Masuk Bursa Efek, PT Berkah Beton Sadaya Gunakan Kode Saham BEBS

  • Whatsapp
Masuk Bursa Efek, PT Berkah Beton Sadaya Gunakan Kode Saham BEBS


Suara-Pembaruan.com – PT Berkah Beton Sadaya memutuskan untuk go public. Emiten yang bergerak di bidang industri, konstruksi, perdagangan besar dan penggalian tersebut akan masuk Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham BEBS.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan satu Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan terkait dengan penetapan Efek Syariah yaitu Keputusan Nomor: KEP-08/D.04/2021 tentang Penetapan Saham PT Berkah Beton Sedaya Tbk sebagai Efek Syariah pada tanggal 25 Februari 2021.

Dengan dikeluarkannya Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan tersebut, maka Efek tersebut masuk dalam Daftar Efek Syariah sebagaimana Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor: KEP-63/D.04/2020 tanggal 23 November 2020 tentang Daftar Efek Syariah.

Dikeluarkannya keputusan tersebut adalah sebagai tindak lanjut dari hasil penelaahan Otoritas Jasa Keuangan terhadap pemenuhan kriteria Efek Syariah atas Pernyataan Pendaftaran yang disampaikan PT Berkah Beton Sedaya Tbk sebagai Efek Syariah.

“Sumber data yang digunakan sebagai bahan penelaahan berasal dari dokumen Pernyataan Pendaftaran serta data pendukung lainnya berupa data tertulis yang diperoleh dari Emiten maupun dari pihak–pihak lainnya yang dapat dipercaya,” ujar Kepala Suara-Pembaruan.com Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen, dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Berkah Beton Sadaya dijadwalkan mencatatkan saham perdana atau listing pada Rabu (10/3). Saat ini emiten yang berkedudukan di Subang, Jawa Barat itu tengah memasuki masa penawaran umum perdana saham hingga tanggal 4 Maret 2021. Kemudian, pada 8 Maret 2021 akan dilakukan penjatahan. Selanjutnya, pada 9 Maret 2021 akan dilakukan pengembalian uang pemesanan dan distribusi saham secara elektronik.

Sedang berlangsung Penawaran Umum Perdana (IPO), Berkah Beton Sadaya melepas sebanyak 2 miliar saham dengan nilai nominal Rp 50. Jumlah tersebut mewakili 22,22% dari modal ditempatkan dan disetor setelah penawaran umum perdana saham. Adapun sahamnya ditawarkan dengan harga Rp 100, sehingga total dana yang dikantongi Berkah Beton Sadaya mencapai Rp 200 miliar.

Pembagian Saham Setelah IPO

Seperti dikutip dalam prospektus perseroan, nantinya sebesar 53,67% dana hasil IPO akan digunakan untuk membeli lahan milik PT Subang Terus Membangun dan sisanya untuk belanja modal.

“Perseroan menilai bahwa tanah tersebut berada di posisi yang strategis, mengingat jenis usaha Perseroan yang terpengaruh dengan jarak dari pabrik ke lokasi proyek dan Perseroan membutuhkan tanah seluas kurang lebih 5 hektare (ha) untuk membangun pabrik,” jelas manajemen Berkah Beton Sadaya seperti yang tertulis dalam prospektus.

Pertimbangan lainnya, di daerah tersebut sudah tidak ada lagi bidang tanah yang luasannya mencukupi. Lokasi tanah juga strategis karena dekat dengan lokasi proyek, kawasan industri, jalan tol, serta sumber bahan baku sehingga dapat menunjang keberlangsungan perusahaan demi pertumbuhan operasional yang andal.

Sehingga usai aksi IPO, masyarakat memegang sebanyak 22,22% saham perseroan, PT Berkah Global Investama memegang 35,4% dari sebelumnya 43,51%, PT Berkah Multi Beton memegang 28,78% dari sebelumnya 37%, Haji Herdis Sudana memegang 4,4% dari sebelumnya 5,71%, Sugiarwati Lucky memegang 4,98% dari sebelumnya 6,4%, PT Cipta Ihya Nusantara memegang 2,22% dari 2,86% dan Dr Ir Haji Soewarso memegang 1,36% dari sebelumnya 1,75%.

PT Berkah Beton Sadaya menunjuk Mirae Asset Sekuritas selaku penjamin emisi efek. Seperti tertulis di website resminya Mirae Asset Sekuritas, bahwa pihaknya telah menyetujui sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek dalam Penawaran Umum Perdana Saham PT Berkah Beton Sadaya Tbk.

“Terima kasih kami sampaikan atas kepercayaan Anda yang telah menjadi Nasabah setia PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Dengan ini kami informasikan bahwa PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia menjadi Penjamin Pelaksana Emisi Efek dalam Penawaran Umum Perdana Saham PT Berkah Beton Sadaya Tbk,” tulis Mirae Asset Sekuritas di website resminya https://miraeasset.co.id/.

***

Tentang PT Berkah Beton Semua

Perseroan berdiri pada bulan Januari tahun 2019, beralamat Kantor Pusat di Jl Raya Sembung Pagaden KM 9,5 Gunungsari, Pagaden, Subang, Jawa Barat. Perseroan merupakan perusahaan bergerak dalam bidang industri, Konstruksi, Perdagangan Besar dan Penggalian.

PT Berkah Beton Sadaya merupakan perusahaan industri pendukung infrastruktur yang memproduksi beton Readymix dan Precast yang selalu memberikan produk dan pelayanan terbaik. Didukung oleh tim manajemen yang solid dan personil yang berkualitas, Perusahaan percaya diri untuk menghadapi tantangan dan dinamika bisnis di masa depan.

Sejalan dengan berkembangnya produk dan mutu PT Berkah Beton Sadaya terus berusaha meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang kompeten dan ahli dibidangnya. Dengan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan ahli, PT Berkah Beton Sadaya akan terus berkontribusi dan berperan aktif dalam berbagai pembangunan, proyek swasta maupun pemerintah.

Semua orang

“Menjadi perusahaan global terbaik dalam bidang industri pendukung infrastruktur yang terintegrasi.”

Misi

  • Memproduksi beton readymix dan precast, beton ringan, asphalt dan hotmix dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif dengan mengutamakan kepuasan pelanggan.
  • Terus berinovasi dalam mengembangkan produk dan mutu dengan terus membina dan membangun Sumber Daya Manusia yang kompeten dan ahli dibidangnya.
  • Berkontribusi dan berperan aktif dalam pembangunan skala nasional maupun global.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *