Lagi Cari Peluang Usaha 2022? Simak Peluang Usaha SPBU Mini dan Keuntungannya!



Kebutuhan yang semakin meningkat ditambah naiknya harga kebutuhan pokok membuat kita harus pintar-pintar mengelola keuangan. Banyak juga yang akhirnya mencari tambahan penghasilan melalui usaha tertentu.

Bagi kamu yang sedang bingung mencari usaha apa yang prospeknya bagus, Suara-Pembaruan.com punya rekomendasinya buat kamu. Usaha SPBU Mini, usaha pom mini, atau waralaba spbu mini dapat kamu jadikan pilihan.

Kamu tahu kan, kalau penjualan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia masih didominasi oleh perusahaan tertentu? Meskipun saat ini sudah mulai masuk perusahaan tandingan lain, masyarakat tetap memilih membeli BBM dari SPBU yang sudah memiliki nama.

Namun, biasanya SPBU tidak ada di setiap daerah atau kecamatan. Kamu bisa menjadikannya peluang usaha SPBU Mini atau bisnis pom bensin. Nah, daripada kesal dan pusing karena harga BBM naik, lebih baik kamu jadi juragan BBM saja. Caranya kamu hanya perlu mendaftar kemitraan SPBU tertentu.

 

Daftar Waralaba SPBU yang Bisa Dijadikan Peluang Usaha

Yuk, simak waralaba SPBU apa saja yang bisa kamu ikuti.

Modular Shell

Perusahaan penyedia energi asal Inggris memiliki program kemitraan bagi pihak-pihak yang ingin mendirikan SPBU sendiri. Melalui SPBU Shell Modular kamu bisa mendirikan SPBU dengan merek Kerang.

Berapa Biaya Waralaba Kulit SPBU?

Shell menyediakan dua skema kemitraan, Program Kemitraan Pengecer dan Program Kemitraan Pedagang.

  1. Program Kemitraan Pengecer

    Jika mengikuti program ini status kepemilikanmu akan menjadi mitra pengelola saja, kepemilikan SPBU akan tetap dipegang Shell. Biaya yang diperlukan untuk modal awal usaha SPBU Shell adalah Rp500 juta tanpa asset tanah.

    Shell akan menyediakan tanah, bangunan, peralatan utama dan stok bahan bakar. Kemudian kamu bisa mengelola SPBU dengan sistem bagi hasil berdasarkan performa.

  2. Program Kemitraan Pedagang

    Jika kamu mendaftar dengan skema ini maka status kepemilikanmu terhadap SPBU akan menjadi pemilik. Namun, modal awal yang dibutuhkan memang lebih besar total Rp1,5 Miliar dengan asset tanah.

    Kamu akan menyediakan tanah, bangunan, dan mengelola SPBU. Sedangkan shell akan menyediakan peralatan utama termasuk kelistrikan dan stok bahan bakar.

BP-AKR

Beberapa dari kamu mungkin belum familiar dengan perusahaan ini. BP-AKR adalah gabungan atau bekerja sama antara British Petroleum (BP) dan PT AKR Corporindo Tbk.

Perusahaan ini juga memiliki program kemitraan yang dapat kamu ikut. Skema yang tersedia saat ini adalah Dealer Owned Dealer Operate (DODO). Jadi kamu harus menyiapkan asset tanah beserta sertifikat dan izin usaha, sedangkan BP AKR akan menyuplai stok bahan bakar.

Jika kamu belum memiliki cukup modal dan lahan untuk mendirikan SPBU, coba dahulu dengan SPBU Mini.

 

Pertamina Melalui Bisnis Pertashop

Bisnis Pertashop. (Sumber: mypertamina.id)

BUMN ini memiliki kemitraan SPBU Mini yang disebut dengan Pertashop dan sudah cukup popular di Indonesia. Ada tiga spesifikasi yang dapat kamu pilih untuk mulai bisnis SPBU Mini.

 

Berapa Harga Kemitraan SPBU Mini Pertamina?

Pertama, tipe emas dengan modal awal Rp250 juta sudah termasuk biaya pengiriman. Dalam tipe ini kamu akan mendapat tangki kecil, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki lahan sempit.

Kedua, tipe platinum dengan modal awal Rp400 juta termasuk biaya instalasi. Tipe ini memiliki ukuran yang lebih besar sehingga kamu bisa menjual selain BBM, misalnya LPG dan Pelumas Pertamina.

Ketiga, tipe berlian dengan modal awal Rp500 juta termasuk biaya instalasi. Pada tipe ini stok bahan bakar yang akan kamu dapatkan lebih besar dari tipe-tipe sebelumnya.

 

ExxonMobil

ExxonMobil adalah perusahaan energy asal Amerika. Di Indonesia, untuk mendirikan SPBU mini ExxonMobil menggandeng PT Indomobil Prima Energi.

Dilansir dari website bphmigas.go.id, modal agar bisa bergabung dalam waralaba SPBU Mini ExxonMobil berkisar Antara Rp65 juta hingga Rp85 juta. Namun, kamu harus menyiapkan lahan sendiri. Selain itu ada biaya deposit pasokan BBM dan suku cadang sebesar Rp40 juta.

Kalau kamu tertarik berinvestasi langsung di SPBU besar atau mau coba SPBU mini dulu, nih?

Mau berbagi opinimu juga melalui Suara-Pembaruan.com? Yuk, mulai tulis pengalamanmu seputar investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, ataupun entertainment di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.