Pelukis Bob Ross Tetap Populer Puluhan Tahun Setelah Kematiannya. Film Dokumenter Netflix Baru Memeriksa Siapa yang Diuntungkan – Majalah Time.com

  • Whatsapp
banner 468x60


Bob Ross adalah ikon. Entah dikenang karena suaranya yang lembut, rambutnya yang tak terlupakan, pemandangan yang indah atau pendekatan yang longgar dan menyenangkan untuk melukis, seniman tetap tak terhapuskan dalam budaya populer sejak pertama kali muncul di PBS pada tahun 1983 sebagai pembawa acara Kegembiraan Melukis. Hampir 30 tahun setelah pertunjukan itu berakhir selama 11 tahun dan Ross meninggal setelah komplikasi dari limfoma, popularitasnya bertahan, di antara artis yang bercita-cita tinggi dan penggemar ASMR, yang menjadi tua. Sukacita Melukis episode hanya untuk menikmati kehadirannya yang menenangkan. Barang dagangan Bob Ross ada di mana-mana—di seluruh internet, Anda dapat menemukan segalanya mulai dari pakaian yang terinspirasi oleh karya seni Bob Ross hingga mainan mewah dan cangkir kopi bergambar wajah sang seniman. Pertanyaan tentang siapa yang mengendalikan warisan ini—dan keuntungan dari penjualan merchandise Bob Ross—mendorong sebuah film dokumenter baru yang tayang perdana di Netflix minggu ini.
[time-brightcove not-tgx=”true”]

Bacaan Lainnya
banner 300250

Berjudul Bob Ross: Kecelakaan Bahagia, Pengkhianatan & Keserakahan, nama film dokumenter pembuat film Joshua Rofé menunjukkan bahwa Ross memiliki masa lalu yang lebih gelap daripada apa yang ia izinkan untuk dilihat pemirsa. Tapi film itu sendiri mengungkapkan sedikit skandal tentang Bob Ross, pria itu (kecuali, mungkin, untuk dicatat bahwa afro-nya yang terkenal adalah hasil dari perm rutin). Sebagai gantinya, Rofé mencatat dampak dari Bob Ross, merek tersebut, dan mengikuti pertempuran hukum yang berkembang atas hak atas nama Ross setelah kematiannya pada usia 52 tahun.

Menenun dalam cuplikan lukisan Ross, wawancara dengan beberapa mantan rekan kerja dan kisah dari putra Ross, Steve, Rofé memfokuskan banyak narasi Selamat Kecelakaan, Pengkhianatan & Keserakahan pada pendukung keuangan dan mitra bisnis Ross, Annette dan Walt Kowalski, dan memeriksa bagaimana mereka mempertahankan kendali atas rupa dan nama Ross. Inilah yang perlu diketahui.

bob-ross-goofs-off
Atas izin NetflixMasih dari Bob Ross dari Bob Ross: Kecelakaan Bahagia, Pengkhianatan & Keserakahan

Perebutan hak atas nama Bob Ross

Selamat Kecelakaan, Pengkhianatan & Keserakahan dimulai dengan gambaran tentang kebangkitan Ross sebagai seniman yang tumbuh menjadi moderat ketenaran di PBS melalui programnya di tahun 1980-an dan awal 90-an. Seperti yang ditunjukkan film, Ross bergabung dengan Angkatan Udara ketika dia berusia 18 tahun dan mengembangkan kecintaannya pada lukisan selama bertahun-tahun dalam pelayanan. Setelah Angkatan Udara, Ross mengajar melukis, mengambil inspirasi dari dan bekerja langsung dengan pelukis televisi Bill Alexander, yang menjalankan banyak lokakarya yang menawarkan pelajaran melukis.

Melalui mengajar di bengkel Alexander, Ross berkenalan dengan pasangan Annette dan Walt Kowalski. Seorang penggemar seumur hidup dan mahasiswa seni, Annette mengambil kelas melukis dengan Ross di Florida. “Terpesona” oleh artis yang saat itu tidak dikenal, saat ia berbagi dalam 2019 New York Waktu dokumenter tentang keberadaan ribuan lukisan asli Ross, Annette dan Walt membawanya di bawah sayap mereka dan secara finansial mendukungnya saat ia menjadi seniman independen.

Sebagai pendukungnya, Kowalskis berperan penting dalam membangun kesepakatan Ross dengan PBS untuk Kegembiraan Melukis. Dan selama bertahun-tahun, situasinya berjalan dengan baik untuk semua orang yang terlibat: Ross menarik penonton dengan getaran ramah, menyemangati, dan selalu dingin, sementara keluarga Kowalski puas membantu artis yang mereka rasa spesial. Kemudian, melalui karya Ross, keluarga Kowalski membantu menciptakan Bob Ross Inc., di mana mereka menjual perlengkapan melukis dan menawarkan video instruksional. Perusahaan ini terus berlanjut hingga hari ini, menjual banyak barang dagangan yang telah mengukuhkan Ross sebagai figur modern yang populer.

Tetapi hal-hal menjadi buruk dari waktu ke waktu, karena film dokumenter itu menyatakan bahwa Kowalskis menjadi termotivasi dengan mendapatkan keuntungan dari ketenaran Ross. Sebelum dia meninggal, keluarga Kowalskis mendorong Ross untuk menyerahkan hak atas namanya, menurut film tersebut. Pertempuran menjadi lebih buruk setelah kematian Ross pada tahun 1995, ketika Kowalskis mengajukan beberapa tuntutan hukum terhadap perkebunan Ross dan keluarga sebagai bagian dari upaya untuk melakukan kontrol total atas nama dan rupa-Nya, menurut film dan laporan 2021 dari Binatang Sehari-hari.

bob-ross-anak-dokumenter
Atas izin NetflixBob Ross dan putranya, Steve Ross

Hubungan bisnis menjadi masam

Di sini, film dokumenter membelok dari kisah tentang kehidupan dan karir Ross untuk mengeksplorasi konsekuensi dari Kowalskis yang mengambil hak atas warisannya. Pasangan itu menolak untuk tampil di Selamat Kecelakaan, Pengkhianatan & Keserakahan, dan film tersebut menggambarkan mereka sebagai pasangan yang sadar hukum—sampai-sampai banyak orang yang bekerja dengan mereka dan Ross menolak untuk berbicara dengan Rofé karena takut dituntut.

Memandu cerita, kemudian, adalah putra Ross, Steve, yang muncul dalam beberapa wawancara dalam film dokumenter tersebut. Menurut Steve, seorang pelukis dengan haknya sendiri yang juga muncul di berbagai video instruksional, jutaan dolar yang diperoleh Bob Ross Inc. dari nama ayahnya hanya bermanfaat bagi perusahaan dan bukan keluarganya. Film tersebut mengklaim bahwa Steve tidak pernah mendapatkan uang dari rupa ayahnya, meskipun menuduh bahwa Ross, sebelum kematiannya, ingin putranya dan saudara tirinya bertanggung jawab atas namanya. Steve Ross telah mencoba untuk mendapatkan kembali kendali atas nama Bob Ross. Pada tahun 2017, ia bergabung dengan gugatan yang mencoba untuk mendapatkan kendali atas nama dan rupa, tetapi kalah dalam pertarungan untuk mendapatkan hak tunggal ketika hakim memutuskan bahwa Bob Ross Inc. adalah pemiliknya.

Karena tidak ada akun dari banyak orang yang mengenal Ross dan Kowalskis dan dapat memberikan konteks yang membantu, klaim yang terungkap di Selamat Kecelakaan, Pengkhianatan & Keserakahan bisa terasa agak tidak rata. Meskipun baik Kowalskis maupun perwakilan dari Bob Ross Inc. muncul dalam film tersebut, mereka membela tindakan mereka dalam pernyataan kepada Pameran Kesombongan menjelang rilis film: “Jika bukan karena upaya para pendiri yang tersisa dan dedikasi mereka untuk misi ini, relevansi seni dan budaya Bob—dan keinginannya yang diungkapkan untuk menjadi guru dan teman melukis yang paling dicintai di dunia—akan hilang beberapa dekade yang lalu. dengan kepergiannya,” kata mereka.

Dalam banyak hal, Selamat Kecelakaan, Pengkhianatan & Keserakahan adalah kisah klasik tentang hubungan bisnis yang dimulai dengan kuat hanya untuk berantakan karena perbedaan uang yang pahit di kemudian hari. Dan meskipun itu tidak menodai pandangan kolektif kita tentang Bob Ross—ia tetap, seperti biasa, simbol ketenangan, menerima kesalahan Anda sebagai “kecelakaan yang membahagiakan”—klaim film tersebut mungkin menyebabkan beberapa orang berhenti saat mereka mempertimbangkan untuk membeli Bob. Kaos Rossa.

Sumber Berita



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *