Alona.co.id, Laperma.co.id, hingga Amelia.id.

Total saat ini ia telah memiliki 200 karyawan, 100 ribu reseller, dan lebih dari 1 juta member komunitas bisnis anak muda. Dengan usahanya yang telah sebesar itu, pantas saja jika ia mampu membeli mobil mewah seperti Mercedez Benz dan Ferrari di usianya yang masih 26 tahun. 

Pengalamannya dalam berbisnis menjadikan Rico salah satu sosok anak muda yang jadi panutan. Ia pun banyak diundang sebagai pembicara dalam seminar-seminar bisnis baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Satu yang dapat diteladani dari sosok Rico adalah ketangguhannya ketika dihadapkan pada situasi yang sulit. Meskipun gagal berkali-kali, namun ia juga tak lelah untuk bangkit kembali. 

“Selagi masih muda, kita habisin jatah gagal supaya jatah sukses kita lebih cepat datang,” katanya, Selasa (18/2/2020) seperti dikutip dari Kompas. 

Parents, demikian kisah sukses seorang pengusaha muda bernama Rico Huang. Semoga kisahnya bisa menginspirasi kita semua untuk bertahan dalam situasi yang sulit dan bangkit lagi ya. 

Baca juga:

Kisah Sukses Orang-orang Down Syndrome yang Menjalankan Bisnis Mereka Sendiri

Kisah Inspiratif Valencia Mieke Randa, Berbagi Kebaikan hingga Dikaruniai Anak Spesial

Hasil Penelitian : 7 Perilaku Orangtua yang Membuat Anak Sukses

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *