Melaju ke Final Thomas Cup 2020, Intip Profil Pebulutangkis Fajar dan Rian | theAsianparent Indonesia

  • Whatsapp
Melaju ke Final Thomas Cup 2020, Intip Profil Pebulutangkis Fajar dan Rian


Bacaan Lainnya

Bermain ganda atau tim dalam sebuah pertandingan olahraga tentu bukan hal yang mudah. Tidak hanya dibutuhkan ketangkasan dan keterampilan, tapi juga kekompakan dan kerja sama tim agar untuk bisa unggul dalam pertandingan. Seperti yang dilakukan pasangan ganda putra bulutangkis Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto yang berhasil melaju ke final Thomas Cup 2020 kemarin, Sabtu (16/10/2021), di Ceres Arena, Denmark.
Fajar dan Rian berhasil mengalahkan tim tuan rumah Denmark Mathias Christiansen/Frederik Sogaard. Mereka selanjutnya akan bertarung menghadapi juara bertahan Tiongkok di partai puncak nanti, Minggu (17/10).
Bagaimanakah Fajar dan Rian mengalahkan tim Denmark dan sejauh mana persiapan mereka untuk menghadapi tim Tiongkok?
Lolos Semifinal Thomas Cup 2020, Peluang Fajar dan Rian Rebut Emas Makin Besar!
Kemenangan Tim Ganda Putra di Semifinal Thomas Cup 2020

Image: Kompas

Fajar dan Rian sempat tertinggal di awal gim pertama. Saat itu Mathias Christiansen/Frederik Sogaard bermain sangat agresif dan unggul 2-4. Ditambah serve Fajar yang membuat pukulannya menyangkut di net dan menambah skor Denmark menjadi 3-5.
Namun, dengan cepat mereka membuat skor menjadi imbang 5-5, pasca pengembalian pemain Denmark yang melebar. Lalu, berkat smash keras Rian angka berubah unggul 6-5.
Tapi tim lawan memang tidak mudah menyerah dan menyamakan skor menjadi 7-7. Kembali Rian melepaskan smash keras dan mengubah skor menjadi 8-7. Secara keseluruhan, di sisa interval permainan Fajar dan Rian lebih unggul dari tim lawan dan membuat Indonesia menang 21-14 di babak pertama.
Gim kedua berlangsung sangat ketat. Sementara di awal babak kedua ini mereka bisa unggul 3-2. Namun, sepertinya mental tim lawan sudah merosot tajam dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Mereka kesulitan mengatasi pukulan keras dan teknik permainan Fajar dan Rian sehingga kalah tertinggal 11-2 di interval pertama babak kedua itu.
Melihat skor lawan yang tertinggal jauh, tentu Fajar dan Rian tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan. Meski Mathias dan Frederik mampu menambah skor mereka menjadi 19-14, di akhir permainan mereka harus mengakui keunggulan Fajar dan Rian yang berhasil memenangkan babak akhir 21-14.
Artikel terkait: Kisah Greysia Polii, Yatim sejak Usia 2 Tahun hingga Jadi Atlet Berprestasi
Kesempatan Merebut Gelar Juara di Final

Setelah mengalahkan ganda putra Jepang Takuto Inoue/Yuki Kaneko dan masuk ke partai final Asian Games 2018 (Image: Berita Satu)

Pada final Thomas Cup 2020 yang akan berlangsung Minggu (17/10/2021) di Ceres Arena, Denmark, Fajar dan Rian akan berhadapan dengan tim ganda putra Tiongkok. Sebelumnya pasangan bulu tangkis Tiongkok ini berhasil menaklukan Jepang 3-1.
Indonesia terakhir kali memenangkan Thomas Cup pada 2002. Setelah itu, Tiongkok terus mendominasi posisi atas di delapan gelaran terakhir, yakni sejak 2004 dengan menjadi juara sebanyak 6 kali.
Ini menunjukkan bahwa tim ganda putra Tiongkok bukanlah lawan sepele. Kita sama-sama berdoa, ya, Parents, semoga usaha keras Fajar dan Rian disertai dengan keberuntungan untuk menang di Piala Thomas kali ini.
Artikel terkait: Nama Greysia-Apriyani Diabadikan Jadi Nama Gedung Olahraga di Pusat Pelatihan
Profil Fajar dan Rian Ardianto

Image: Instagram.com/@rianardianto, @fajaralfian95

Muhammad Rian Ardianto lahir pada 13 Februari 1996 di Bantul, Yogyakarta. Rian serius bermain bulu tangkis sejak masih kecil. Prestasinya di tingkat junior juga mengagumkan. Ia berhasil mengumpulkan dua perak dan satu perunggu di Kejuaraan Dunia Junior, juga satu medali perunggu di Kejuaraan Junior Asia.
Sebelum dipasangkan bersama Fajar Alvian, Rian pernah bermain di nomor ganda putra dengan Clinton Hendrik Kudamassa (BWF World Junior Championship 2014 – perunggu) dan nomor ganda campuran dengan Rosyita Eka Putri Sari (BWF World Junior Championship 2014 – perak) dan Zakia Ulfa (Asian Junior Championships 2014 – perunggu).
Pasangannya saat ini, Fajar Alfian, lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 7 Maret 1995. Berbeda dengan Rian yang pernah beberapa kali berganti pasangan, Fajar sejak awal masuk ke nomor ganda sudah dipasangakan dengan Muhammad Rian Ardianto.
Fajar Alfian dikenal sangat manis dan sayang kepada keluarganya. Ia kerap mengunggah kebersamaan dengan keluarga di akun pribadi Instagramnya @fajaralfian95.
Terimakasih ya Allah atas rahmat dan anugerah yang telah engkau berikan. Terimakasih juga buat keluarga yang selalu mengerti dan selalu ada mensupport di keadaan apapun.Juga buat teman dan sahabat yang sudah saya anggap seperti kakak adek sendiri. Yang telah meluangkan waktunya di kala kesibukannya. Kalian adalah orang yang tidak harus selalu bersama tapi selalu paham kapan seharusnnya ada. Semoga di ulang tahun ini saya pribadi lebih menjadi orang yang dewasa dan berguna bagi semua orang, tulis Fajar di momen ulang tahunnya yang ke-26, Kamis (11/3/2021) lalu.
Artikel terkait: Dapat Bonus 5,5 M, Greysia Polii Malah Jual Sepatu ke Presiden Jokowi
Prestasi Pasangan Ganda Putra Fajar dan Rian

Image: Skor.id

Keduanya disandingkan di awal 2000. Bersama-sama di nomor ganda putra, mereka sudah menjuarai beberapa turnamen internasional.

2014 BWF Internasional Challenge/Indonesia International (emas)
2015 BWF Internasional Challenge/Austria Open (emas), Indonesia International (emas)
2016 BWF Internasional Challenge/Indonesia International (emas), BWF Grand Prix/Chinese Taipei Masters (emas)
2017 Southeast Asian Games (perunggu)
2018 BWF World Tour: Malaysia Masters (emas), Jerman Open (runner up), Syed Modi International (emas); Asian Games 2018 (perak)
2019 BWF Championships (perunggu), World Tour: Swiss Open (emas) dan Korea Open (emas).

Usaha tidak akan mengkhianati hasil, Parents. Dengan kerja keras dan semangat yang besar, kemenangan pasti akan berhasil diraih. Selalu sehat dan semangat untuk Fajar Alfian dan Muhammad Rian Adrianto. Semoga yang terbaik yang didapatkan di Kejuaraan Thomas Cup 2020 ini, ya!
****

Baca juga:

Momen Haru Saat Greysia Polii-Apriyani Rahayu Sabet Medali Emas untuk Indonesia!

Punya Passion di Bidang Olahraga, 10 Anak Artis Ini Pilih Jadi Atlet

Punya Segudang Prestasi, Inilah 10 Artis yang Pernah Jadi Atlet!

 
 
 
Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source link





Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *