Connect with us

Published

on


Asia Tenggara saat ini menjadi salah satu kawasan dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar dan tercepat di dunia. Namun, kemudahan digital juga mengundang kekhawatiran akan keamanan, terutama dalam hal privasi data. Pada pertengahan 2020, sebanyak 91 juta data pengguna terpantau diperjualbelikan melalui situs gelap atau Dark Web yang dibanderol seharga Rp73,5 juta.

Photo by Mati Mango from Pexels

Sebuah survei yang dilakukan perusahaan keamanan siber, Kaspersky, pada pertengahan 2020 mengungkapkan bahwa 40 persen konsumen dari Asia Pasifik menghadapi insiden kebocoran data pribadi yang diakses oleh orang lain tanpa persetujuan pemiliknya. Hal itu merupakan sinyal bahaya bagi masyarakat yang mulai terbiasa denganaktivitas bertransaksi online.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan bahwa sepanjang Januari hingga Agustus 2020, terdapat hampir 190 juta upaya serangan siber di Indonesia. Temuan itu meningkat lebih dari empat kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Mike Sutton, Chief Digital Officer, Allianz Life Indonesia dalam siaran persnya, membagikan sejumlah tips guna melindungi data pribadi dari pencurian saat menggunakan jasa keuangan digital sebagai berikut.

Antisipasi Permintaan Teman di Medsos
Alangkah baiknya apabila Anda menggunakan fitur private pada akun media sosial Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengecek terlebih dahulu setiap orang yang ingin terkoneksi dengan Anda. Mike Sutton, menjelaskan, terlalu banyak memberikan informasi pribadi di laman profil juga sangat tidak disarankan untuk mencegah penipu mengakses informasi personal.

Jangan Sembarang Klik Tautan Mencurigakan
Jika menerima pesan yang tampak mencurigakan, sebisa mungkin jangan klik tautan apapun atau membuka lampiran dalam pesan tersebut. Peretas mungkin mencuri data Anda melalui tautan tersebut.

Jangan Gunakan Password yang Mudah Ditebak
Biasanya platform online menganjurkan pengguna untuk menggunakan password atau kata sandi yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, huruf kapital serta simbol untuk meminimalisir password dapat ditebak dengan mudah. Mike Sutton, menjelaskan, selain memilih kata sandi yang tidak terlalu mudah, jangan lupa untuk mengganti password secara berkala.

Pastikan Keamanan Jaringan yang Digunakan
Terkadang masyarakat terlena dengan tersedianya jaringan WiFi publik. Padahal, memakai jaringan WiFi publik tidak selalu aman karena sangat rentan disusupi hacker jahat yang mencuri data pribadi. Mike Sutton, mengatakan, sangat disarankan untuk tidak menggunakan WiFi publik terutama saat melakukan transaksi pembayaran atau membuka akun bank. Dan pastikan keluar atau log out setelah pemakaian

Selalu Perhatikan Keamanan Situs
Pastikan situs yang Anda kunjungi dimulai dengan alamat https:// untuk menjamin keamanan situs. Pertukaran data dalam situs HTTPS terjaga dari pengubahan dan pencurian.

Manfaatkan Penggunaan Notifikasi Login
Notifikasi login berguna untuk menginformasikan jika ada pihak tak dikenal yang berusaha masuk ke akun Anda. Notifikasi ini biasanya akan dikirimkan melalui email /sms dengan menerangkan jenis gadget, lokasi dan waktu terjadinya login.

Aktifkan Otentikasi Dua Langkah
Otentikasi dua langkah merupakan langkah verifikasi tambahan untuk masuk ke akun. Salah satu otentikasi dua langkah yang paling sering digunakan adalah kode OTP yang dikirim melalui SMS atau telepon dan jangan memberikan PIN maupun kode OTP ini kepada siapapun.

Jangan Simpan Data Kartu Kredit di Website atau Akun e-Commerce yang tidak Kredibel
Saat ingin mendaftarkan kartu kredit untuk pembayaran di penjualane-commerce atau online shop, pastikan kredibilitas dari website dan perusahaan e-commerce atau online shop tersebut agar terhindar dari pembobolan kartu kredit. Jangan lupa juga untuk segera menghapus data kartu kredit seperti seperti nomor kartu kredit, nama lengkap, nomor CVV sesaat setelah melakukan transaksi tersebut.



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

Skill Langka yang Paling Dicari oleh Perusahaan Ternama di 2021 | Suara-Pembaruan.com

Published

on

By



unsplash.com

Sudah serba daring, banyak orang yang kini mulai terjun ke dunia bisnis. Banyaknya kegiatan yang beralih dari sistem offline ke online, mau tidak mau membuat siapa saja untuk bisa beradaptasi agar bisa bertahan hidup. Meningkatkan skill tentunya jadi cara terbaik untuk bertahan saat kondisi ekonomi masih belum stabil.

Perubahan yang serba digital secara masif dan mendadak ini membuat perusahaan membutuhkan orang dengan kemampuan baru yang sesuai dengan tren. Kebutuhan ini membuat banyak perusahaan skala kecil hingga besar ingin memiliki seorang karyawan yang ahli dalam teknologi, content, dan spesialisasi lain kekinian lainnya.

Supaya tidak ketinggalan zaman, sebaiknya kamu perlu menguasai skill berikut untuk bisa jadi kandidat yang paling dicari. Kalau jadi expert di salah satu bidangnya, bukan mustahil kamu akan direkrut sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

1. SEO specialist


pixabay.com

Kandidat yang kini sangat dicari adalah seorang spesialis SEO yang bertanggung jawab untuk membuat sebuah konten berada pada peringkat atas mesin pencarian. Hal ini tidak lepas dari banyaknya website yang dibuat para pebisnis. Meningkatnya pertumbuhan kebutuhan ini membuat mereka berbondong-bondong bersaing untuk muncul di halaman pertama dan peran SEO specialist sangat dibutuhkan.

Website yang berada di peringkat atas membuat trafik yang tinggi dan berimbas pada sales dari perusahaan. Semakin tinggi trafik, semakin tinggi pula tingkat penjualannya. Skill ini jadi tren di 2021 dan bisa dipelajari secara otodidak melalu course atau online class untuk belajar SEO.



2. UI/UX Design & Research


pixabay.com

Beberapa tahun belakangan, ahli di UI/UX mulai banyak dicari para perusahaan besar. Beberapa unicorn startup terus menerus mencari designer dan researcher hebat untuk terus membuat aplikasi berkembang semakin baik. Tidak hanya aplikasi, UI/UX juga sangat dibutuhkan untuk kenyamanan para pengguna website yang perlu perencanaan matang agar pelanggan merasa puas ketika singgah ke platform tersebut.

Peran UI/UX designer dan researcher adalah melakukan riset, analisis, rancangan, sampai pengalaman tampilan dari sudut pandang pelanggan. Pertimbahannya tidak hanya bagus secara visual, tapi juga bertujuan untuk memberikan kemudahan penggunanya. Kalau sering melihat tampilan isi website dan aplikasi yang terus di-update dan berubah, itu merupakan hasil pekerjaan UI/UX. Yakin nggak tertarik dengan pekerjaan yang sangat dicari ini?

3. Cybersecurity


pixabay.com

Mungkin banyak yang belum tahu pekerjaan ini. Selain karena yang dikerjakan gaib dan tidak bisa digenggam, para pekerjanya pun biasanya tidak bekerja ke kantor umumnya. Mereka bekerja di rumah, standby di depan PC untuk memantau adanya threat yang mengancam dari hacker.

Jika keamanan data yang rentan diretas, kepercayaan pelanggan akan hilang dan kerugian akan ditanggung akan sangat besar. Jobdesc-nya adalah mengumpulkan informasi pelanggan dan menjaga keamanan jaringan. Bekerja sebagai cybersecurity cukup menarik dengan bayaran yang nggak main-main. Sekali gajian bisa tiga kali lipat UMR Jakarta. Yakin nggak mau asah keterampilan ini?

4. Web development

pixabay.com

Meskipun sudah sangat banyak seorang web developer, tapi tingkat peminat yang tinggi membuat pekerjaan ini masih banyak dicari. Perubahan yang serba digital juga membuat banyak bidang ikut berubah, termasuk manajemen perusahaan dan integrasi sistem digital. Permintaan pembuatan app dan website semakin meningkat.

Seorang developer punya peran untuk merancang, mengunduh, menguji, dan memelihara sistem yang tepat untuk web, mobile, maupun software tergantung dari permintaan klien. Karena banyak yang harus dikerjakan, maka ada bidang turunannya. Mulai dari di bagian front end, back end developer, full stack developer, database administrator, QA engineer, dan lainnya. Masalah gaji, nggak usah khawatir dengan nominal.

5. Cloud computing

pixabay.com

Pekerjaan ini terbilang masih minim SDM tapi sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi penyimpanan dari server tradisional ke cloud. Peluang kerja untuk seseorang yang ahli dalam bidang cloud computing semakin dicari di 2021.

Skill cloud computing diperlukan untuk mengembangkan solusi perancangan, perencanaan, pengelolaan, pemeliharaan, dan mendukung penggunaan cloud itu sendiri. Meskipun tidak banyak juga yang membuka kelas khusus untuk belajar cloud computing, skill ini bisa kamu pelajari dari dasar IT.

6. Data science


pixabay.com

Sistem yang menjadi digital memuat banyak data masuk ke perusahaan. Karena itulah seorang data scientist harus mampu mengerti perolehan wawasan dan informasi, memanfaatkan perpaduan alat, algoritma, dan prinsip pembelajaran mesin untuk menentukan peluang yang lebih baik berdasarkan data yang ada.

Data science ilmunya bisa dipelajari di kelas banyak online. Kamu bisa mulai mempelajari hal dasar di bidang keuangan, penjualan, marketing, manajemen operasional, manajemen SDM, dan lainnya. Skill ini sangat dibutuhkan terutama pada industri utama seperti keuangan, perbankan, dan industri kesehatan. Menjadi seorang data scientist merupakan karier yang sangat menjanjikan.

7. Digital marketing


pixabay.com

Maraknya bisnis online membuat digital marketer sangat dicari. Kemampuan marketer secara digital sangat diperlukan di seluruh perusahaan karena peningkatan penggunaan e-commerce dan media sosial sebagai jadi wadah pemasaran produk. Belajar jadi seorang digital marketing bisa dilakukan dengan mengikuti banyak kelas online. Bila memiliki sertifikasi dari BNSP, value-mu akan semakin tinggi.

Digital marketing bertugas untuk mempromosikan brand melalui media digital. Mulai dari blog, website, email, iklan, media sosial, content marketing, dan lainnya. Dibutuhkan skill untuk melakukan riset mengenai tips dan trik melakukan pemasaran secara digital yang ampuh. Untuk bisa bersaing dengan yang lain, digital marketer biasanya punya ide yang jitu, unik, dan menarik agar produknya bisa dikenal luas.

Itu dia beberapa skill yang diminati oleh perusahaan besar pada 2021. Kamu bisa mempelajarinya dari sekarang karena area pekerjaan di bidang teknologi akan semakin sangat luas. Tidak perlu bisa di semua skill, fokuskan saja ke satu hal untuk dipelajari dan kuasai.


/*google analitic*/ (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga');

ga('create', 'UA-78364422-1', 'auto');

ga('send', { hitType: 'pageview', page: 'life/skill-langka-yang-paling-dicari-oleh-perusahaan-ternama-di-2021/', title: 'Skill Langka yang Paling Dicari oleh Perusahaan Ternama di 2021' }); setTimeout(function(){ga('send','event','30_seconds','read');},30000);



Continue Reading

Headline

Rahasia Membuat Kue Lamington yang Gurih dan Manisnya Pas | Suara-Pembaruan.com

Published

on

By



www.instagram.com

Pernah dengar istilah Lamington, dong? Kue ini beberapa tahun lalu sempat diadopsi salah satu selebriti yang membuka usaha oleh-oleh di sebuah kota. Ternyata kue bertabur kelapa kering ini adalah panganan manis khas Australia. 

Ada dua komponen yang butuh dibuat sampai akhirnya bisa menikmati dessert tersebut. Pertama tentu kue spons vanilla dan yang kedua adalah ganache cokelat. Tidak perlu resah, resepnya sudah dirangkum di bawah. Tinggal siapkan pulpen dan kertas untuk mencatat bahan yang perlu dibeli di toko terdekat. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan


www.instagram.com

Bahan kue spons: 

– 250 gr tepung terigu serbaguna

– 125 gr mentega (unsalted lebih disarankan) 

– 200 gr gula pasir 

– 1/2 sdt ekstrak vanila 

– 3 telur, keluarkan dari kulkas sampai suhunya normal 

– 3 sdt baking powder 

– 125 ml susu cair, boleh full cream atau low fat 

Bahan ganache cokelat: 

– 400 gr gula halus 

– 22 gr bubuk dark cocoa (tanpa pemanis)

– 1 sdm mentega unsalted 

Bahan pelengkap: 

– Parutan kelapa kering seperlunya, tersedia di toko bahan kue 

2. Cara membuat kue spons


www.instagram.com

– Siapkan loyang kue persegi atau persegi panjang, lapisi dengan parchment paper atau kertas roti biasa yang diberi lapisan mentega

– Campur tepung dengan baking powder di mangkuk besar, sisihkan

– Di wadah lain, kocok mentega, gula, dan ekstrak vanila sampai mengembang. Tandanya warnanya berubah lebih pucat dan teksturnya menyerupai krim 

– Tambahkan telur satu per satu ke dalam campuran mentega. Aduk sampai tercampur rata 

– Tuang tepung dengan ayakan agar tidak menggumpal. Lakukan perlahan sambil terus mengaduk adonan 

– Tuang susu perlahan, aduk kembali sampai tercampur sempurna

– Cetak adonan di atas loyang yang telah disiapkan 

– Panaskan oven sampai suhu 180? Celcius, panggang kue sampai matang sekitar 25 menit tergantung kapasitas oven.

– Ambil kue dari oven. Biarkan dingin beberapa menit

– Potong menyerupai dadu lalu masukkan dalam kontainer. Tutup rapat dan dinginkan dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam. Proses ini tidak bisa dilompati agar saat proses coating dengan ganache hasilnya maksimal

3. Cara membuat ganache cokelat


www.instagram.com

– Tuang air ke dalam panci pipih. Panaskan dengan api kecil

– Tuang semua bahan ganache ke dalam mangkuk tahan panas 

– Masukkan mangkuk ke dalam panci yang sudah berisi air. Tim selama beberapa menit sampai semua bahan tercampur rata. Aduk sesekali. Tekstur yang diharapkan adalah mirip sirup. Cair kental tetapi tidak terlalu pekat 

– Keluarkan kue spons dari kulkas. Lapisi dengan ganache cokelat. Terakhir, lumuri dengan parutan kelapa kering 

Selain dipotong-potong dadu, kamu juga bisa membuat kue lamington dengan berbagai bentuk. Beberapa juga menambahkan selai stroberi di dalam kuenya sebelum dilapisi ganache dan kelapa kering pada bagian luar. 

Ternyata begitu cara pembuatan kue lamington. Cukup sederhana, tetapi sedikit tricky di pembuatan chocolate ganache. Disarankan memilih bahan terbaik karena cokelat kualitas rendah atau sudah dilengkapi pemanis bakal membuat kue lamington terasa enek. Selamat mencoba!

/*google analitic*/ (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga');

ga('create', 'UA-78364422-1', 'auto');

ga('send', { hitType: 'pageview', page: 'life/rahasia-membuat-kue-lamington-yang-gurih-dan-manisnya-pas/', title: 'Rahasia Membuat Kue Lamington yang Gurih dan Manisnya Pas' }); setTimeout(function(){ga('send','event','30_seconds','read');},30000);



Continue Reading

Headline

Tips Tampil Stylish dengan Belted Cullotes yang Kekinian | Suara-Pembaruan.com

Published

on

By



www.marieclaire.com

Tampil dengan jeans setiap hari mungkin akan membuat pemakai setianya bosan. Bagaimana kalau sesekali kamu mencoba belted cullotes yang tak kalah kekinian dan pastinya tetap nyaman? Terlebih lagi, kulot ini cocok untuk tampilan semi formal maupun kasual.

Kabar baiknya, celana ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif dalam berpenampilan untuk pergi ke kantor, ngampus, atau jalan-jalan. Sebagai inspirasi awal untuk padupadan celana kulot, simak ulasan yang berikut ini ya. 

1. Belted cullotes + turtleneck sweater + sneakers


www.styleoholic.com

Apabila kerja di industri kreatif, kamu mungkin perlu menunjukkan penampilan yang tampak segar, tidak terlalu formal, namun tetap profesional. Kesan ini sangat mudah didapatkan ketika memadukan belted cullotes dengan turtleneck sweaters.

Agar kesan muda dan modern tetap ada, jangan lupa dengan sneakers kesayangan. Untuk pilihan warnanya, kamu bisa coba menggunakan warna-warna nude, putih, hitam, atau beige. 

2. Belted cullotes + white stripe shirt + sneakers


www.styleoholic.com

Tampilan yang berikut ini cocok juga untuk wanita berhijab. Kamu tinggal sesuaikan celananya yang ukurannya panjang bukan yang cropped. Lalu, pakai hijab dengan warna yang senada. Cocok dipakai ketika punya rencana untuk ketemu dengan teman-teman maupun punya agenda jalan-jalan tetapi butuh outfit nyaman.

3. Belted cullotes + loose shirt + chain strap bag


www.styleoholic.com

Kalau sedang buru-buru, langsung saja tanpa perlu ragu lagi dengan memakai belted cullotes dengan kaus oblong putih. Itu sudah sangat cukup modis. Potongan yang unik dari celana yang kamu kenakan sudah bisa memberi kesan unik tanpa perlu ditambahi berbagai macam aksesoris dan item lainnya. Kalau mau tampak lebih mahal dan berkelas, kamu bisa gunakan chain strap bag

4. Belted cullotes + white shirt + boots

www.styleoholic.com

Untuk wanita yang ingin penampilannya menjadi pusat perhatian, pasangkan belted cullotes dengan kemeja putih, dan sebagai ‘gongnya’ ada boots berwarna hitam. Jangan lupa untuk membawa hand bag agar terlihat semakin memesona. 

5. Belted cullotes + printed turtleneck + lace up shoes

www.styleoholic.com

Sebelumnya sudah ada padupadan belted cullotes dengan turtleneck versi semi formal dan casual. Kalau mau memberikan kesan yang lebih resmi dan formal, tinggal mengganti sepatu dan tas. Kenakan sepatu hak tinggi dan tenteng clutch hitam. Kesan yang muncul pasti akan langsung beda. Cocok juga untuk wanita karier yang sedang ada agenda meeting tetapi bingung mau pakai pakaian seperti apa. 

6. Belted cullotes + sleeveless top + high heels


www.styleoholic.com

Belted cullotes tak melulu dipadukan dengan sneakers agar kesannya tetap modern. Kamu juga bisa memadukannya dengan sepatu hak tinggi dan stiletto berwarna beige. Sebagai atasan, kamu dapat memilih sleeveless top dengan warna polos dan potongan sederhana. Perpaduan antara celana dan sepatu tersebut akan menunjukkan kesan lebih bold dan berkelas.

7. Belted cullotes + sweater + ankle strap sandals


www.styleoholic.com

Selain dipadukan dengan basic items, belted cullotes juga masih cocok ketika dikenakan bersamaan dengan item yang sedang menjadi tren saat ini. Sebagai contohnya adalah sweater dan ankle strap sandals. Padukan ketiganya untuk mendapatkan OOTD yang effortless tetapi tetap keren. Untuk kaum Hawa yang berhijab, cobain gaya ini juga, yuk.  

Setelah melihat beberapa inspirasi di atas, apa yang kamu pikirkan tentang belted cullotes? Celana ini ternyata nggak kalah modis dari jeans, ‘kan? Cocok juga dikenakan oleh wanita berhijab karena potongannya yang tak terlalu ketat. Lebih dari itu, celana ini fleksibel dikenakan untuk tampilan formal maupun santai dibanding jeans yang lebih terkesan kasual dan kurang pas jika dikenakan untuk acara resmi. 

/*google analitic*/ (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga');

ga('create', 'UA-78364422-1', 'auto');

ga('send', { hitType: 'pageview', page: 'life/tips-tampil-stylish-dengan-belted-cullotes-yang-kekinian/', title: 'Tips Tampil Stylish dengan Belted Cullotes yang Kekinian' }); setTimeout(function(){ga('send','event','30_seconds','read');},30000);



Continue Reading

Headline

Headline5 jam ago

Skill Langka yang Paling Dicari oleh Perusahaan Ternama di 2021 | Suara-Pembaruan.com

unsplash.com Sudah serba daring, banyak orang yang kini mulai terjun ke dunia bisnis. Banyaknya kegiatan yang beralih dari sistem offline...

Headline9 jam ago

Rahasia Membuat Kue Lamington yang Gurih dan Manisnya Pas | Suara-Pembaruan.com

www.instagram.com Pernah dengar istilah Lamington, dong? Kue ini beberapa tahun lalu sempat diadopsi salah satu selebriti yang membuka usaha oleh-oleh...

Headline1 hari ago

Tips Tampil Stylish dengan Belted Cullotes yang Kekinian | Suara-Pembaruan.com

www.marieclaire.com Tampil dengan jeans setiap hari mungkin akan membuat pemakai setianya bosan. Bagaimana kalau sesekali kamu mencoba belted cullotes yang tak...

Headline1 hari ago

Cara Membuat Chicken Schnitzel dengan Salad Sebagai Menu Makan Siang Baru | Suara-Pembaruan.com

unsplash.com Bingung mau bekal makan siang apa buat besok? Coba sisihkan nasi dan tempemu sejenak. Coba panganan ala Barat bernama...

Headline2 hari ago

Cara Menarik Tampilan Fashion yang Kontroversial

Dobel demin adalah tampilan fashion yang cukup kontroversial. Pasalnya penampilan ini terkenal memecah belah secara agresif masuk dan keluar dari...

Headline3 hari ago

Tempat Berburu Kerajinan Tangan di Yogyakarta

Tak hanya dianugerahi pesona alam, Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang akrab disebut Jogja juga menyimpan banyak potensi karya kerajinan tangan...

Headline3 hari ago

Menciptakan Cinta Abadi, Menurut Orang Yunani Kuno

Semua orang ingin menemukan jenis cinta yang bertahan lama. Faktanya, orang Yunani Kuno mengidentifikasi delapan jenis cinta yang berbeda. Dan,...

Headline3 hari ago

NU Care Gelar Khitanan dan Operasi Katarak Gratis Hasil Donasi Konsumen Alfamart

Suara-Pembaruan.com, Mustafa, seorang pemuda berusia 24 tahun menunggu bapaknya yang sedang menjalani operasi katarak di klinik Asshomadiyah Medicare Centre, Kelurahan...

Headline3 hari ago

Bagaimana Jenggot Pria Bisa Mengubah Gaya

Fakta tak terbantahkan bahwa jenggot membuat pria lebih menarik. Apalagi, banyak pria yang disurvei menjawab bahwa mereka merasa lebih tampan...

Headline4 hari ago

Terobosan Digital, Solusi Jitu UMKM Go Global

Pandemi Covid 19 ternyata juga membawa dampak positif bagi UMKM Indonesia. Bagaimana tidak, melalui sentuhan teknologi digital dan komunikasi mampu...

Trending

Copyright © 2021 Suara-Pembaruan.com | Kerjasama dan kolaborasi silahkan email: pimpinanmedia@gmail.com. Hotline 0817-21-7070