Panduan Keluarga Muslim, Belajar Silsilah Nabi Muhammad hingga Nabi Adam | theAsianparent Indonesia

  • Whatsapp
Panduan Keluarga Muslim, Belajar Silsilah Nabi Muhammad hingga Nabi Adam


Bacaan Lainnya

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah teladan bagi segenap kaum muslim. Tentunya, menjadi hal yang penting sekaligus menarik untuk mengetahui silsilah Nabi Muhammad SAW dan bagaimana garis keturunannya hingga ke Nabi Adam a.s.
Parents, Rasulullah sebagai manusia pilihan sudah tentu berasal dari keluarga dan keturunan orang pilihan. Ia dilahirkan dari keturunan yang suci, dalam artian bahwa pada garis keturunannya tak ada anak yang dilahirkan dari perzinahan.
Lantas, seperti apa ya silsilah Nabi Muhammad SAW? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Artikel terkait: 20 Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020 untuk Kerabat dan Orang Tersayang
Berasal dari Keturunan Nabi Ibrahim a.s

Dalam kitab Allimu Auladakum Mahabbat Rasulillah, Ibnu Abbas r.a menjelaskan bahwa Nabi Muhammad terlahir dari keturunan yang dijaga oleh Allah swt.
: .

Dari Ibnu Abbas r.a: sesungguhnya Nabi Muhammad saw adalah cahaya yang telah dijaga oleh Allah swt selama dua ribu tahun sebelum diciptakannya Nabi Adam a.s, lalu ketika Allah swt. menciptakan Nabi Adam a.s, Ia meletakkan cahaya tersebut di tulang sulbi Nabi Adam a.s.

Perbincangan mengenai silsilah Nabi Muhammad sudah mencuat bahkan sejak masa awal kenabiannya. Silsilah atau nasab Rasulullah dipertanyakan oleh kaum Yahudi yang ketika itu meragukan Muhammad sebagai utusan Allah.

Orang Yahudi dulu bertanya-tanya, “Siapa sih Muhammad ini? Berani-beraninya dia mengaku sebagai utusan Tuhan.”
Sebab menurut keyakinan mereka, nabi yang diutus belakangan haruslah keturunan Bani Israil. Nah, Bani Israil itu sendiri merujuk pada keturunan Yahuda bin Ya’kub bin Ishaq bin Ibrahim.
Namun orang Quraisy membuktikan melalui silsilah bahwa Muhammad SAW juga merupakan keturunan Ibrahim a.s. Hal ini kemudian sekaligus meruntuhkan keraguan kalangan Yahudi atas status kenabian Muhammad.
Rasulullah sendiri pernah bersabda menyinggung soal silsilah keluarga beliau.
.

Dari Abi Ammar bin Syaddad bahwa Ia mendengar Watsilah bin Asqa berkata saya mendengar Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya Allah swt telah memilih Kinanah dari keturunan Nabi Ismail a.s dan memilih Quraisy dari keturunan Kinanah dan memilih Bani Hasyim dari keturunan Quraisy dan memilihku dari keturunan Bani Hasyim. (H.R Muslim)

Artikel terkait: Ajak anak belajar kesabaran dan perjuangan hidup lewat kisah Nabi Muhammad SAW
Silsilah Keluarga Nabi Muhammad SAW

Dalam kitab al-Sirah al-Nabawiyyah, Ibnu Hisyam merinci silsilah keluarga Nabi Muhammad sebagai berikut:

Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muttalib nama asli Abdul Muttalib adalah Syaibah bin Hasyim nama asli Hasyim adalah Umar bin Abdu Manaf nama asli Abdu Manaf adalah Mughirah bin Qusayy bin Kilab bin Murrah bin Kab bin Luayy bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin al-Nadlr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah nama asli Mudrikah adalah Amr bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Maadd bin Adnan bin Udda dilafalkan juga Udada bin Muqawwim bin Nahur bin Tayrah bin Yaruba bin Yasyjuba bin Nabat bin Ismail bin Ibrahim khalil al-rahman bin Tarih dia adalah Azar bin Nahur bin Sarug bin Rau bin Falikh bin Aybar bin Syalikh bin Arfakhsyadz bin Sam bin Nuh bin Lamak bin Mattu Syalakh bin Akhnunkh dia adalah Nabi Idris, bani Adam pertama yang dianugerahi kenabian dan baca tulis bin Yard bin Malayil bin Qainan bin Yanisy bin Syits bin Adam ‘alaihis salam.

Akan tetapi, yang perlu digarisbawahi adalah para ulama dan ahli sejarah berbeda pendapat mengenai rincian nasab Rasulullah di atas Adnan. Jumhur ulama sepakat tentang silsilah dari Abdullah sampai Adnan, sedangkan silsilah dari Adnan ke atas, para ulama berbeda pendapat.
Misalnya, dalam riwayat yang dikutip oleh Imam Ibnu Hisyam, Adnan merupakan anak Udda yang terkadang disebut dengan Udada, sedangkan dalam riwayat Sayyidina Ibnu Abbas, Udda merupakan anak dari Udada.
Selain itu, banyak perbedaan penulisan nama dari mulai Adnan ke atas. Pasalnya, kebanyakan dari nama-nama tersebut adalah nama non-Arab sehingga dalam penulisannya para periwayat terdahulu hanya bisa memperkirakan.
****
Parents, itulah silsilah lengkap Nabi Muhammad SAW hingga ke Nabi Adam a.s. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah kecintaan kepada Rasulullah shalllahu alaihi wa sallam.
 
Baca juga:
id.theasianparent.com/romantis-cara-nabi
id.theasianparent.com/nama-istri-nabi-muhammad
id.theasianparent.com/arti-nama-muhammad
Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source link



Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *