Memperluas Tampilan Sinar-X Alam Semesta

  • Whatsapp


Teleskop sinar-X mengamati objek paling ekstrem dan terpanas di alam semesta. Daftar ini mencakup lubang hitam dan bintang neutron yang lebih masif dari matahari kita, tetapi menempati wilayah yang sesuai dengan jejak wilayah metropolitan St. Louis yang lebih besar.

Bacaan Lainnya

“Kemampuan baru polarisasi diharapkan memberi kita informasi baru secara kualitatif tentang cara kerja objek-objek ini,” kata Henric Krawczynski, Profesor Fisika Wayman Crow dalam Seni & Sains di Universitas Washington di St. Louis. Krawczynski adalah rekan fakultas dari Pusat Ilmu Luar Angkasa McDonnell.

“Lubang hitam adalah simpul dalam ruang-waktu. Pengamatan polarisasi sinar-X akan memberi kita cara baru untuk mengukur seberapa cepat mereka berputar di sekitar sumbu simetrinya, ”kata Krawczynski. “Dan pengamatan magnetar akan memungkinkan kita untuk menguji prediksi mekanika kuantum tentang sifat seperti kristal dari ruang kosong yang dihasilkan oleh partikel yang keluar masuk keberadaan.”

Pada 9 Desember, NASA meluncurkan satelit sinar-X khusus pertamanya, yang disebut Penjelajah Polarimetri Sinar-X Pencitraan, atau IXPE, dari Kennedy Space Flight Center dekat Orlando, Florida.

Itu peluncurannya sukses penuh, kata Krawczynski, anggota tim sains IXPE, yang menghadiri acara peluncuran bersama ilmuwan lain.

“Dalam beberapa minggu ke depan pesawat ruang angkasa akan diperiksa dan optik sinar-X akan dikerahkan,” kata Krawczynski, yang memuji tim peluncuran SpaceX karena mencapai orbit khatulistiwa dari titik awal yang menantang di Cape Canaveral. “Dalam waktu sekitar empat minggu, pengamatan ilmiah akan dimulai, dengan Cassiopeia A, sisa ledakan bintang lebih dari 300 tahun yang lalu, menjadi target pengamatan cahaya pertama.”

Misi satelit IXPE dikembangkan oleh kolaborasi AS-Italia-Jepang yang dipimpin oleh ilmuwan Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall Martin Weisskopf.

“Kerja dengan kolaborator internasional dalam tim sains IXPE sangat memuaskan,” kata Krawczynski, yang bertemu dengan beberapa rekannya secara langsung untuk pertama kalinya pada acara menonton peluncuran. Pandemi telah memaksa para peneliti untuk mengembangkan banyak alat analisis baru dan model astrofisika melalui konferensi video.

Mengamati lubang hitam dan bintang neutron

Di Universitas Washington, Krawczynski memimpin Eksperimen XL-Calibur, eksperimen polarimetri sinar-X kedua yang akan melengkapi IXPE. XL-Calibur adalah eksperimen dengan balon yang dijadwalkan diluncurkan dari Kiruna, Swedia, pada Mei 2022.

XL-Calibur mencapai energi sinar-X yang lebih tinggi, 15-80 kilo-elektron volt per partikel cahaya (foton), dibandingkan dengan IXPE 2-8 kilo-elektron volt.

Proyek XL-Calibur saat ini didanai oleh hibah NASA senilai $4 juta dan kontribusi internasional. Salah satu yang menarik dari penerbangan mendatang adalah kampanye observasi bersama lubang hitam Cygnus X-1 dengan IXPE, XL-Calibur dan dua teleskop antariksa NASA lainnya. Krawczynski berhasil mengusulkan pengamatan dengan armada observatorium NASA ini, yang datang dengan dana tambahan $103.518 bagi peneliti mahasiswa pascasarjana untuk menganalisis dan menginterpretasikan data.

Persiapan peluncuran teleskop XL-Calibur berjalan dengan baik. mahasiswa pascasarjana Universitas Washington Lindsey Lisalda, Andrew West, Efraim Gau dan Arman Hossen bekerja dengan insinyur Richard Bose dan teknisi Dan Braun dan Garry Simburger untuk menguji-tekan teleskop baru pada berbagai suhu sekitar.

Para peneliti melakukan perjalanan ke NASA Fasilitas Penerbangan Wallops pada bulan November hingga pasang detektor bidang fokus di teleskop sepanjang 12 meter. Setelah uji coba terakhir teleskop di Palestina, Texas, pada Januari dan Februari, tim akan melakukan perjalanan ke Swedia pada April dan Mei 2022 untuk mengirim teleskop dalam penerbangan stratosfer selama 5-7 hari ke Kanada. Teleskop yang sama akan diluncurkan lagi 16 bulan kemudian, kali ini dari Stasiun McMurdo di Antartika.

Sumber: Universitas Washington di St. Louis



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *