Penyebab dan Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

  • Whatsapp


Bacaan Lainnya

Download jadi pending | unsplash.com

Penyebab Download tertunda di Playstore

Untuk para pengguna gawai dengan sistem operasi Android, kehadiran Google Play Store memang esensial bagi kemaslahatan dan kelancaran untuk banyak urusan. Jika ingin menginstal aplikasi, bisa langsung membuka apps ini, tunggu beberapa menit hingga terpasang, setelah itu langsung bisa dipakai.

Tapi tak sedikit dari kamu yang adang dibuat jengkel ketika download di Playstore tertunda tiba-tiba. Bar persentase unduhan tidak berjalan, padahal sudah terkoneksi dengan sinyal internet. Apakah akhir-akhir ini sering mengalami hal serupa?

Ternyata, ada beberapa download tertunda di Playstore. Beberapa kemungkinan di bawah ini bisa saja menjadi penyebab kendala ini terjadi.

  • Koneksi internet. Jika hal ini terjadi, ada baiknya untuk cek paket kuota internetmu. Bisa jadi koneksinya sedang tidak stabil karena pemakaian FUP yang sudah melebihi limit.


  • Mengunduh aplikasi lain dalam waktu bersamaan. Meski memiliki banyak jajaran aplikasi di gudangnya, download tertunda di Playstore juga disebabkan karena masih ada apps lain yang sedang diinstal maupun di-update. Bisa saja aplikasi yang sedang kamu unduh masuk dalam antrean dan akan otomatis berjalan setelah download sebelumnya selesai.


  • Memori internal penuh. Jika hal ini yang menjadi alasan, bisa saja memori internal di HP-mu sudah penuh. Maka dari itu, aplikasi yang akan diunduh tidak bisa berjalan lancar. Akan ada notifikasi yang tertulis jika kapasitas memorimu sudah menipis.

Cara Mengatasi Download yang Tertunda di Playstore

Agar proses mengunduh aplikasi tidak lagi mengalami kendala, kamu perlu tahu soal cara mengatasi download tertunda di Playstore. Langkahnya tidak seribet bayanganmu dan bisa tuntas dalam hitungan detik.

1.

Sambungkan dengan koneksi WiFi

download tertunda di playstore

WiFi | www.pexels.com

Koneksi internet provider yang tidak stabil bisa menjadi salah satu penyebab download tertunda di Playstore. Apabila sedang ada di area yang tercakup WiFi, manfaatkan saja koneksi itu. Meski kadang tidak sengebut paket data provider, paling tidak koneksi dari WiFi lebih stabil meski limit FUP turun.

Matikan paket datamu, nyalakan WiFi, dan koneksikan. Setelah itu ciba download aplikasi yang sebelumnya sempat tertunda. Prosesnya bisa berlanjut dan jadi lebih lancar daripada sebelumnya.

Baca juga: Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca di HP

2.

Update versi terbaru dari Google Play Store

download tertunda di playstore

Update Google Play Store | keepo.me

Sebagai sumber pengunduhan aplikasi Android, Play Store juga sering mengalami bug. Hal ini juga bisa menjadi alasan yang mempengaruhi ada banyak download di Playstore tertunda. Untuk mengatasi masalah ini, kamu juga perlu meng-update Play Store versi terbaru. Berikut langkah mudahnya:

  • Buka Play Store, klik ikon segitiga yang ada di pojok kiri atas
  • Setting > Play Store Version dan tap beberapa kali hingga muncul opsi pilihan update. Setelah itu, tunggu prosesnya hingga selesai

Baca juga: Penyebab Baterai Android Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

3.

Clear cache Play Store

download tertunda di playstore

Clear cache | keepo.me

Ada banyak orang yang suka mengunduh aplikasi baru dan tak lama kemudian meng-uninstall ketika merasa tidak cocok. Ternyata kebiasaan ini juga mempengaruhi cache menjadi penuh dan memberi pengaruh ke kinerja Play Store. File sampah ini juga bisa menjadi penyebab download tertunda.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Bootloop Sebelum Dibawa ke Tempat Servis

Cara mengatasi download tertunda di Playstore yang bisa diterapkan adalah dengan clear cache Play Store dari pengaturan handphone. Ikuti langkah ini:

  • Setting > Apps
  • Klik Google Play Store dan tap pilihan Clear cache

Setelah file sampah dibersihkan, Play Store bisa jadi lebih ringan ketika dioperasikan. Penyebab download tertunda di Playstore sudah terselesaikan. Coba download aplikasi yang tadinya sempat tertunda, bakal bisa dan lancar lagi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Virus di HP dengan Mudah

4.

Cek memori internal

download tertunda di playstore

Internal memory | unsplash.com

Muncul notifikasi memori internal penuh ketika akan mengunduh aplikasi? Tidak salah lagi, ini adalah penyebab utama mengapa download tertunda di Playstore. Jika tidak ada ruang di HP-mu, Play Store tidak bisa memasangkan aplikasi baru.

Satu-satunya solusi yang bisa dilakukan saat itu juga adalah dengan mengecek storage memori dan menghapus file yang sekiranya tidak diperlukan lagi. Kamu bisa memulai dari melihat aplikasi yang terinstal. Jika sekiranya sudah tidak pernah dibuka dalam 3 bulan terakhir, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghapusnya. Setelah storage cukup longgar, coba download aplikasi barunya.

Baca juga: Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Android

5.

Restart HP selama beberapa waktu

download tertunda di playstore

Restart Android | unsplash.com

Apabila semua cara mengatasi download tertunda di Playstore di poin sebelumnya masih belum membuahkan hasil, kamu bisa mencoba untuk me-restart ponsel pintarmu. Proses reboot ini bisa menyegarkan kembali HP yang sebelumnya sibuk menjalankan aplikasi tiada henti.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi Lemot di Android

Setelah nyala kembali, coba buka Google Play Store dan unduh aplikasi yang diinginkan. Setelah kondisi ter-refresh, proses download di Playstore tertunda sebelumnya bakal kembali normal. Jika masih belum bisa, kamu perlu menunda beberapa hari. Biasanya pengoperasiannya bakal berjalan seperti semula tanpa bisa diprediksi.

Artikel Lainnya

Sekarang kamu tak perlu panik lagi saat download tertunda di Playstore tiba-tiba menjadi kendala. Ikuti saja langkah di atas. Apabila selama beberapa hari tidak ada perubahan, ada dua solusi yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangkan.

Pertama, kamu bisa melakukan factory data reset untuk mengembalikan kondisi HP seperti saat masih baru. Tentunya kamu perlu melakukan backup data terlebih dulu dan itu memakan waktu yang cukup lama. Jika cara factory data reset masih belum bisa menyembuhkan Play Store yang rewel, mungkin ini menjadi pertanda untuk membeli handphone baru dengan kapasitas memori internal dan RAM yang lebih lapang.

Tags :


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *