Laporan Pengalaman Gaming di 3 Indonesia Juara, Telkomsel Berlahan Coba Menyusul!

  • Whatsapp


Jakarta, Selular.ID – Berdasarkan laporan Opensignal, bertajuk ‘Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2021 kembali menetapkan 3 Indonesia sebagai operator selular dengan pengalaman game terbaik.

Bacaan Lainnya

Catatan ini melanjutkan laporan sebelumnya, tepatnya pada Juli 2020 yang saat itu lembaga risit ini juga menetapkan 3 Indonesia dengan pengalaman game terbaik, meninggalkan para pesaingnya di Tanah Air.

Hanya saja dalam laporanya kali ini, Opensignal mencatat ada penurunan tipis 1,2 poin pada 3 Indonesia dalam pengalaman gamingnya, dan sebaliknya Telkomsel yang menduduki peringkat dua dilaporkan tumbuh 4 poin.

Hasilnya, hanya terpaut point yang terbilang tipis dari kedua operator tersebut, yaitu sekitar sebelumnya 11,7 poin (20,4%) kini menjadi 6,6 poin (10,6%).

Di lain operator, pengalaman game ternyata juga kian menguat. Smartfren dalam laporan ini alami peningkatan potensial sebesar 8,7 poin dan XL memiliki peningkatan terkecil sebesar 2,9 poin. Berbeda dengan pengguna Indosat ternyata menurut laporan ini alami penurunan sebesar 3,2 poin dalam pengalaman game.

Sehingga berdasarkan skor ini, pengalaman game pada 3 Indonesia masuk dalam kategori cukup (65<75), sementara operator lain dinilai lebih rendah, karena masing-masing Telkomsel mengantongi skor 66.3, Smartfren 58.4, XL 61.1 dan Indosat 56.6.

Kendati demikian, Telkomsel dari sisi penguatan ekosistem gaming tak dipungkiri juga cukup terdepan.

Seperti yang kita ketahui di industri game mobile Indonesia yang sedang bertumbuh ini, operator plat merah tersebut turut melengkapi ekosistem dengan meluncurkan penerbitan game di bawah merek Dunia Games, yang kini tercatat memiliki lebih dari 15 juta pengguna aktif bulanan.

Dan sebagai catatan pula, Telkomsel berhasil mencatatkan total pendapatan senilai Rp65,14 triliun pada kuartal III/2021, meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Yang menarik, pendapatan dari bisnis digital yang tak dipungkiri dari sektor gaming itu memberi kontribusi terbesar terhadap total pendapatan. Dari layanan bisnis digital, Telkomsel mencatat pendapatan senilai Rp50,5 triliun atau naik 6 persen secara tahunan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.