Blog, Lomba  

Penonton Konser di Jakarta Alami Pelecehan Seksual, Ini Antisipasi yang Bisa Dilakukan!


Konser musik kembali ramai diadakan setelah 2 tahun lamanya pandemi melanda. Ini merupakan kabar bahagia bagi banyak pihak termasuk penggemar, musisi, hingga kru lapangan yang terlibat. Namun, tak selamanya momen ini dimanfaatkan secara baik, ternyata ada beberapa pihak yang justru menggunakan kesempatan ini dengan tidak baik.

8 Mei 2022, salah seorang pengguna Twitter mengunggah cuitannya menceritakan bahwa dirinya mengalami pelecehan seksual di sebuah konser.

“Bangs*t lo yg tadi grepe gue di bigbang fest, gue mungkin gak tau bentukan lu tapi ga berarti gue gak ngerasa ya tol*l,” tulis username @cr**ng*** di akun Twitternya.

Cuitan ini kemudian dibanjiri dengan berbagai respon dari pengguna Twitter lainnya. Ada pengguna lain yang turut berbagi ceritanya hingga turut menyemangati pemilik akun.

Vokalis .Feast, Baskara Putra, ikut prihatin dengan tindakan pelecehan seksual yang kerap terjadi saat konser termasuk yang telah beberapa kali terjadi dalam pertunjukkannya. Cuitan yang ia bagikan pada 20 Oktober 2022 ini didukung banyak pihak. Baskara juga mengundang beberapa musisi dan followersnya untuk memikirkan cara untuk menanggulangi hal tersebut. Upaya ini disetujui oleh banyak netizen dan bersama-sama mencari cara terbaik.

Teman2 silakan download dan save di HP. Mulai sekarang, kami akan selalu mensosialisasikan tanda ini ke penyelenggara dan keamanan acara. Jadi besok2 gak harus nunggu dinotice performer. Sesama teman2 penikmat musik/pengunjung juga saling jaga ya. Cc @KuntoAjiW @listentofeasttulis vokalis .Feast ini di Twitter.

Tanda S.O.S ini juga disetujui dan disosialisasikan oleh musisi-musisi lain seperti Danilla, Dipha Barus, dan The Panturas. Menurut Kunto Aji melalui cuitannya dalam akun twitter @KuntoAjiW, dengan adanya tanda S.O.S ini dapat membantu orang-orang yang mengalami pelecehan, kekerasan maupun kondisi fisik tertentu agar mendapatkan bantuan. Ia juga mengimbau agar tanda S.O.S ini tidak disalahgunakan.

“Membaca situasi juga penting, jika dirasa mulai tidak kondusif cobalah untuk mundur, menghindari kerumunan. Dan tolong video ini jangan disalahgunakan. Jangan takut, kita bersenang-senang, sampai bertemu🌻” tulis Kunto Aji dalam cuitannya pada Minggu (20/10/2019) lalu.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.