Krakatau Steel Luncurkan Aplikasi Smart Village Indonesia untuk Kota Cilegon

  • Whatsapp
Krakatau Steel Luncurkan Aplikasi Smart Village Indonesia untuk Kota Cilegon


Bacaan Lainnya

Jakarta, Bumntrack.co.id – Melalui anak usahanya yang bergerak di bidang teknologi informasi, PT Krakatau Information Technology (Krakatau IT), PT Krakatau Steel (Persero) Tbk meluncurkan aplikasi Smart Village Indonesia pada Selasa (27/4) di Kantor Pemerintah Kota Cilegon. Aplikasi Smart Village Indonesia merupakan hadiah yang diberikan oleh Krakatau Steel Group untuk ulang tahun Kota Cilegon yang ke-22 yang jatuh pada hari yang sama.

“Aplikasi Smart Village Indonesia adalah bentuk kontribusi Krakatau IT kepada Kota Cilegon. Konsepnya dibangun untuk mendekatkan warga dan pemerintah,” kata Direktur Utama PT Krakatau IT, Budi Tjandra Negara di Jakarta, Rabu (28/4).

Aplikasi ini adalah inovasi yang dibangun oleh tim pengembangan aplikasi Krakatau IT untuk mewujudkan Kota Cilegon sebagai Kota Smart atau Kota Pintar. Dengan tagline ‘Warga Pintar Masa Kini Hanya Dalam Satu Genggaman”, aplikasi ini memiliki fitur pengelolaan informasi yang lengkap mengenai data kebutuhan kependudukan hingga kepada penyediaan informasi potensi wisata serta pemberdayaan ekonomi lainnya. Aplikasi bisa diakses melalui perangkat mobile android dengan mengunduh melalui google playstore, sehingga diharapkan mampu mendukung sebuah perubahan di kota Cilegon yang lebih modern.

“Kami menyambut baik gagasan dan kerjasama yang diprakarsai oleh Krakatau IT, terlebih aplikasi Smart Village Indonesia ini diberikan oleh Krakatau IT secara cuma-cuma, sebagai bentuk tanggung jawab industri terhadap kota yang telah menaunginya,” kata Walikota Cilegon, Helldy Agustian.

Smart Village Indonesia membantu warga untuk melakukan pendataan kependudukan, pengelolaan dan kepengurusan RT dengan cara yang lebih mudah, efisien, akurat, dan transparan. Nantinya masyarakat juga dapat turut berperan secara aktif baik dalam mendapatkan informasi maupun menyampaikan saran dan segala kebutuhan informasi lainnya yang dibutuhkan melalui aplikasi ini.

“Aplikasi Smart Village Indonesia ini bisa menjadi aplikasi yang bisa menjawab harapan para pemangku kepentingan di Kota Cilegon untuk mewujudkan peradaban baru yang lebih maju, pelayanan yang lebih cepat, efisien dan terintegrasi,” ungkap Budi.

Pengembangan selanjutnya dirancang untuk dapat mendukung pembangunan Commad Center di Kota Cilegon untuk memastikan semua aktifitas, sekaligus menampung kebutuhan atau keluhan masyarakat, agar bisa segera ditanggulangi. Krakatau IT berkomitmen untuk mengembangkan aplikasi Smart Village Indonesia agar bisa diterima di seluruh Kota di Indonesia karena akan membantu pemerintah setempat dalam menentukan kebijakan yang tepat dan sesuai sasaran. Aplikasi Smart Village Indonesia akan menjadi aplikasi unggulan selain beberapa produk aplikasi unggulan lainnya yang telah dibangun Krakatau IT, seperti Krakatau Hospital System (KHS) yang telah di implementasikan di lebih dari 25 Rumah Sakit di seluruh Indonesia, dan beberapa produk aplikasi lainnya, seperti: eProcurement, Business Intelligence, eOffice, eSmart, Cyber Security.

“Setelah serah terima aplikasi Smart Village Indonesia, kami akan terus berkolaborasi dengan Pemkot Cilegon untuk bisa saling memperkuat pelayanan masing-masing. Kami pun akan mencoba mengembangkan produk serupa di daerah lainnya di Indonesia, dengan menggandeng business partner yang ada di wilayah setempat. Saat ini kami sedang menjajaki penggunaan aplikasi ini di 8 kota besar lainnya di Indonesia,” pungkas Budi Tjandra Negara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *