Lagi Berhemat? Ini Cara Efektif Buat Menabung di Bank



“Bang bing bung yok, kita nabung. Tang ting tung, hey jangan dihitung. Tahu-tahu kita nanti dapat untung…”

Be-emers pasti familiar banget nih sama penggalan lirik lagu Menabung karya maestro Eyang Titiek Puspa tadi. Apalagi kalau sampai hafal lagunya, berarti Be-emers sudah enggak muda lagi. Hihihi.

Lagu itu juga jadi penanda banget nih kalau sebaiknya kita sudah harus punya kesadaran buat menabung dari sedini mungkin.

Soalnya, menabung itu punya sederet manfaat, kayak mengajarkan kita buat hidup lebih hemat, punya dana darurat, mencegah kita buat berutang, hingga mempersiapkan masa depan.

Baca juga: Tips Menabung Harian yang Efektif

 

Cara Efektif Menabung di Bank

Kalau dulu waktu kecil kita lebih suka menabung di celengan atau tabungan sekolah yang ditulis manual pakai buku saku, sekarang menabung uang di bank jadi pilihan yang aman sekaligus praktis.

Sementara ituBe-emers juga mesti memperhatikan beberapa hal biar lebih efektif menabung di bank.

Cara Efektif Buat Menabung di Bank Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

1. Sesuaikan Kebutuhan

Tujuan utama menabung memang buat berhemat dan mempersiapkan diri buat masa depan. Nah ternyata, menabung juga perlu disesuaikan sama kebutuhan kita, lho. Misalnya, Be-emers sudah harus bisa menentukan tabungan tersebut untuk keperluan jangka panjang atau pendek.

Dijamin sama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), bank enggak punya risiko penurunan nominal dana.

Nah kalau kata Komisaris Oneshildt Financial Planing Mohamad Andoko, dilansir dari Harian Bisnis Indonesiahal itu lah yang bikin penempatan dana di bank cocok buat Be-emers yang punya kebutuhan jangka pendek. Jadi, Be-emers bisa gampang buat tarik dana kalau ada kebutuhan mendadak.

Sedangkan buat Be-emers yang memang punya tujuan menengah hingga jangka panjang, bisa pilih produk tabungan berjangka kayak tabungan pendidikan atau tabungan pensiun. Kamu juga bisa juga langsung coba berinvestasi reksa dana.

 

2. Punya Lebih dari Satu Rekening

Tidak, ini tidak membuat kita terlihat terlalu tisu alias duit kalau punya rekening lebih dari satu sih. Hehe. Di sisi lain, punya rekening lebih dari satu itu juga menguntungkan, lho.

Ini bisa jadi strategi pengelolaan keuangan yang paling mudah buat dilakukan. Misalnya, Be-emers bisa membuat banyak rekening yang tujuannya buat rekening khusus gaji, hasil bisnis sampingan, atau memang khusus untuk menabung saja.

 

3. Perhatikan Biaya Admin

Jangan maunya gratisan mulu ya Be-emers. Menabung di bank juga dikenakan biaya admin.

Walau dinilai enggak terlalu besar, tapi kalau Be-emers punya lebih dari satu rekening, biaya admin yang mesti kita tanggung juga bisa memotong cukup banyak saldo kamu nih.

Apalagi, saat kamu harus transfer ke lain bank, kamu tentunya akan dikenakan biaya admin. Adapun, kini kamu bisa memanfaatkan fasilitas BI Fast, yang mana hanya dikenakan tarif Rp2.500 setiap transaksi pengiriman uang.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Kesalahan saat Menabung

Editor: Rachma Amalia





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.