EntertainmentEventInspirasi

Pameran SteamPunk di Plaza Indonesia Menciptakan Karya Seni Unik dari Logam Bekas

1473
×

Pameran SteamPunk di Plaza Indonesia Menciptakan Karya Seni Unik dari Logam Bekas

Sebarkan artikel ini

 

  • Steampunk Art Exhibition

Suara-Pembaruan.com — Pameran SteamPunk di Plaza Indonesia Menciptakan Karya Seni Unik dari Logam Bekas

Saat ini, kita beruntung hidup di era digital yang memungkinkan kita untuk mendapatkan jawaban hampir atas semua pertanyaan yang kita miliki.

Salah satu perangkat lunak yang sangat bermanfaat adalah mesin pencari, yang memberikan informasi mengenai berbagai hal yang kita cari. Dari perangkat lunak ini, saya menemukan tiga istilah yang sangat menarik dan relevan dengan zaman ini.

Pertama, ada Scrap Metal Art, sebuah bentuk ekspresi yang unik dan memukau, di mana logam bekas diubah menjadi karya seni yang menakjubkan.

Kemudian, ada Metal Recycle Art, yang merupakan seni mendaur ulang menggunakan bahan logam. Dan yang ketiga, ada Steampunk, sebuah subgenre dari fiksi ilmiah yang pada awalnya menciptakan karya baru menggunakan material yang berhubungan dengan revolusi industri.

Steampunk berkembang menjadi gerakan seni, fashion, desain, dan banyak lagi, yang umumnya menggunakan logam sebagai bahan utamanya.

 

 

 

 

Pemuda yang lahir pada 19 Maret 1981 ini, Andik, adalah seorang seniman yang menghasilkan karya seni dalam aliran Steampunk.

Hal menarik dari Andik adalah dia bukanlah seorang seniman secara profesional. Dia tidak pernah mengambil pelajaran seni di sekolah.

Bahkan menurut data, pendidikan terakhir seniman ini adalah D3 dan S1 di bidang akuntansi. Andik awalnya nyaman bekerja dengan keahlian akademisnya di beberapa perusahaan, termasuk bekerja di Bank BRI.

Namun, Andik memiliki keberanian untuk keluar dari zona nyamannya dan meninggalkan pekerjaan tetapnya demi mengejar passionnya.

Dia beralih ke bisnis barang antik dan membuat karya seni “antik” yang sangat dia nikmati.

Andik dengan sengaja menggabungkan berbagai temuan barang (founded object) dengan mur baut, bukan dengan menggunakan teknologi las yang seharusnya lebih mudah. Pilihan ini dianggapnya sebagai tantangan yang menarik.

Ternyata, pilihan cerdas ini menghasilkan karya seni yang rumit namun tetap menarik untuk dipandang. “Yuswantoro Adi,” seorang pelukis yang menulis tentang seni rupa, menggambarkan karya Andik dengan penuh pujian.

Pameran dengan tema Steampunk ini diselenggarakan oleh Talenta Organizer dan akan berlangsung di Atrium Lev 4, Plaza Indonesia, Jakarta, mulai dari tanggal 1 Juli hingga 23 Juli 2023.

Pameran ini dapat dinikmati oleh pengunjung Plaza Indonesia secara gratis.

Pameran ini menawarkan pengunjung kesempatan untuk melihat dan mengapresiasi karya seni unik yang dihasilkan dari logam bekas.

Hadir Yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *