Kobarkan Semangat Perjuangan, 32 Ucapan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

  • Whatsapp
Kobarkan Semangat Perjuangan, 32 Ucapan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei


Menulis sebuah ucapan bisa menjadi cara paling sederhana dalam memperingati suatu momen akbar. Mulai dari hari raya keagamaan hingga hari besar Nasional. Nah, kali ini theAsianparent telah merangkum berbagai kutipan untuk ucapan Hari Kebangkitan Nasional.

Bacaan Lainnya

Namun sebelum membahas perihal ucapan, sudah tahu belum sejarah lahirnya Hari Kebangkitan Nasional? Yuk, baca ulasan selengkapnya biar makin paham sejarah bangsa kita.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Tanggal 20 Mei setiap tahunnya diperingati bangsa Indonesia sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Momen ini bertepatan dengan berdirinya organisasi kepemudaan Boedi Oetomo pada 1908 oleh sembilan pelajar STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen) atau Sekolah Dokter Jawa yang didirikan pemerintah Kolonial.

Boedi Oetomo merupakan organisasi nasional yang pertama Indonesia. Maka kelahirannya menjadi pelopor munculnya gerakan-gerakan kebangsaan di Tanah Air.

Boedi Oetomo didirikan dengan filosofi dan kebudayaan Jawa namun mengadopsi nilai modernitas dari Barat atau Eropa. Berbeda organisasi pribumi lainnya yang memilih jalur radikal, haluan moderat yang diusung gerakan ini pada akhirnya bisa membuatnya tidak mendapat suatu kesulitan apapun sejak didirikan. Boedi Oetomo pun dipandang sebagai salah satu dampak keberhasilan politik etis di tanah Jawa.

Presiden Soekarno menetapkan tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 1948, di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Penetapan tersebut diperkuat dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 1 Tahun 1985 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Artikel terkait: Hari Anak Nasional Jadi Google Doodle, Apa Makna dan Sejarahnya?

32 Ucapan Hari Kebangkitan Nasional

Ucapan Hari Kebangkitan Nasional Penuh Semangat

ucapan hari kebangkitan nasional

Berikut ini ucapan Hari Kebangkitan Nasional yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, saatnya kita bangkit dari segala keterpurukan. Kita pasti bisa!
  2. Mari jadikan Hari Kebangkitan Nasional sebagai momentum semangat penggunaan media sosial untuk hal positif dalam persatuan dan kesatuan untuk kemajuan bangsa. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2021.
  3. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, bangkitlah rasa persatuan, kesatuan, dan nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  4. Saatnya bekerja nyata dan mandiri dengan cara yang penuh inisiatif untuk Indonesia tercinta. Selamat Hari Kebangkitan Nasional!
  5. Menjadi nasionalis tak berarti harus anti dengan pengaruh bangsa lain. Temukan harmoni dengan kekayaan seni budaya bangsa lain. Selamat Hari Kebangkitan Nasional.
  6. Jika dulu kita bangkit untuk meningkatkan semangat persatuan kesatuan dan nasionalisme kita melawan penjajah, sekarang kita bangkit untuk bersatu melawan hal yang melemahkan persatuan kesatuan bangsa ini.
  7. Mari bersatu saling merangkul menyatukan perbedaan menuju kebangkitan bangsa.
  8. Indonesiaku sudah muak dengan segala kekerasan, mari sebagai anak negeri untuk selalu bersatu dalam jiwa Pancasila. Selamat Hari Kebangkitan Nasional.
  9. Mari bergotong royong membangun Indonesia yang lebih maju.
  10. Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Pemuda-pemudi zaman old sibuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pemuda-pemudi zaman now sibuk memperjuangkan doi yang nggak pernah peka. Semangat ya! Jangan lupa sadar diri.
  11. Hari Kebangkitan Nasional, saatnya Bangkit untuk Bersatu!

Artikel terkait: Hari Kebangkitan Nasional 2020, Jokowi: “Wujudkan Solidaritas untuk Mengatasi Pandemi”

Meniru Semangat Boedi Oetomo

Kobarkan Semangat Perjuangan, 32 Ucapan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

  1. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, jadilah penggerak seperti Budi Utomo, wahai pemuda!
  2. Jadilah Penggerak seperti Boedi Oetomo, wahai pemuda pemudi bangsa! Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional.
  3. Bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang, lakukan saja perjuangan itu dengan tindakan nyata. Berkarya nyata!
  4. 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional karena pada tanggal itu di tahun 1908 lahir organisasi kebangsaan pertama di Indonesia, Boedi Oetomo. Selamat Hari Kebangkitan Nasional.
  5. Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka atau mati! Selamat Hari Kebangkitan Nasional.
  6. Jangan biarkan perbedaan memecah persatuan, bangkitkan kesatuan dan nasionalisme untuk menyatukan bangsa kita. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
  7. Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Untuk jiwamu yang lemah juga segera bangkit.
  8. Jangan sampai kekuasaan yang ada memburamkan dan mengaburkan jejak-jejak sejarah bangsa ini demi kepentingan golongan tertentu. Selamat Hari Kebangkitan Nasional.
  9. Lama tersungkur bukan berarti musti terkubur. Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Mari kita bangkit untuk bersatu.
  10. Seorang pahlawan masa kini adalah seseorang yang mampu membangkitkan semangat patriotisme juga nasionalisme untuk persatuan bangsa. Itulah kebangkitan sejati!

Berkarya untuk Negeri

Kobarkan Semangat Perjuangan, 32 Ucapan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

  1. Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional, mari bangkit untuk untuk terus maju agar berguna bagi bangsa dan negara.
  2. Mari kita bangkit untuk bisa membangun negeri ini menjadi lebih sejahtera!
  3. Menyongsong masa depan semangat bergelora. Selamat Hari Kebangkitan Nasional.
  4. Bangkit adalah perjuangan bersama-sama untuk membawa Indonesia lebih maju, Selamat Hari Kebangkitan Nasional!
  5. Yuk, bersama-sama bangkit dan berkarya untuk bangsa ini.
  6. Selamat kuucapkan pada tanah airku Indonesia! Selamat Hari Kebangkitan Nasional bangsaku! Semoga ini bukan lagi sekadar seremonial belaka!
  7. Akhiri semua keributan, lalu mulai bangkitkan semangat. Selamat Hari Kebangkitan Nasional.
  8. Setegak apa negeri ini bangkit, setegak hasrat semangatmu tak mampu tergoyah untuk meng-Indonesia. Selamat Hari Kebangkitan Nasional.
  9. Pahlawan sejati adalah seseorang yang mampu membangkitkan kesadaran untuk meraih mimpi, memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme demi persatuan bangsa karena itulah kebangkitan sejati! Selamat Hari Kebangkitan Nasional.
  10. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, mari bangkit dari segala keterpurukan dan bangkit untuk terus maju agar berguna bagi bangsa dan negara.
  11. Kemerdekaan hanya akan didapat bagi mereka yang memiliki semangat yang berapi-api. Jadilah pemuda dan pemudi Indonesia yang tangguh dan selalu memiliki tekad yang kuat untuk mengharumkan nama bangsa!

****

Nah, itulah tadi contoh ucapan Hari Kebangkitan Nasional. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Baca juga:

30 Ucapan Hari Buruh dan Pesan Menaker RI untuk Pengusaha

5 Fakta Sejarah Hari Ayah Nasional 12 November, Awalnya Bermula dari Surat

“Buat Saya Hari Kartini Itu Bikin Miris…”

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *