Pemprov Riau Gandeng Mbizmarket Permudah Pengadaan Barang dan Jasa,

  • Whatsapp
Pemprov Riau Gandeng Mbizmarket Permudah Pengadaan Barang dan Jasa,
banner 468x60


SuaraPemerintah.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bekerja sama dengan Mbizmarket dalam pemanfaatan platform marketplace B2B (business-to-business) untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah, dengan nilai belanja maksimal hingga Rp 50 juta per transaksi.

Bacaan Lainnya

Pemprov Riau mengadopsi pemanfaatan platform perdagangan elektronik Mbizmarket untuk meningkatkan efektivitas dan efiesiensi belanja pemerintah.

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, mengatakan, pemanfaatan platform B2B e-commerce di lingkungan Pemprov Riau untuk memenuhi kebutuhan barang/jasa pemerintah, telah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“Pemprov Riau dalam hal ini berupaya menghadirkan solusi terhadap UMKM di Riau yang jumlahnya kurang lebih 191.778, di mana 37.027 berdomisili di Pekanbaru, dalam pelibatan belanja pengadaan pemerintah dengan melakukan kolaborasi dengan e-marketplace untuk menyediakan flatform belanja digital,” kata Syamsuar, Rabu (28/4/2021).

Syamsuar menjelaskan, potensi belanja pengadaan barang/jasa pemerintah bagi UMKM di Riau dapat mencapai Rp 715 miliar atau sekitar 40% dari total belanja pengadaan pemerintah pada tahun 2021.

“Kerja sama Pemprov Riau dan Mbizmarket ini dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas berdasarkan prinsip value for money dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk daerah, peningkatan peran usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah,” tandasnya.

CEO Mbiz, Rizal Paramarta mengatakan, Mbizmarket sebagai marketplace merupakan platform yang dapat memenuhi kebutuhan rancangan bisnis pemerintah dalam hal pengadaan barang dan jasa.

Selain itu, di dalam platform mbizmarket terdapat fitur yang dapat mengakomodasi kebutuhan bendahara pemerintah dalam memungut, menyetor dan melaporkan penerimaan pajak atas transaksi belanja pemerintah.

“Kami sangat senang dan bangga terpilih untuk mendukung Pemprov Riau dalam melakukan transformasi digital pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah,” tuturnya.

Menurut Rizal, selain menghadirkan infrastruktur teknis untuk dukungan transaksi pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa, Mbizmarket siap membantu pertumbuhan UMKM di Riau dengan membuka jaringan pasar, sekaligus membuka jalan bagi UMKM untuk menjangkau prospek pembeli baik dari kalangan pemerintah maupun swasta secara nasional.

“Kami juga akan membantu dan memberikan akses bagi UMKM di Riau untuk memperoleh permodalan, melalui fitur layanan pinjaman yang ada di platform Mbizmarket, yang sudah dinikmati manfaatnya oleh banyak UMKM sejak tahun lalu,” tandasnya.



:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *