Parents, Inilah 7 Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Sembelit

  • Whatsapp
Parents, Inilah 7 Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Sembelit


Konstipasi atau sembelit merupakan gangguan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Sembelit memang mengganggu, tetapi ada beberapa cara mengatasi kondisi pencernaan  ini.

Bacaan Lainnya

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab sembelit. Beberapa orang bisa jadi mengalami sembelit karena makanan yang dikonsumsi, pilihan gaya hidup, berbagai obat-obatan yang diminum, serta kondisi medis tertentu yang dialami. Sedangkan bagi banyak orang, penyebab sembelit kronis tidak pernah diketahui secara pasti.

Jika Parents mengalami sembelit atau konstipasi, jangan panik terlebih dahulu! Berikut ini beberapa cara alami yang bisa membantu Anda mengatasi sembelit.

Cara Mengatasi SembelitSecara Alami di Rumah

1. Menambah Asupan Serat

Menambah asupan serat dalam makanan yang dikonsumsi bisa memperlancar pencernaan sekaligus membuat tekstur kotoran menjadi lebih padat sehingga kotoran lebih cepat didorong keluar dari usus. Beberapa pilihan makanan berserat yang baik untuk dikonsumsi dan mengatasi sulit buang air besar antara lain buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran serta biji-bijian.

Di samping itu, jangan mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gas yang tinggi. Misalnya minuman bersoda, susu, sayuran seperti lobak dan kol, agar perut tidak terlalu kembung.

Artikel terkait: 10 Manfaat Ini Akan Dirasakan Tubuh Jika Rajin Minum Air Putih

2. Cara Mengatasi Sembelitdengan Konsumsi Lebih Banyak Air Putih

Cara Mengatasi Sembelit

Konsumsi air putih yang kurang bisa membuat kotoran dalam saluran cerna menjadi lebih keras sehingga sulit dikeluarkan ketika BAB. Cara mengatasi sembelit secara alami yaitu dengan meminum banyak air putih minimal 8 gelas per hari.

Selain untuk mengatasi sulit buang air besar, minum banyak air juga bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Kebutuhan air dalam tubuh bisa diukur dari warna urine yang dikeluarkan.

Jika urine berwarna kuning pekat, artinya Anda masih kekurangan cairan. Anda bisa mengonsumsi lebih banyak air putih atau lebih sering mengonsumsinya jika masih kekurangan cairan atau jika masih sulit buang air besar.

3. Perbanyak Aktivitas Fisik/Olahraga

Parents, Inilah 7 Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Olahraga atau latihan fisik bisa meningkatkan pergerakan otot pada saluran pencernaan atau usus. Oleh karena itu, Bunda bisa rutin melakukan olahrag. Misalnya dengan jalan kaki di sekitar halaman rumah selama minimal 15-30 menit setiap hari agar pencernaan semakin lancar dan keluhan sulit buang air besar pun hilang.

Artikel terkait: 5 Manfaat olahraga malam, salah satunya bikin tidur lebih nyenyak

4. Jangan Menahan Buang Air Besar

Cara Mengatasi Sembelit

Pastikan menyediakan cukup waktu untuk buang air besar. Ketika merasa ingin buang air besar, jangan lakukan secara terburu-buru atau menunda saat ingin buang air besar. Bentuk kebiasaan dengan membantu memperlancar buang air besar.

5. Gunakan Garam Epsom/Garam Inggris sebagai Cara Mengatasi Sembelit

Parents, Inilah 7 Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Garam epsom atau yang dikenal dengan nama garam Inggris juga bisa digunakan untuk mengatasi susah buang air besar. Kandungan magnesium sulfat pada garam Epsom jika dilarutkan dalam air bisa mengatasi sembelit dalam jangka pendek.

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu larutkan air 3-5 sendok teh garam epsom ke dalam 250 ml air putih hangat kemudian aduk sampai rata dan diminum. Bagi anak-anak yang berusia 6-12 tahun, cukup larutkan 2 sendok teh pada air minum hangat.

Meskipun terbilang efektif, tetapi sayang metode ini tidak cocok digunakan untuk pengobatan jangka panjang dan sebaiknya tidak digunakan pada anak-anak yang usianya di bawah 6 tahun.

Selain bisa diminum, garam Epson juga bisa digunakan untuk mandi. Kandungan mineral dalam air garam Epsom bisa meresap ke dalam tubuh dan melancarkan pencernaan sehingga keluhan sembelit teratasi.

Artikel terkait: Anak sembelit? Ini yang perlu Parents lakukan untuk mencegah anak sembelit

6. Konsumsi Kafein pada Minuman/Makanan

Cara Mengatasi Sembelit

Cara mengatasi sembelit lainnya yaitu dengan mengonsumsi kafein. Kandungan kafein biasanya ada pada teh, kopi, dan cokelat hitam yang bisa merangsang otot dalam sistem pencernaan untuk berkontraksi. Efek inilah yang membuat kafein mampu melancarkan pencernaan serta merangsang untuk buang air besar.

Meskipun demikian, sangat tidak disarankan untuk konsumsi kafein secara berlebihan. Sebab, kafein juga memicu buang air kecil lebih banyak serta lebih sering sehingga bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Parents hanya perlu minum satu gelas minuman berkafein perhari dan imbangi dengan minum air putih dengan lebih banyak untuk menjaga asupan cairan tubuh setiap hari.

7. Gunakan Minyak Zaitun Termasuk Cara Mengatasi Sembelit

Cara Mengatasi Sembelit

Minyak zaitun bisa membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga buang air besar menjadi jauh lebih lancar. Bunda bisa mencampur satu sendok makan olive oil pada segelas jeruk untuk diminum.

Di samping itu, minyak zaitun bisa juga digunakan sebagai campuran salad. Namun, yang harus diingat adalah minyak zaitun sebaiknya tidak digunakan mengatasi sembelit dalam jangka panjang.

Itulah beberapa cara mengatasi sembelit secara alami dan efektif. Semoga bermanfaat bagi Parents.

Artikel telah ditinjau oleh:
dr. Gita Permatasari
Dokter Umum dan Konsultan Laktasi

Baca juga:

Jangan berlebihan! 7 Makanan ini bisa bikin sembelit

Kenali penyebab sembelit saat hamil berikut ini untuk tahu cara mengatasinya

Bayi Sembelit? Coba Atasi dengan 6 Tips Ini, Bunda!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *