Kominfo Siapkan 2 Aplikasi untuk Dorong Digitalisasi UMKM

  • Whatsapp
Kominfo Siapkan 2 Aplikasi untuk Dorong Digitalisasi UMKM


SuaraPemerintah.id – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi (Kominfo) berupaya mempercepat digitalisasi di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membangkitkan perekonomian Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan bahwa untuk mewujudkan hal itu, pemerintah telah menyiapkan aplikasi Jaringan Pariwisata (JPHub) untuk mempercepat pelaku pariwisata dan UMKM masuk ke loka pasar atau marketplace.

JPHub merupakan platform digital yang dikembangkan oleh PT Telkom dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo.

Selain itu, lanjutnya, JPHub juga akan terhubung dengan metode pembayaran cashless melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Gunakan kedua super aplikasi ini sebagai media perantara dari produksi-produksi UMKM dan ultra mikro untuk masuk ke marketplace,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (19/6/2021).

Berdasarkan data Asosiasi e-Commerce Indonesia per Mei 2021, sebanyak 21 persen dari target atau 13,7 juta pelaku UMKM sudah memanfaatkan marketplace untuk memasarkan usaha mereka.

Sepanjang tahun lalu, sektor ekonomi digital di Indonesia tercatat tumbuh sebesar 11 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pertumbuhan yang tinggi tersebut, ekonomi digital memberikan kontribusi pada perekonomian nasional sebesar 44 miliar dolar AS atau sekitar Rp 619 triliun.

Johnny menuturkan pemanfaatan kedua aplikasi tersebut diklaim akan mendorong pelaku UMKM Indonesia digital onboarding. Menurutnya, sebagai pilar penting GDP nasional, pemerintah berharap ada sekitar 30 juta UMKM sudah terdigitalisasi pada 2024.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *