Mendag Harapkan Transaksi USD 1,5 Miliar di TEI-DE 2021 –

  • Whatsapp


Bacaan Lainnya



Post Views:
40

Kabarbelanda.com, Jakarta – Kabar gembira buat para pelaku usaha Indonesia. Kementrian Perdagangan RI menggelar Trade Expo Indonesia 2021 Digital Edition (TEI-DE 2021), pada 21 Oktober-4 November 2021 (interaktif) dan 21 Oktober-20 Desember 2021 (showcase). Trade Expo ke-36 ini mengusung tema digital edition “Reviving Global Trade”.

Trade Expo Indonesia ke-36

Pameran dagang ini bertujuan memfasilitasi peserta internasional yang mencari produk berkualitas tinggi dari Indonesia. Melalui acara ini, diharapkan para eksportir Indonesia dan pembeli internasional bisa saling berkomunikasi dengan baik, sehingga bisa saling menguntungkan.

Indonesia, sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan, memiliki keunggulan berbagai macam komoditas yang dihasilkan. Ini merupakan aset bagi ekonomi negara, sehingga Indonesia bisa memenuhi kebutuhan produk berkualitas tinggi di mancanegara. Produk-produk yang dipamerkan antara lain, manufacture products, digital lifestyle & services, medical and health care, renewable energy, food and beverage products, living comforts and amenities, fashion and beauty products, dan halal products.

Bidik transaksi 1,5 miliar dolar AS

Freepik.com

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dalam sambutan peluncuran Trade Expo Indonesia ke-36, di Jakarta, Senin (27/9/21), menyatakan, pihaknya membidik nilai transaksi sebesar 1,5 miliar dolar AS pada pameran perdagangan ke-36 ini, yang diikuti 1.000 perusahaan serta dihadiri 500 ribu pengunjung.

“Tahun lalu nilai transaksi TEI mencapai 1,3 miliar dolar AS. Saya yakin tahun ini bisa mencapai 1,5 miliar dolar AS,” kata Mendag, seperti dilansir Antara.

Mendag menyampaikan, salah satu produk yang menjadi andalan Indonesia adalah besi dan baja. Indonesia juga membidik masuknya investasi sektor besi dan baja ke Indonesia melalui perhelatan TEI ke-36.

Dalam kesempatan ini, Mendag mengharapkan dukungan dari semua kementerian/lembaga serta pihak-pihak terkait seperti Kamar Dagang dan Industri, asosiasi, pelaku usaha, dan jasa penyelenggara acara agar TEI tahun ini berjalan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Tingkatkan volume ekspor

Freepik.com

Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menambahkan, perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri perlu berperan aktif untuk meyakinkan para buyer berkunjung ke TEI dan bertransaksi dengan para eksportir Indonesia.

“Kita harus menjadikan TEI 2021 ini sebagai momentum meraih peluang meningkatkan volume ekspor Indonesia di pasar internasional. Melalui inquiry yang tercatat, baik Atase Perdagangan maupun Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dapat memberikan rekomendasi produk- produk apa saja yang dibutuhkan buyer dan perlu ditampilkan dalam TEI,” kata Didi.

Promosi dan sosialisasi TEI 2021 ke negara-negara mitra juga dilakukan Kemendag melalui kolaborasi dan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, termasuk kantor perwakilan RI dan perwakilan perdagangan di luar negeri.

Selain itu, Kemendag bekerja sama dengan pihak terkait lainnya seperti investor, importir, distributor, pedagang grosir (wholesaler), pedagang eceran (retailer), agen pembelian, serta perwakilan perusahaan asing dan domestik di Indonesia.

Editor: Tian Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *