Ekonomi

Menurun, Penjualan Ritel dan Harga Produsen AS di Bulan Oktober

41
×

Menurun, Penjualan Ritel dan Harga Produsen AS di Bulan Oktober

Sebarkan artikel ini


Penjualan di toko eceran Amerika sedikit turun pada bulan Oktober, menurut data pemerintah yang diterbitkan, Rabu (15/11). Penurunan itu didorong oleh penurunan besar dalam belanja konsumen di toko mebel dan perabot rumah tangga.

Penjualan di negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini turun 0,1 persen pada bulan Oktober menjadi $705 miliar, turun sedikit dari revisi kenaikan sebesar 0,9 persen pada bulan sebelumnya, kata Departemen Perdagangan dalam sebuah pernyataan. Angka ini sedikit lebih baik dibandingkan prakiraan menengah para ekonom yang disurvei oleh MarketWatch.

“Data pengeluaran awal menunjukkan adanya penurunan konsumsi pada kuartal keempat, meskipun laju pengeluaran masih kuat,” tulis Ekonom Kepala High Frekuensi Ekonomi AS, Rubeela Farooqi dalam sebuah catatan kepada kliennya.

Seorang pelanggan mengamati naiknya harga saat berbelanja di sebuah supermarket di Los Angeles, California, AS, 13 Juni 2022. (REUTERS/Lucy Nicholson)

Meskipun ada tantangan dari kondisi kredit dan kebijakan moneter yang lebih ketat, dan tingginya harga akibat inflasi, “pasar tenaga kerja yang masih kuat, tren pendapatan yang positif dan berkurangnya tekanan harga akan mempertahankan belanja konsumen dan pertumbuhan tetap positif untuk saat ini,” tembahnya.

Belanja di toko mebel dan perabot rumah tangga mengalami penurunan bulanan terbesar pada Oktober, sebesar dua persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Pembelian konsumen di dealer mobil dan pompa bensin juga mengalami penurunan tajam selama setahun terakhir.

Perekonomian AS tetap tangguh tahun ini, meskipun ada upaya bersama dari Bank Sentral AS untuk mengatasi inflasi yang tinggi dengan menaikkan suku bunga. [ps/lt]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *