Lakukan 9 Cara Ini Agar Bunga Anggrek Tumbuh Subur dan Indah

  • Whatsapp
Lakukan 9 Cara Ini Agar Bunga Anggrek Tumbuh Subur dan Indah


Anggrek merupakan salah satu tanaman favorit untuk ditanam di rumahnya. Memiliki banyak jenis bunga yang beraneka bentuk dan warna, anggrek yang indah dapat menambah semarak kebun kecil Parents. Sebelum memutuskan untuk menanamnya, ketahui cara tepat merawat anggrek berikut ini.

Selain cantik dengan warnanya yang mencolok dan kelopak bunganya yang besar, beberapa jenis anggrek juga memiliki wangi yang sangat harum sehingga bisa menambah nyaman hunian Parents. Di dataran Tiongkok, Cina, tanaman ini juga terkadang dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional.

Artikel Terkait: 7 Cara Merawat Tanaman Calathea, Plantmom Perlu Tahu!

9 Cara Merawat Anggrek yang Bisa Dicoba di Rumah

1. Pilih Media Tanam yang Cocok

Penting untuk memilih media tanam yang cocok untuk tanaman anggrek kesayangan Parents. Siapkan media tanam yang mudah dialiri air, misalnya arang kayu, batang pohon tipis, atau lumut.

Jika ingin menggunakan arang kayu, rebus arang terlebih dahulu dan pecah-pecah menjadi ukuran kecil sebelum dimasukkan ke dalam pot. Campurkan dengan pecahan batu bara steril dengan perbandingan 1:2 dengan arang kayu.

2. Gunakan Pot yang Tepat

9 Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Indah Berbunga

Selain memastikan anggrek ditanam di media tanam yang cocok, gunakan pula pot yang tepat. Beberapa jenis anggrek tidak bisa tumbuh dengan baik jika potnya tergenang air. Oleh karena itu, pastikan untuk menanam anggrek di pot yang memiliki lubang drainase memadai. Pot yang terbaik untuk anggrek adalah pot yang terbuat dari tanah liat berpori.

3. Letakkan di Tempat Lembap

9 Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Indah Berbunga

Anggrek akan lebih subur jika ditanam di tempat yang sejuk dan lembap. Letakkan bunga anggrek di pinggir kolam ikan atau air mancur. Jika tak memiliki keduanya, pasang sprinkler otomatis di taman agar area sekitar anggrek tumbuh tetap lembap dan tidak kering.

Artikel Terkait: 9 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Agar Tumbuh Subur

4. Rajin Dibersihkan

cara merawat anggrek

Jangan lupa untuk rutin membersihkan tanaman anggrek. Jaga agar potnya tetap bersih dari daun-daun kering dan sampah. Jika ada salah satu bunga yang layu atau sakit, segeralah potong agar tidak menulari bunga lainnya yang masih sehat.

5. Hindari Panas Berlebih

9 Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Indah Berbunga

Anggrek dapat tumbuh dengan lebih baik jika brada di suhu yang tepat. Suhu yang baik untuk anggrek berkisar antara 15 derajat celcius hingga 20 derajat celcius. Buatlah ‘rumah’ anggrek untuk melindunginya dari sengatan matahari, namun juga mendapatkan cahaya yang cukup.

Parents bisa menghamparkan paranet di atas tempat menanam anggrek agar tidak panas, namun juga tetap cukup mendapat cahaya. Selain itu, anggrek juga bisa ditanam di rumah kaca.

6. Siram Secara Rutin

9 Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Indah Berbunga

Pastikan anggrek disiram secara rutin agar tidak layu. Namun, perlu diperhatikan bahwa anggrek cukup sensitif terhadap jumlah air yang diterimanya sehingga usahakan anggrek tidak tergenang oleh air dan jangan terlalu sering menyiramnya.

Siramlah anggrek di pagi hari, tak lebih dari jam 9 pagi dan di sore hari pukul 3-5 sore. Siram air sekitar satu gelas saja atau gunakan botol penyemprot.

Artikel Terkait: Agar Tumbuh Sehat dan Kuat, Ini Cara Menanam dan Merawat Lidah Buaya

7. Berikan Pupuk Berkala

9 Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Indah Berbunga

Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada anggrek, entah itu jenis pupuk tabur, siram, atau pupuk untuk tanah. Tambahkan pula zat pemicu pertumbuhan seperti ZPT atau hormon gibrelin yang dapat memicu sel pertumbuhan dalam tangkai dan akar anggrek.

Tak perlu terlalu sering memberikan pupuk, sekitar tiga kali seminggu sudah cukup. Berikan pula vitamin dan campurkan air kelapa pada ZPT agar bekerja lebih optimal.

8. Semprot dengan Antihama

9 Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Indah Berbunga

Tanaman anggrek rentan terkena hama, oleh karena itu berikanlah semprotan antihama secara rutin. Gunakan pestisida dengan dosis ringan agar hama serangga tak mengganggu bunga anggrek Parents tumbuh. Selain itu, pestisida juga bisa menghalau tumbuhnya jamur.

9. Memecah Tunas Anggrek

cara merawat anggrek

Jika tanaman aggrek terlihat sudah terlalu banyak dan memenuhi pot, lakukan repotting secara teratur. Ganti pot dan juga ganti media tanamnya agar tidak kehabisan nutrisi. Sebelum memotong anggrek, sterilkan terlebih dahulu pisau atau gunting yang akan digunakan dengan cara direbus, dibakar sebentar di atas api, atau direndam dalam disinfektan/alkohol.

Nah, dengan mengetahui cara merawat anggrek yang tepat seperti di atas, maka tanaman anggrek Parents pun bisa tumbuh dengan subur dan indah. Apakah Parents juga memiliki tanaman anggrek kesayangan di rumah?

Baca Juga:

6 Cara Merawat Alocasia Dragon Scale Agar Tumbuh Sehat dan Subur

6 Manfaat Merawat Tanaman Hias Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Hobi Baru Selama Pandemi, Titi Kamal Bagikan 4 Tips Merawat Tanaman Hias

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *