Launching Bank Sampah The Castilla BSD City, Tangsel

111

Suara-Pembaruan.com — “Saya ucapkan selamat dan semoga warga bisa terus komit dan berjalan dengan program bank sampah ini, terus dengan antusiasme yang besar,” ujar M Eddy HS, Lurah Rawa Mekar Jaya.

Harapan lurah kepada warga the Castilla disertai janji untuk membantu, jika ada yang dibutuhkan, silahkan langsung hubungi pihak kelurahan Rawa Mekar Jaya.

“Yang pasti, dengan kepengurusan swa kelola di Castilla, kepedulian akan bank sampah Castilla. Ini membuktikan, pemerintah dibantu dalam pengelolaan lingkungan kita,” masih kata M Eddy, Lurah RMJ, saat pengguntingan pita.

Pada 11 Juni 2022, jam 8.00 tepat lauching berlangsung.  Dengan tagline: Cintai Bumi, Donasikan SampahMu”

Kemajuan teknologi saat ini telah mampu mendaur ulang jenis sampah anorganik, termasuk masker dan spundbond.

Kumpulkan, pilah kemudian donasikan.

“Ya, kita membangun kepedulian sejak dini, dimulai dari langkah kecil ini,” ujar Adi Gunawan, Ketua RW Kompleks The Castilla, BSD City.

Dalam sambutannya, Betha, salah seorang Direktur Utama bank Sampah ini menjelaskan, “Menanamkan kebiasaan baru, memilah sampah.”

Betha memaparkan gerakan awal dari soft lauching Bank sampah The Castilla, bahwa sampah anorganik yang dikumpulkan sudah dipilah dari rumah.

Setelah tahap ini, kan dimulai juga pengolahan sampah organik.

Tampak warga The Castilla demikian antusias menjadi komunitas Bank Sampah yang dibentuk Maret 2022.

Mengubah sampah menjadi bernilai ekonomi, artinya hasil penjualan sampah dapat digunakan untuk kegiatan sosial kompleks dan proram lingkungan lainnya.

Tak hanya botol plastik, kardus, kaleng atau bekas buku, terkumpul juga di bank sampah ada juga bekas remote control hingga komputer bekas didonasikan dalam bank sampah the Castilla.

“Kepedulian warga The Castilla sebagai pihak penyetor atau bagian dari partisipasi aktif ke bank sampah, bisa menjadi role model di tingkat komunitas,” ujar SS Budi Raharjo, mantan ketua Paguyuban Warga The Castilla yang ikut mengamati.

Dalam kaitan pengamatan ini, pengurus bank sampah, juga menyebut di hadapan pak Lurah untuk terus komit dan berkesinambungan dalam program bank sampah ini.

Acara berlangsung hingga timbang sampah. Warga yang menyumbang sampah diberi gratis sarapan dan satu botol eco enzyme.

Baca juga: Majalah MATRA edisi Juni 2022, klik ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.