Langkah Mengatasi Insecure dengan Metode Mindfulness | Suara-Pembaruan.com

  • Whatsapp
Langkah Mengatasi Insecure dengan Metode Mindfulness | YuKepo.com


unsplash.com

Sering kali kamu memperlakukan diri terlalu keras dengan membandingkan pencapaian orang yang ada di sekeliling. Pencapaian yang berbeda juga membuat banyak yang merasa dirinya gagal. Hal ini membuat seseorang jadi makin insecure terhadap banyak hal.

Merasa inferior karena membandingkan diri dengan orang lain adalah hal yang kerap terjadi. Bahkan sulit diatasi jika diri sendiri belum sadar mengenai konsep mindfulness atau kesadaran. Sikap ini bisa mempengaruhi psikis dan kehidupan sosialmu.

Untuk berhenti merasa insecure, kamu harus melakukan banyak hal agar lebih mengenal dan memahami diri. Tentang hal yang disuka dan tidak, yang ingin dicapai, dan introspeksi lainnya. Agar lebih mudah, kamu bisa mencoba metode mindfulness secara perlahan-lahan. Cara ini juga dapat menyadarkan kekurangan yang dimiliki dan memicu diri untuk memperbaikinya dan menjadi lebih baik.

1. Kenali dan hindari pemicunya



pixabay.com

Langkah pertama untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain adalah dengan mengenali dan menghindari pemicunya. Kamu harus sadar dan mengetahui di situasi seperti apa yang kira-kira membuatmu jadi bersikap marah dan sedih. Kenali ciri yang membuat kamu merasa down. Setelah itu, cobalah untuk perlahan membatasi atau menjauhi hal-hal tersebut.

Jika merasa down dan bersedih ketika melihat unggahan foto teman di media sosial, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi penggunaan platform tersebut. Kamu bisa mute posting-an, logout, atau deactive akun untuk sementara waktu.



2. Punya batasan



pixabay.com

Untuk yang sulit menolak permintaan orang lain, ini saatnya untuk memberikan batasan untuk diri sendiri dan orang lain. Batasan ini bisa menghindarkanmu dari insecure. Jangan segan untuk bilang tidak dan menjauhkan diri sementara waktu dengan orang tertentu yang sering membuatmu kerepotan sendiri.

3. Biasakan positive self-talk



pixabay.com

Membiasakan bicara sendiri juga ternyata cukup baik. Ketika ada hal yang menjadi awalanmu membandingkan diri, cobalah untuk mengabaikan pemikiran negatif tersebut dan mulai biasakan positive self-talk. Sering-seringlah berbicara positif kepada dirimu sendiri. Coba ingat lagi beberapa obrolan sederhana ini dan jawab sendiri, seperti:

– Kapan terakhir kali memuji dirimu cantik?

– Kapan kamu meminta maaf dengan tubuhmu karena sering diajak begadang memikirkan hal yang belum pasti di masa depan?

– Sudah berterima kasih pada diri sendiri karena sudah tegar melewati hari yang menyebalkan dengan baik?

4. Kamu lebih kuat dari yang kamu kira


pixabay.com

Ketika sedang merasa iri dengan orang lain, katakan dalam hati hal-hal yang positif tentang dirimu sendiri. Ubah pikiran dan percaya kalau kamu mampu. Secara perlahan, hal positif akan datang padamu dan bisa menumbuhkan rasa optimis yang bisa mendongkrak rasa percaya diri.

Memiliki rasa optimis lewat pikiran bisa mencegah kamu mengalami kecemasan, depresi, atau stres. Kamu nggak lemah. Kamu kuat lebih kuat dari apa yang kamu pikirkan.

5. Tulis semua pencapaian


pixabay.com

Metode mindfulness mengajarkan kamu untuk sadar dalam menjalani hidup. Maka dari itu, tulis segala pencapaian yang telah diperoleh. Mulai dari yang sederhana saja dulu. Seperti berhasil tidak tidur larut malam dan mencuci baju. Setelah itu, lanjutkan dengan pencapaian besar seperti penghargaan pegawai terbaik di kantor.

Mencatat semua pencapaian yang telah diraih akan membuat lebih percaya diri dalam segala hal. Kamu juga akan lebih menghargai diri sendiri sehingga tidak lagi berpikir untuk membandingkan dengan orang lain.

6. Lakukan hal yang disukai



pixabay.com

Fokuskan untuk menyibukkan diri dengan hal yang disukai. Kalau berkaca dengan hidup orang lain, selalu ada banyak orang sukses lain. Berkaca di kehidupan orang lain itu melelahkan. Kamu jadi mudah emosi dan tersinggung. Coba lagi memulai apa yang kamu suka saja. 

7. Bersyukur dengan segala yang dimiliki



pixabay.com

Tutup mata dan resapi. Berapa banyak hal sederhana yang kamu abaikan demi pencapaian yang melelahkan? Kekurangan yang ada padamu pasti banyak kelebihannya pula. Mensyukuri hidup mulai dari yang kecil hingga yang besar adalah langkah sederhana yang bisa membuat kamu merasa cukup atas semuanya.

Langkah dengan metode mindfulness di atas bisa dilakukan dengan sadar supaya tidak lagi merasa insecure. Kamu cukup untuk dirimu sendiri. Berhenti untuk menyalahkan diri atas situasi yang bukan salahmu. Kalau dirasa masih kesulitan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan para professional. Dengan bantuan mereka, kamu bisa mendapatkan saran dan bimbingan yang tepat untuk berhenti dari insecure.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *